Cara Belajar Jalan yang Bisa Ibu Terapkan Ketika Si Kecil Sudah Hampir Berusia 2 Tahun

belajar jalan www.facebook.com/ibudanbalita

Cara belajar jalan bisa dipraktekkan oleh siapapun. Jika ibu memiliki anak yang sudah berusia 1 tahun, sebernarnya sudah waktunya si kecil mulai belajar berjalan. Hanya saja, ibu sebagai orang tua harus tahu bagaimana caranya membuat anak mulai menapakkan telapak kakinya dan mulai berjalan.

Sayangnya, banyak sekali ibu yang mengeluh bercampur khawatir karena sang buah hatinya belum bisa berjalan padahal usianya sudah hampir 2 tahun. Jika ibu menemui masalah yang sama, ibu bisa mencoba menerapkan tips belajar jalan berikut ini.

Biarkan Si Kecil Berdiri Sendiri

Beberapa balita yang belum bisa berjalan umumnya memiliki keinginan untuk berdiri dan langsung berjalan. Padahal, ketika ia menggerakkan kakinya, ia langsung terjatuh. Mereka ingin sekali berjalan namun belum seimbang.

Untuk itu, ibu harus mengajari si kecil untuk berdiri sejenak. Jangan biasakan ibu membantu si kecil berdiri kemudian menuntunnya. Bantulah si kecil berdiri lalu lepaskan. Biarkan si kecil berdiri tegap dalam beberapa detik. Jika sudah tegap, maka ibu bisa mengajak si kecil untuk berjalan dengan cara menggerakkan kaki dan melakukan satu atau dua langkah kecil.

Menuntun dengan Satu Tangan

Sebenarnya, jika anak ibu sudah berusia hampir 2 tahun, struktur tulang kakinya sudah cukup kuat untuk menopang badan dan berjalan. Untuk itu, ibu bisa mencoba dengan mengajaknya jalan namun dengan menuntun menggunakan satu tangan saja. Dengan cara ini, sedikit demi sedikit si kecil akan belajar keseimbangan dalam berjalan

Cara belajar jalan ini harus sering dilakukan. Hindari menuntun menggunakan dua tangan. Akan lebih baik jika ibu menyingkirkan beberapa perabotan rumah tangga yang biasanya digunakan untuk merayap si kecil seperti kursi dan meja. Untuk beberapa waktu, ibu bisa singkirkan terlebih dahulu agar si kecil memiliki ruang yang lebih luas untuk belajar jalan. Selain itu, anak ibu juga tidak memiliki kesempatan untuk berjalan dengan cara merayap meletakkan tangannya ke meja atau kursi.

Memberikan Pancingan atau Stimulasi

Apakah balita ibu memiliki mainan yang paling ia sukai? Jika ya, maka mainan tersebut bisa ibu jadikan pancingan agar si kecil bergerak dengan cara berjalan. Caranya sebagai berikut. Ibu taruh mainan tersebut di suatu tempat yang tidak terlalu jauh. Kemudian, bantulah si kecil untuk berdiri dan biarkan ia berjalan menuju mainan tersebut tanpa bantuan.

Untuk pertama kali, ibu bisa tempatkan mainan tidak terlalu jauh dari tempat si kecil berdiri. Jaraknya bisa 1- 2 meter terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar, jaraknya bisa diperpanjang menjadi 3-5 meter.

Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran untuk mengajarkan cara belajar jalan seperti ini. Jika ibu sibuk dengan urusan pekerjaan, setidaknya ibu bisa mengajak si kecil beraktivitas seperti ini di sore hari ketika pulang kerja atau pada waktu weekend.

Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika balita ibu sudah hampir berusia 2 tahun namun belum bisa berjalan. Perkembangan setiap balita itu berbeda-beda. Ada yang cepat ada juga yang lambat. Yang ibu bisa lakukan hanyalah mengupayakan agar perkembangan balita baik. Balita ibu bisa mulai berjalan dan itu tanda bahwa perkembangan anak baik. Kalaupun perkembangannya sedikit lambat, ibu bisa melakukan evaluasi barangkali ada yang salah dengan apa yang ibu terapkan mengenai belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*