Cara Menjaga Kehamilan Muda agar Terhindar dari Gravidaum Gingivitis

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menjaga kehamilan muda itu tidak mudah. Namun, bukan berarti ibu akan sangat kesulitan ketika masa kehamilan baru pada trimeseter pertama. Hanya saja pada saat hamil muda, seorang wanita hamil harus lebih waspada dan memperhatikan kesehatannya. Lain hal jika masa kehamilannya sudah trimeseter kedua atau ketiga. Cara menjaga kehamilan relatif lebih mudah.

Salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai adalah penyakit Gravidaum Gingivitis. Apa itu Gravidaum Gingivitis? Ibu bisa mengikuti ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Gravidaum Gingivitis

Apakah ibu pernah merasa sakit gigi yang begitu para selama masa kehamilan? Jika ya, ada kemungkinan ibu mengalami masalah Gravidaum Gingivitis. Sederhananya, Gravidaum Gingivitis merupakan radang gusi. Hanya saja, radang gusi ini berbeda dengan yang biasanya.

Jika ibu sedang hamil, tentu ibu harus menjaga kesehatan kehamilan, bukan? Dan menjaga kehamilan bukan hanya menjaga agar kesehatan janin dalam kandungan baik-baik saja, tapi ibu juga harus memperhatikan kesehatan ibu.

Sementara itu, jika ibu mengalami Gravidaum Gingivitis, itu artinya ibu gagal dalam menjaga kesehatan saat hamil. Ini merupakan radang gusi hormonal. Artinya, radang gusi yang disebabkan oleh mengingkatnya jumlah hormone yang diproduksi tubuh ibu.

Seperti yang ibu ketahui pada saat masa kehamilan, hormone dalam tubuh meningkat signifikan, bukan? Hal ini dikarenakan hormone tersebut dibutuhkan oleh janin. Hanya saja, terkadang juga ada efek samping dari meningkatnya jumlah hormone tersebut. Salah satunya adalah Gravidaum Gingivitis.

Ada beberapa ciri-ciri ibu mengalami Gravidaum Gingivitis.

  • Gusi bengkak
  • Merasakan nyeri pada gigi
  • Sariawan
  • Pendarahan

Dari tanda-tanda tersebut di atas, mana tanda-tanda yang sudah ibu alami? Jika sudah ada satu atau dua tanda-tanda ibu mengalami Gravidaum Gingivitis, ibu harus segera mencari solusi bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini.

Cara Mengatasi Gravidaum Gingivitis

Berikut ini apa saja yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi Gravidaum Gingivitis. Tips berikut ini harus ibu ketahui dan terapkan sebagai cara menjaga kehamilan muda. Pasalnya, banyak sekali wanita hamil muda yang mengalami masalah ini.

Pertama, ibu harus rajin membersihkan gigi. Dalam hal ini, membersihkan gigi tidak hanya dengan menyikat gigi saja, tapi berkumur-kumur dengan produk mouth wash. Jika perlu, ibu juga harus membersihkan lidah. Hal ini dikarenakan bakteri itu tidak hanya menyerang gigi, tapi juga lidah.

Yang kedua, usahakan ibu mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium. Pada saat kehamilan, ibu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak kalsium. Pasalnya, kalsium ini dibutuhkan oleh janin untuk pertumbuhan. Jika jumlah kalsium berkurang, janin akan mengambil kalsium dari gigi. Maka, tidak perlu kaget jika ibu mengalami radang gusi. Selain karena hormone, mungkin juga kalsium diambil oleh bayi dalam kandungan.

Semoga informasi ini membantu agar ibu bisa selalu sehat selama masa kehamilan. Info ini sangat penting sekali untuk wanita karir yang sedang hamil. Mereka biasanya terlalu sibuk sehingga lupa untuk menjaga kesehatan kehamilan muda saat bekerja. Untuk itu, tips tersebut di atas sangatlah mudah untuk diterapkan.

Dan yang harus dipahami, kesehatan mulut menentukan segalanya. Bagaimana ibu bisa mengkonsumsi makanan yang sehat sementara ibu kehilangan nafsu makan karena ada masalah pada mulut seperti radang gusi. Oleh karena itu, perhatikan kesehatan mulut ibu selama masa kehamilan. Untuk menghindari masalah Gravidaum Gingivitis, terapkan tips menjaga kehamilan muda tersebut di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*