Beberapa Hal yang Harus Dipikirkan Matang-Matang Selain Menjaga Kesehatan Wanita Hamil Tua

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil harus selalu dijaga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan kegiatan positif seperti mengkiti kelas yoga dan senam kehamilan. Namun, jika waktu persalinan sudah hampir tiba, semua hal tersebut tidaklah cukup.

Jika kehamilan ibu sudah memasuki trimester ketiga, ibu akan sedikit lebih repot dengan beberapa hal yang harus diurus. Setidaknya, hal tersebut harus dipikirkan matang-matang selain juga fokus menjaga kesehatan wanita hamil tua.

Lalu, apa saja yang harus ibu pikirkan?

Mempersiapkan Cuti

Jika ibu seorang wanita karir, ibu harus mempertimbangkan kapan ibu mulai cuti. Dalam hal ini, ibu harus tahu kapan HPL atau hari perkiraan lahir. Dari hasil penghitungan usia kehamilan, ibu bisa tahu kapan kira-kira sang buah hati akan lahir ke dunia sehingga ibu bisa menentukan kapan ibu mulai cuti.

Namun, sangat disarankan agar ibu tidak terlalu mepet mengambil cuti. Pasalnya, jika ibu berpatokan dengan HPL, ada kemungkinan kelahiran sang buah hati maju dari HPL. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, ibu bisa mengambil cuti sekitar 1 minggu sebelum HPL.

Kalaupun sudah terasa kontraksi yang sangat kuat, sebaiknya ibu konsultasi dengan atasan agar bisa mendapatkan cuti lebih awal dari yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Mempersipkan Keperluan Bayi

Barang apa saja yang sudah ibu persiapkan? Selain menjalani tips yang disarankan untuk menjaga kesehatan wanita hamil, ibu juga harus memikirkan apa saja yang harus ibu persiapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Ibu harus persiapkan popok bayi, pakaian bayi, tempat tidur bayi, handuk bayi, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik jika keperluan untuk bayi ini disiapkan jauh hari sebelum masa persalinan. Ibu bisa mengajak suami untuk mempersiapkan hal tersebut satu bulan sebelumnya. Hal ini dikarenakan cukup sulit untuk belanja peralatan bayi. Jika ibu hanya meluangkan waktu satu hari, ibu akan kecapekan karena begitu banyak peralatan yang harus ibu beli untuk keperluan bayi.

Menjaga Stamina

Jika ibu sudah mengajukan cuti dan sudah mempersiapkan semua keperluan bayi, kini saatnya ibu menjaga stamina. Proses persalinan normal itu membutuhkan stamina yang cukup banyak. Oleh karena itu, masa persalinan sudah dekat, sebaiknya ibu melakukan hal-hal yang baik untuk menjaga stamina ibu.

Banyak hal yang bisa ibu lakukan untuk menjaga stamina seperti berjalan santai di pagi hari, berenang, dan juga mengikuti senam ibu hamil. Kegiatan tersebut juga termasuk ke dalam kategori cara menjaga kesehatan wanita hamil. Dengan stamina yang cukup serta badan yang sehat, ibu akan merasakan menjadi seorang ibu yang sebenarnya, yaitu melahirkan dengan cara normal. Bukankah itu yang diidam-idamkan setiap ibu hamil?

Jadi, sebenarnya tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat saja yang harus ibu lakukan ketika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Ibu harus melakukan beberapa persiapan seperti di atas agar ibu benar-benar siap menghadapi persalinan dan menyambut sang buah hati.

Selain itu, jika sebelumnya ibu hanya melakukan konsultasi ibu hamil dengan bidan atau dengan dokter kandungan satu bulan sekali, ketika masa kehamilan tua, ada baiknya ibu lebih sering melakukan konsultasi kehamilan untuk memastikan posisi bayi sudah bagus dan air ketuban cukup hingga HPL nanti.

Jadi, beberapa hal tersebut di atas harus dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang agar ibu benar-benar siap mengahadapi persalinan selain juga ibu harus makan makanan sehat untuk menunjang kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*