Belajar Bicara pada Bayi dengan Cara Terbaik

belajar bicara https://www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar bicara adalah fase yang tidak terlupakan pada seorang balita. Sebagai orang tua, terutama para moms, sangat menginginkan balita yang merupakan sang buah hati tercinta untuk dapat bicara dengan cepat.

Tetapi, sering kali, orang tua belum cukup informasi tentang cara untuk mengajari anak berbicara dengan efektif. Dampaknya, anak cenderung menjadi terlambat bicara. Banyak diantara para moms, pasti resah, tatkala mengetahui buah hati kesayangannya belum dapat berbicara meskipun sudah masuk usia 2 tahun.

Ya, anda memang patut khawatir jika diusia demikian anak anda belum mampu melafalkan satu patah katapun. Rasa khawatir tersebut terkadang justru menjurus pada hal – hal seperti menghukum dan memaksa anak untuk belajar. Para moms harus sadar bahwa mengajari anak berbicara lewat paksaan justru bukan cara yang efektif dan bijak.

Sebagai orang tua, anda harus memahami cara yang tepat untuk dapat merangsang pendengaran dan kemampuannya balita anda dalam menyerap informasi yang didengarnya untuk dapat mengulangi pelafalan dari kata ataupun kalimat yang ia dengar.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk anda mengajari balita anda belajar bicara sedini mungkin? Simak dan kenali tip dan trik berikut!

  1. Berkomunikasi dengan Anak Secara Intensif

Cara yang pertama yang anda bisa lakukan adalah secara gigih dan konsistem mengajak balita anda untuk belajar bicara lewat pengenalan benda disekitar. Rangsang keingintahuan anak terhadap benda – benda dirumah dan kemudian ucapkan secara perlahan nama dari benda tersebut. Usahakan untuk berusaha mengikuti suara cadel yang mereka hasilkan karena bisa membuat hal tersebut menjadi suatu kebiasaan hingga kelak ia nanti dewasa.

Jenis cara belajar ini akan merangsang pendengaran dari balita anda, sehingga, meskipun proses belajar bicara dengan metode ini tidak memberikan hasil yang instan, tetapi dengan kesabaran anak anda akan menangkap dan memahami kosakata yang diajarkan oleh anda lewat pengenalan benda disekitar. Hal yang terpenting dari metode ini adalah kegigihan dan konsistensi anda sebagai orang tua untuk mengajarkan beragam jenis kosakata

  1. Menambah Kosakata lewat Isyarat

Cara kedua yang bisa ibu praktekan adalah menambah kosakata anak anda lewat isyarat. Isyarat yang dimaksud adalah bukan bahasa isyarat yang baku tetapi lewat praktek secara langsung. Misalnya, ibu memperkenalkan kata “Makan” maka ibu bisa mempraktekan gerakan ketika seseorang biasanya sedang makan.

Hal ini membantu pemahaman seorang anak tentang istilah makan itu sendiri. Jenis metode belajar ini sangat efektif apabila anak para moms ternyata memang cocok lewat gaya belajar visual. Selain itu, lewat metode ini, anak akan mengenal istilah atau kata yang dipraktekan sehingga memudahkan pemahamannya terhadap kata tersebut.

  1. Mengulangi perkataan yang belum sempurna

Ya, tahap selanjutnya adalah rajin untuk mengulangi perkataan yang telah anak anda ketahui tetapi pelafalannya masih salah. Misalnya, ketika mereka ingin makan, mereka biasanya hanya menyebutkan sepenggal kata saja seperti “Mam” tetapi kebiasaan itu harus diperbaiki dengan berulang kali mengucapkan kata makan tiap kali anak anda menyebut “Mam”.

Hal ini akan membantu anak anda untuk belajar bicara dan menggunakan istilah yang tepat sehingga ketika dewasa nanti, ia tidak cadel dan mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf – huruf tertentu. Kesempatan ini digunakan untuk melatih lidah anak anda yang masih cukup fleksibel mengucapkan huruf – huruf pada kata yang berbeda. Karena, ketika dewasa nanti, lidahnya sudah cenderung lebih kaku dan sulit mengubah kebiasaan yang lama.

  1. Belajar lewat Media yang Menyenangkan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah lewat media yang menyenangkan. Pernahkah anda berpikir menggunakan media lain yang membuat kondisi belajar lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ya, media yang anda gunakan bisa berupa boneka ataupun lagu anak anak.

Dengan boneka anda bisa melatih buah hati anda berkomunikasi dua arah. Anda dan buah hati seolah – olah berperan dalam suatu film kesukan sang buah hati. Dan memberikan pertanyaan untuk balita anda jawab. Gunakan kata dan kalimat yang mudah dan singkat agar anak anda mudah memahaminya.

Dari keempat metode belajar bicara diatas, anda dapat menerapkan metode mana saja yang sesuai dengan kemampuan. Selain itu, anda juga dapat berkreasi dan mencari metode belajar lain sesuai dengan kreativitas anda yang mendorong si kecil untuk belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*