Belajar Bicara pada Balita Lewat Lagu Anak – Anak

belajar bicara https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Belajar bicara merupakan momen yang tak terlupakan bagi orang tua dan buah hati kesayangannya. Sebagai orang tua yang pintar dan bijak, pasti menginginkan sang balita terbiasa untuk berbicara dan memiliki perbendaharaan kata yang banyak serta mampu berbicara melebihi anak – anak seusianya. Ambisi dan ego dari orang tua terkadang justru menjurus pada kekeliruan dalam menerapkan pola pembelajaran sehingga metode belajar yang diterapkan tidak efektif. Hal ini dikarenakan cara pengajaran tidak dibarengi dengan pengetahuan akan kemampuan anak berdasarkan tahapan proses belajar berbicara.

Pada dasarnya terdapat 3 tahapan proses belajar berbicara anak – anak. Tahapan pertama dari proses belajar bicara pada anak dimulai pada saat bayi tersebut lahir. Mereka telah dibekali dengan kemampuan mendengar yang cukup untuk mampu meniru semua suara dari berbagai bahasa di dunia. Suara yang ditimbulkan dari sebuah bahasa biasa disebut Fonem. Kemampuan mengenal fonem dikenal sebagai fonemik. Kemampuan ini penting untuk masuk ke tahap kedua yaitu Belajar Kata.

Setelah mengenal suara, selanjutnya adalah belajar kata. Belajar kata, dimulai dengan mengeja sebuah kata utuh yang terdiri atas beragam suara yang telah dikenali pada tahap sebelumnya. Hingga pada tahap terakhir anak tersebut akan belajar merangkai kalimat, biasanya anak pada tahap ini sudah memiliki pengetahuan kata yang cukup.

Tidak banyak orang tua yang tahu mengenai bagaimana anak mereka secara tidak sadar telah mampu melewati seluruh proses berbicara hingga pada akhirnya mampu menyusun sebuah kalimat. Namun, sudah merupakan rahasia umum bahwa usia bayi hingga balita adalah masa keemasan untuk belajar banyak hal salah satunya bicara.

Tetapi, sebelum orang tua merasa bangga bahwa buah hati mereka mampu berbicara adalah metode belajar berbicara yang tepat dan efektif. Sebuah metode yang tepat untuk belajar kemampuan dasar seperti berbicara, berjalan dan aktivitas fisik lain harus mampu merangsang motorik dari anak tersebut. Banyak cara yang dapat digunakan untuk merangsang motorik pada buah hati anda. Rangsangan pada syaraf motorik tergantung dari kemampuan apa yang ingin dicapai. Pada kasus berbicara, salah satu caranya adalah lewat rajin memutarkan lagu anak – anak.

Mengapa lagu? Dan mengapa lagu anak – anak? Jawabannya adalah karena menyenangkan sekaligus efektif. Telah diketahui bahwa tahap pertama dari belajar bicara adalah anak – anak sudah mengenal suara yang didukung oleh kemampuan berbicara yang mumpuni. Lewat lagu, anak – anak akan banyak mendengar beragam jenis suara proses ini akan mempercepat kemampuan anak untuk meniru suara – suara tersebut dan mulai mengenal beragam kata.

Lewat lagu pula, jika dilihat dari sudut pandang medis, seorang anak dirangsang syaraf motoriknya, dan sel – sel otak yang berfungsi untuk belajar berbicara akan diaktifkan. Ini penting, karena otak sebagai pengendali dan pusat kecerdasan manusia harus terus diasah dan distimulasi agar sel – sel baru tetap terus tumbuh. Selain itu, dengan lagu anak – anak, anak tidak hanya mengenal suara dan kata – kata tak bermakna tetapi juga kemampuannya untuk mengenal sekitar karena isi dari lagu anak – anak tersebut memuat benda – benda atau peristiwa sekitar seperti lagu pelangi, delman, dan lain – lain. So, parents jangan lupa memasukkan lagu, sebagai metode jitu untuk anak belajar bicara.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*