Bahaya Pasca Kelahiran Anak, Jangan Hanya Fokus Pada Pemenuhan Nutrisi Buah Hati Saja

pasca kelahiran https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Pasca kelahiran buah hati yang didambakan setiap pasangan, pemulihan kondisi tubuh ibu sangatlah dianjurkan. Bila tidak, resikonya akan sangat berbahaya.

Memang baik memprioritaskan gizi anak, malahan dianjurkan agar tumbuh kembang anak sempurna. Tetapi, kondisi tubuh ibu juga harusnya dijaga.

Akan sayang sekali jika hanya mencoba untuk memenuhi kebutuhan bayi. Misalnya dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat agar ASI lancar.

Alih-alih ingin memenuhi kebutuhan anak, malah ibu tidak mampu melakukannya. Karena kondisi tubuh ibu yang mulai menurun sejatinya akan mempengaruhi pemenuhan gizi bayi.

Dengan kata lain, tubuh ibu yang sehat mempengaruhi kesempurnaan dalam menyediakan gizi untuk buah hati. Tetapi bila tidak, maka akan terasa sulit untuk hal tersebut.

Beberapa Masalah Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan si buah hati, ada berbagai persoalan yang harus ibu ketahui. Tujuannya tentu saja untuk menghindari masalah yang lebih berbahaya bagi keduanya, yakni ibu dan buah hati.

Diantara masalah yang sering muncul adalah yang disebut dengan vaginal prolaps. Ciri-ciri dari masalah ini adalah keluarnya sebagian rahim dari organ kewanitaan ibu.

Kondisi ini juga ditandai dengan mengendurnya otot-otot panggul sehingga bentuk tubuh ibu akan tampak kurang menarik.

Permasalahan ini tidak hanya dialami oleh ibu yang melahirkan secara normal ataupun secara cesar. Hanya saja, ibu yang melahirkan secara normal bisa mengalami masalah vaginal prolaps secara permanen.

Selain mengalami hal tersebut, masalah lain pasca lahirnya buah hati adalah mengalami inkontinensia urin. Apa itu?

Ini adalah kondisi dimana ibu tidak mampu mengontrol pembuangan urin. Misalnya, ibu bisa mengeluarkan urin ketika batuk atau saat bersin.

Hal ini dikarenakan otot dinding pelvis dan kandung kemih melemah. Dan melemahnya otot-otot tersebut terjadi sebelum melahirkan akibat tekanan janin ketika masih dalam kandungan.

Sedangkan kondisi yang tak kalah buruk jika ibu membiarkannya adalah kerapuhan tulang. Kerapuan tulang ini terjadi karena produksi ASI yang intens yang nantinya akan mengabaikan produksi kalsium.

Bagaimana Cara Mengembalikannya?

Permasalahan setelah melahirkan banyak sekali, diantaranya sudah disebutkan di atas. Pertanyaannya apakah masih bisa disembuhkan? Jawabannya tentu saja bisa.

Untuk masalah pertama yakni vaginal prolaps. Ibu bisa mengembalikan rahim yang nampak keluar dengan rajin olahraga.

Dan olahraga yang paling baik dilakukan adalah kegel excercise. Karena di dalam olahraga tadi, akan ada gerakan yang intinya akan mengencangkan kembali organ kewanitaan dan panggul.

Dan supaya hasilnya lebih cepat, maka ibu seharusnya rutin melakukannya, khususnya setelah ibu melahirkan buah hati.

Sementara bagaimana cara menangani permasalahan inkontinesia? Untuk mengatasi masalah tersebut, pengangkatan rahim perlu dilakukan.

Tapi jangan khawatir, karena pengangkatan rahim saat ini sudah sangat modern, dan hasilnya adalah bisa mendapatkan pemulihan dengan sangat cepat.

Yang terpenting, konsultasikan pada dokter, dan tanyakan apakah sedang mengalami masalah tersebut atau tidak.

Sedangkan untuk mengatasi kerapuhan tulang. Tentu saja, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium perlu diagendakan.

Setidaknya, ibu pasca melahirkan butuh kalsium 1000 mg perharinya. Oleh karenanya, ibu harus memenuhinya, misalnya dengan minum susu atau mengkonsumsi penambah kalsium lainnya.

Dengan mencukupi kebutuhan kalsium tadi, ibu juga bisa melengkapinya dengan makanan sehat lain untuk menderaskan ASI sebagai penopang gizi yang sangat dibutuhkan oleh buah hati.

Kesimpulannya, tetap jaga kondisi kesehatan pasca kelahiran si buah hati agar tidak hanya buah hati yang sehat, namun ibu juga terjaga kebugarannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*