Benarkah Kesehatan Ibu Hamil Saat Bekerja Lebih Baik daripada Ibu Rumah Tangga?

kesehatan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan ibu hamil bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari nutrisi dan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Namun, mana yang paling menentukan?

Tentu keduanya saling mempengaruhi. Nutrisi ibu hamil sudah terpenuhi namun badan lemas karena tidak mau olahraga juga percuma. Di lain hal, rajin olahraga namun nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin kurang juga akan sia-sia saja.

Pernahkah ibu mendengar pendapat bahwa kesehatan ibu hamil yang bekerja itu lebih baik daripada ibu rumah tangga? Memang terdengar aneh jika ibu hamil yang bekerja kok justru lebih sehat daripada ibu rumah tangga. Padahal, banyak wanita karir yang akhirnya mengundurkan diri karena ingin fokus menjaga kehamilan.

Untuk penjelasan selengkapnya, ibu bisa ikuti ulasan berikut ini.

Wanita Karir dan Kegiatan Posisifnya

Sebenarnya, tidak ada masalah apakah ibu seorang wanita karir atau seorang ibu rumah tangga. Saat ibu mengandung, tetap saja ibu sangat istimewa. Ada tanggung jawab yang sama di mana ibu harus fokus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan janin di dalam kandungan.

Memang menjadi seorang wanita karir itu tidak mudah. Apalagi beban pekerjaan yang sangat berat bisa membuat kesehatan menurun. Akhirnya, perkembangan janin bisa terganggu, bukan?

Akan tetapi, coba ibu lihat sisi positif dari kegiatan seorang wanita karir. Wanita karir itu lebih disiplin. Ia harus bangun pagi dan kemudian berangkat bekerja. Setidaknya ada motivisi untuk bergerak dan beraktivitas setiap hari. Ini hal yang bagus karena dengan bergerak tubuhnya akan bugar.

Lain hal dengan seorang ibu rumah tangga. Bukan berarti mereka tidak memiliki kegiatan atau aktivitas setiap hari. Akan tetapi, karena tidak ada aturan yang ketat seperti seorang wanita karir, maka mereka cenderung memiliki waktu yang lebih longgar. Mereka bebas mengerjakan atau tidak mengerjakan kegiatan setiap hari seperti mencuci baju, memasak, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga yang memperkerjakan pembantu rumah tangga. Sehingga kesehatan ibu hamil kurang bagus karena mereka cenderung tidak memiliki kegiatan yang membuatnya bergerak.

Dari sinilah kenapa ada anggapan kesehatan seorang wanita karir yang sedang hamil itu lebih baik daripada seorang ibu rumah tangga. Bagaimana menurut pendapat ibu?

Wanita Karir dan Kasus Keguguran

Memang tidak sedikit kejadian di mana bayi yang dikandung oleh wanita karir akhirnya mengalami keguguran. Tentu banyak sekali faktor penyebabnya. Hanya saja, beberapa kasus tersebut tidak bisa dijadikan patokan bahwa seorang wanita karir sering gagal dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

Sebenarnya, bukan karena bekerja yang menyebabkan keguguran. Pengaturan kegiatan setiap hari lah yang sebenarnya menjadi penyebab utamanya. Contohnya saja menu makanan. Tidak mudah bagi ibu hamil yang bekerja untuk mendapatkan menu makanan sehat apalagi kebanyakan makanan yang dijual di sekitar kantor merupakan fast food.

Belum dengan kegiatan wanita karir yang cenderung sering hangout hingga larut malam. Kebisaan seperti inilah yang sebenarnya mengganggu kesehatan ibu hamil.

Untuk itu, sangat aneh jika seorang wanita akhirnya resign karena hamil atau karena ingin menjalankan program hamil. Sebenarnya, keduanya bisa dilakukan secara berbarengan jika tahu bagaimana caranya. Untuk ibu yang tidak ingin kehilangan karir namun tetap ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati yang masih ada di dalam kandungan, ibu perlu menerapkan hal yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*