Cara Menjaga Kehamilan Muda yang Mungkin Biasanya Terlewatkan untuk Dilakukan

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda katanya bukan hal yang mudah. Jika ibu juga berpikir demikian, ibu pasti sudah banyak membaca seputar kesehatan ibu hamil muda. Hal tersebut memang benar adanya. Hanya saja, bukan berarti ibu merasakan ketakutan yang berlebihan selama menjalani kehamilan muda.

Memang resiko bayi mengalami keguguran saat masa kehamilan muda sangat tinggi. Hal ini disebabkan kondisi janin yang masih rentan dan rahim yang belum begitu kuat. Belum lagi masalah air ketuban yang harus dipastikan cukup untuk menghindarkan janin mengalami benturan.

Karena itulah banyak sekali ibu hamil muda yang ekstra hati-hati dalam menjalani aktivitas setiap hari. Mungkin ibu sudah menerapkan cara menjaga kehamilan muda. Akan tetapi, kemungkinan ada satu bagian penting dari menerapkan kesehatan bagi ibu hamil muda yang sering terlewatkan. Apakah itu?

Mengelola Emosi

Apakah ada hubungan antara hamil muda dengan emosi? Mungkin ibu berpikir emosi itu disebabkan faktor luar seperti adanya tekanan pekerjaan, masalah yang besar, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, ibu harus tahu emosi pada saat hamil itu selain dipangaruhi hal-hal dari luar juga dipengaruhi oleh hormon.

Pada saat ibu hamil, produksi hormon meningkat. Ini merupakan halyang sangat alami karena hormon yang lebih banyak tersebut dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Sayangnya, hormon tersebut juga memberikan konsekuensi negatif. Ibu akan menjadi mudah sekali mual dan muntah yang sering disebut dengan morning sickness. Selain itu, ibu juga akan mudah emosi.

Sebagai ibu hamil, ibu harus tahu cara memanage emosi karena ini juga bagian dari cara menjaga kehamilan muda. Pasalnya, jika ibu emosi dan mudah stres, biasanya hal tersebut berimbas pada kesehatan fisik maupun psikis. Dan jika kesehatan terganggu, tentu secara otomatis akan mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan juga. Inilah mengapa ibu juga harus tahu cara menjaga kesehatan kehamilan trimester pertama dengan mengetahui bagaimana mengontrol emosi.

Cara Manage Emosi Saat Hamil Muda

Banyak hal yang bisa ibu lakukan agar bisa mengkontrol dan me-manage emosi saat hamil. Akan tetapi, ada beberapa tahap yang bisa ibu perhatikan agar ibu lebih mudah mengatur emosi.

  • Mengubah Jadwal Kegiatan Setiap Hari

Jika ibu selama ini melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga fisik maupun psikis, maka sebaiknya ibu mengurangi kegiatan semacam ini. Setidaknya ibu atur kembali jadwal kegiatan sehari-hari agar ibu tidak terlalu memvorsir tenaga.

Hal ini perlu dilakukan tidak hanya agar ibu tidak terlalu lelah, tapi juga untuk menghindari stres. Biasanya, stres itu disebabkan karena beban yang terlalu berat untuk diemban. Oleh sebab itu, atur jadwal sehari-hari. Usahakan pula ibu memiliki waktu untuk beristirahat. Ini sangatlah penting.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Bisa Mengurangi Stres

Mungkin terdengar aneh tapi memang benar bahwa ada jenis makanan yang bisa mengurangi stres. Jadi, memang benar seperti itu. Ada makanan yang bisa mengurangi stres. Dan ini bisa ibu konsumsi saat ibu merasa tertekan sehingga membuat ibu emosi.

Beberapa makanan yang bisa ibu konsumsi adalah susu, keju, buah jeruk, dan kacang almond.

Itulah beberapa hal yang harus ibu ketahui saat hamil muda. Pastikan kesehatan ibu dan juga janin terjaga dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Jangan lupa ibu harus konsisten menerapkan cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*