Benarkah Air Kelapa Bisa Memperburuk Kesehatan Wanita Hamil?

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa terganggu jika ibu salah mengkonsumsi makanan atau minuman. Itulah mengapa sangat penting bagi ibu hamil untuk mengupdate informasi terbaru seputar bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil.

Ada pertanyaan yang sering diajurkan oleh ibu hamil, yaitu tentang air kelapa. Apakah benar air kelapa bisa menganggu kesehatan wanita hamil?

Sebenarnya, ada benarnya juga jika orang tua, teman, atau saudara melarang ibu mengkonsumsi air kelapa saat hamil. Hanya saja, ibu juga harus tahu sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari air kelapa untuk ibu hamil.

Bahaya yang Ditumbulkan dari Mengkonsumsi Air Kelapa

Mungkin ibu tinggal di sebuah masyarakat di mana banyak orang meyakini bahwa air kelapa bisa menyebabkan keguguran. Sebenarnya, terlalu berlebihan jika mengatakan air kelapa pemicu keguguran.

Namun, memang ada benarnya jika menganggap air kelapa bisa menjadi penyebab beberapa keluhan kesehatan saat hamil walaupun sebenarnya air kelapa itu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan wanita hamil.

Ternyata, kandungan gula dalam air kelapa (terutama kelapa muda) itu sangat tinggi. Karena itulah banyak ahli kesehatan kandungan menyarankan agar ibu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering mengkonsumsi air kelapa muda. Dikhawatirkan ibu nanti akan mengalami obesitas.

Kegemukan jelas berakibat buruk bagi kesehatan wanita hamil tua. Obesitas biasanya membuat dokter kandungan menyarankan agar bayi nanti lahir melalui operasi Caesar jika memang kondisinya bisa membahayakan ibu atau bayi.

Selain itu, ibu hamil yang mengalami obesitas juga bisa membuat bayi dalam kandungan mengalami masalah yang sama. Jika hal ini terjadi dan beresiko sekali jika persalinan dilakukan secara normal, maka ujungnya adalah melakukan operasi Caesar.

Dari penyelasan tersebut jelas sudah mengapa air kelapa dianggap sebagai minuman yang kurang begitu baik untuk kesehatan wanita hamil. Hanya saja, beberapa manfaat juga bisa didapatkan dari mengkonsumsi air kelapa ini.

Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Agar ibu mendapatkan informasi yang lebih objektif, ibu juga harus tahu sisi baik dari mengkonsumsi air kelapa.

Ternyata, air kelapa mengandung zat yang bisa memperlancar sistem pencernaan tubuh ibu selama masa kehamilan. Hal ini sangat penting mengingat jika sistem pencernaan baik maka nutrisi bisa disalurkan secara maksimal ke tubuh dan juga ke janin dalam kandungan. Jika ibu mengalami masalah dengan sistem pencernaan, akan lebih baik jika ibu tidak mengkonsumsi obat yang mengandung zat kimiawi, melainkan minum air kelapa saja. Ini bisa dijadikan cara yang bijak untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Lebih dari itu, air kelapa ternyata juga berpengaruh pada air ketuban. Dengan mengkonsumsi air kelapa, air ketuban akan bersih. Seperti yang ibu ketahui, kesehatan janin juga dipengaruhi oleh air ketuban. Air ketuban yang keruh akan sangat berbahaya bagi janin. Bahkan, biasanya bayi akan lahir dalam keadaan sakit seperti sakit kuning ketika selama masih di dalam rahim, air ketuban ibu keruh. Untuk menghindari hal tersebut, silakan ibu mengkonsumsi air kelapa.

Terlepas dari sisi negatif dan juga sisi positif minum air kelapa bagi ibu hamil tersebut di atas, harus dipahami bahwa air kelapa bukanlah minuman sehari-hari. Ibu bisa mengkonsumsi air kelapa dalam kadar yang wajar agar terhindar dari dampak buruk dari mengkonsumsi air kelapa. Untuk masalah ini, silakan konsultasi ibu hamil terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Jadi, sekarang jelas sudah bahwa sebenarnya tidak masalah jika ibu minum air kelapa asalkan pada kadar yang wajar. Bahkan, air kelapa bisa memperlancar sistem pencernaan. Artinya, air kelapa juga bisa dijadikan sebagai cara untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*