Begini Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat dan Aman

Cara Eksfoliasi Wajah source: beautynesi.id

Penumpukan sel kulit mati pada wajah menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Salah satu perawatan yang tepat untuk membuat wajah kembali glowing dan halus adalah dengan melakukan eksfoliasi. Namun, saat melakukan eksfoliasi Anda harus berhati-hati karena berisiko merusak kulit. Nah, bagaimana cara eksfoliasi wajah yang tepat dan aman?

Cara Melakukan Eksfoliasi

Pilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit sebelum melakukan eksfoliasi, pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit. Salah satu produk yang paling mudah untuk melakukan eksfoliasi adalah dengan menggunakan scrub. Scrub sangat mudah didapatkan dan juga mudah digunakan, namun Anda cukup menggunakan scrub dua kali seminggu agar kulit wajah tidak rusak.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan kering sebaiknya pilihlah produk exfoliator dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolat yang rendah, sedangkan jika Anda memiliki kulit berminyak pilihlah exfoliator dengan kadar asam salisilat yang lebih tinggi namun dengan kadar tidak lebih dari 2%

Salah satu produk exfoliator wajah yang bisa Anda coba adalah NIVEA Make Up Clear White 2 in 1 scrub, produk ini memang dirancang khusus bagi Anda yang menggunakan make up. Scrub pada produk ini memiliki bentuk partikel halus dan tidak akan mengiritasi kulit wajah.

Produk ini dapat membersihkan wajah hingga ke pori-pori tapi tetap memberikan efek lembut dan tidak membuat kulit menjadi kasar. Tak hanya itu saja, produk ini juga dapat membersihkan komedo dan membuat wajah Anda menjadi lebih bersih dan cerah.

Saat Anda ingin melakukan eksfoliasi kulit wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini agar membuat wajah terbebas dari kotoran dan bisa menyerap kandungan dari bahan yang digunakan secara lebih mendalam.

Pada saat membersihkan wajah, jangan menggosok wajah terlalu keras supaya wajah tidak lecek. Gosok secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar, bilaslah dengan menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk berbahan lembut.

Jangan melakukan eksfoliasi setiap hari, lakukanlah dua kali atau tiga kali seminggu. Jika Anda melakukan eksfoliasi setiap hari itu hanya akan membuat kulit wajah Anda menjadi semakin tipis dan rentan terhadap iritasi.

Jika wajah Anda sudah bersih, oleskan produk Nivea ke wajah dan pijatlah dengan gerakan melingkar. Lakukan gerakan ini beberapa menit secara merata ke seluruh wajah. Bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut.

Apabila proses pengangkatan sel kulit mati pada wajah sudah selesai, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan setelahnya untuk menuntaskan ritual eksfoliasi. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menutrisi kulit dengan menggunakan produk pelembab wajah.

Pentingnya Melakukan Eksfoliasi

Perawatan ini dilakukan untuk membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi dan merangsang sel-sel kulit baru tumbuh. Eksfoliasi juga dapat mengoptimalkan kerja bahan aktif pada produk skin care yang Anda gunakan sehari-hari agar dapat meresap dengan baik ke dalam lapisan kulit.

Tak hanya itu saja, eksfoliasi juga dapat mencerahkan kulit karena tumpukan sel kulit mati sudah terangkat. Semua orang dengan jenis kulit yang berbeda juga perlu melakukan eksfoliasi. Pilihlah jenis eksfoliator yang cocok dengan kulit Anda.

Kapan Harus Melakukan Eksfoliasi?

Eksfoliasi sebaiknya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu, hal ini cukup untuk menjaga kulit agar tetap cerah. Bagi Anda pemilik kulit berminyak disarankan untuk lebih sering melakukan eksfoliasi minimal lima kali dalam seminggu. Namun, apabila Anda memiliki kulit sensitif disarankan untuk melakukan satu atau dua kali seminggu.

Ada dua jenis eksfoliasi yaitu eksfoliasi mekanik dan eksfoliasi kimia. Jika Anda menginginkan eksfoliasi mekanik lakukanlah dua kali dalam seminggu sedangkan eksfoliasi kimia dengan konsentrasi yang sangat rendah dapat dilakukan setiap hari namun disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Kesalahan Saat Melakukan Eksfoliasi

Masih banyak sekali orang yang melakukan kesalahan saat melakukan eksfoliasi. Kesalahan yang pertama adalah tidak rutin atau terlalu sering melakukan eksfoliasi. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah eksfoliasi secara rutin namun jangan melakukan setiap hari.

Jangan melakukan eksfoliasi ketika kulit Anda sedang mengalami masalah misalnya berjerawat atau dalam kondisi kulit yang sangat meradang. Apabila setelah melakukan eksfoliasi kulit wajah Anda terasa menyengat atau mengalami kemerahan, segera lakukan pemeriksaan dokter.

Kesalahan kedua adalah melakukan eksfoliasi wajah pada area tertentu saja. Lakukanlah eksfoliasi secara menyeluruh ke wajah karena semua bagian wajah menghasilkan sel-sel kulit mati. Kesalahan ketiga, melupakan penggunaan tabir surya atau pelembab, setelah melakukan eksfoliasi wajah Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Penggunaan tabir surya akan memberikan perlindungan bagi kulit Anda saat melakukan aktivitas di luar ruangan, jadi jangan sampai Anda melupakan tabir surya saat berpergian ke luar ruangan.

Kesalahan keempat, ragu menggunakan bahan kimia yang khusus untuk eksfoliasi. Tak hanya scrub, Anda juga bisa menggunakan bahan kimia sebagai eksfoliator. Bahan-bahan yang terkandung pada eksfoliator kimia ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Namun, sebelum menggunakan eksfoliator kimia pastikan Anda paham bagaimana kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Jika Anda bingung dan ragu untuk memilih eksfoliator kimia, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa anjuran untuk melakukan eksfoliasi wajah dengan tepat dan aman untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, halus, dan juga lembut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*