Buah Segar Tapi Berbahaya Bagi Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil memang tidak mutlak ditentukan dari seberapa banyak nutrisi yang dicukupi setiap hari. Ada faktor lain yang sangat berpengaruh juga seperti kondisi psikis, lingkungan, dan juga gaya hidup. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri jika makananlah yang memiliki peran yang sangat signifikan dibandingkan dengan faktor lain. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk tahu apa makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Untuk saat ini, ibu perlu tahu buah yang sebaiknya tidak ibu konsumsi selama masa kehamilan karena buah tersebut bisa mengganggu kesehatan wanita hamil dan bahkan kesehatan janin dalam kandungan juga. Anehnya, buah tersebut segar dan enak sekali untuk dikonsumsi. Bagi ibu yang memfavoritkan buah tersebut, ibu harus rela berpuasa tidak mengkonsumsi buah tersebut sampai nanti ibu melahirkan sang buah hati.

Durian

Siapa yang tidak suka durian. Hanya sedikit orang kelihatannya yang tidak suka buah yang satu ini. Pada musim panenm buah durian akan diburu oleh banyak penggemar. Buah ini dianggap sebagai buahnya para raja zaman dahulu. Itulah mengapa buah ini harganya sangat mahal. Harga satu buah durian bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Sayangnya, ibu harus menahan rasa ingin makan durian selama masa kehamilan. Kandungan berupa asam arachidonat yang ada di dalam buah ini bisa memperburuk kondisi kesehatan wanita hamil. Perut akan terasa panas dan ibu rentan sekali mengalami asam lambung. Bahkan, senyawa kimia tersebut menimbulkan kontraksi yang sangat hebat sehingga bisa juga mengakibatkan keguguran.

Sebenarnya boleh saja jika memang tidak mampu untuk menahan ingin mencoba durian. Hanya saja, jangan terlalu banyak ya. Jika setelah mengkonsumsi durian terjadi kontraksi yang hebat padahal belum saatnya persalinan, sebaiknya ibu langsung konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan.

Nanas

Enak sekali siang-siang makan buah nanas. Buah yang satu ini biasanya digunakan sebagai salah satu buah untuk rujak. Tentu sangat menyegarkan.

Sayangnya, buah ini seperti buah durian, yaitu buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Selain untuk kebaikan kesehatan wanita hamil, nanas juga bisa membahayakan perkembangan janin dalam kandungan. Zat bernama bromelain yang terdapat pada buah nanas bisa mengakibatkan pelunakan pada leher rahim. Dan hal tersebut bisa membuat bayi lahir prematur.

Mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit sebenarnya boleh saja. Hanya saja, jika masih dalam masa hamil muda, sebaiknya ibu sama sekali tidak mengkonsumsi buah nanas ini. Pasalnya, kondisi rahim belum benar-benar sempurna dan kuat sehingga dikhawatirkan kandungan bromelain yang ada di dalam nanas bisa membuat rahim lemah yang akhirnya janin mengalami keguguran.

Anggur

Tidak banyak yang tahu jika ternyata anggur juga bisa membahayakan kesehatan wanita hamil. Tahukah kenapa? Anggur mengandung gula yang mudah difermentasi di dalam lambung menjadi alkohol. Jelas sekali bahwa alkohol bisa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan, bukan? Untuk itu, hindari dulu mengkonsumsi buah anggur selama masa kehamilan ya.

Tentunya masih banyak lagi buah yang kelihatannya segar tapi tidak baik bagi kesehatan wanita hamil selain tiga buah tersebut di atas. Hanya saja, jika ibu tidak perlu khawatir. Ibu tidak perlu membuat list apa saja yang berbahaya. Ibu hanya perlu membuat list makanan apa yang baik bagi kesehatan wanita hamil.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*