Berat Badan Bayi Anda, Sudah Idealkah?

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi sering identik dengan kesehatan bayi. Banyak orang mengira bahwa bayi yang sehat adalah bayi yang memiliki badan yang berat atau gemuk. Faktanya tidak demikian. Kegemukan pada anak membawa dampak yang tidak baik bagi perkembangan buah hati anda.

Ya, bagaimana tidak, kegemukan disebabkan karena terjadinya penumpukan energi pada tubuh yang disimpan namun tidak pernah digunakan karena minimnya aktivitas yang dilakukan. Hal serupa juga terjadi pada bayi anda yang terlalu banyak mengonsumsi makanan tetapi aktivitas yang dilakukan tidak seberapa.

Nah, disisi lain, terdapat bayi yang memiliki postur tubuh cenderung kurus, sehingga para orang tuanya dipaksa untuk lebih banyak makan agar berat badannya bertambah dan gemuk. Ya, pandangan gemuk itu sehat inilah yang harus diperbaiki. Pasalnya tubuh yang gemuk, baik itu pada dewasa, anak, atau bayi sekalipun sangat tidak dianjurkan. Indikasi terserang penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, bahkan kematian diusia belia mungkin saja terjadi.

Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah apakah tolak ukur yang paling tepat untuk mengukur berat badan bayi anda? Dan apakah saat ini, bayi anda sudah cukup ideal?

Ya, kedua pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh para moms, yang saat ini memiliki bayi dan peduli akan kesehatannya. Pada dasarnya, bayi dan orang dewasa itu sama. Setiap bayi yang terlahir memiliki tinggi dan berat badan yang bervariasi. Dan untuk berat badan, ukurannya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik dan nutrisi selama masa kehamilan.

Tetapi, satu hal yang pasti, bahwa pola pertumbuhan anak sejak lahir itu biasanya diawali dengan penurunan berat badan bayi sebanyak 10 % dari total berat tubuhnya saat lahir. Hal ini disebabkan oleh adanya adaptasi dari buah hati anda untuk dapat mampu mengonsumsi ASI. Perkembangan bayi akan terlihat setelah memasuki hari ke 10, buah hati anda dilahirkan. Ya, penambahan bobot diikuti dengan kemampuannya menyusu pada Ibu memberinya kemampuan untuk berkembang.

Berat Badan Ideal Bayi

Sudah barang tentu apabila para moms, menginginkan buah hatinya memiliki berat badan yang ideal, dan ada banyak hal yang bisa dijadikan patokan berat badan bayi anda itu ideal atau tidak. Berdasarkan penuturan Robert M. Kliegman, seorang pediatrik atau dokter spesialis anak asal amerika, mengungkapkan bahwa berat rata – rata bayi yang lahir normalnya adalah 3 hingga 3.5 kg.

Angka ini bisa saja berubah karena faktor genetik dari orang tua dan nutrisi. Misalnya, bayi yang orang tuanya berasal dari amerika bagian selatan yang cenderung memiliki postur besar, akan memiliki anak yang sepadan. Berbeda dengan asia yang memiliki postur cenderung lebih kecil.

Lebih lanjut, setiap bulan seorang anak akan mengalami penambahan berat badan yang beragam, tetapi, memasuki bulan ke 5 usia bayi tersebut, berat tubuhnya menjadi 2 kali dari berat tubuhnya ketika lahir. Namun, lagi – lagi, hal ini dipandang sebagai sesuatu yang umum, karena bisa saja seorang anak yang lahir dengan berat badan cenderung dibawah normal, bisa memiliki berat lebih dari 2 kali beratnya saat lahir ketika berusia 5 bulan. Ada beragam faktor yang menjadi penentu berat badan bayi.

Metode tersebut berlaku kelipatan. Jika pada 5 bulan berat tubuhnya 2 kali berat tubuhnya saat lahir, maka pada usia 1 tahun berat tubuhnya menjadi 3 kali beratnya saat lahir. Dan pada usia 2 tahun menjadi 4 kalinya.

Apabila moms memiliki bayi yang lahir dengan bobot tubuh normal, maka metode diatas bisa dijadikan referensi bagi anda untuk mengetahui apakah tubuh bayi anda sudah ideal atau justru melebihi.

Rumus untuk Mengukur Berat Badan Ideal Bayi

Jika moms, merasa masih perlu angka pasti tentang berat badan bayi yang seharusnya dimiliki oleh bayi anda sesuai dengan usianya, anda dapat melakukan perhitungan sederhana seperti pada berikut :

  1. Usia 3 hingga 12 Bulan

Berat (dalam KG) = ( Usia dalam Bulan + 9 ) / 2

Misalnya bayi anda berusia 3 bulan maka berat tubuhnya adalah ( 3 + 9 ) / 2 atau sekitar 6 KG. Demikian juga pada bayi yang berusia 10 bulan maka berat tubuhnya sekitar 8,5 KG.

  1. Usia diatas 1 tahun

Berat (dalam KG) = ( Usia dalam Bulan x 2 ) + 8

Misalnya bayi anda berusia 2 tahun maka berat tubuhnya adalah ( 2 x 2 ) + 8 atau sekitar 12 KG dan seterusnya. Namun, kekurangan dari perhitungan ini, hanya dapat digunakan untuk mengukur berat badan bayi hingga usia 6 tahun saja.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*