Bahaya Menghirup Asap Rokok Bagi Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa terganggu bukan karena masalah besar. Asap rokok contohnya. Di Indonesia, asap rokok dianggap hal yang biasa-biasanya. Asap rokok tidak dianggap sebagai pembawa bencana. Padahal, asap rokoklah yang akan membuat perkembangan janin kurang baik.

Mungkin ibu bukan perokok, namun apakah ibu yakin bisa menghindari asap rokok? Sayangnya kebanyakan ibu mengatakan sangat sulit menghindari dari asap rokok. Orang merokok di sembarang tempat seperti di angkutan umum, di halte, di jalan, dan di area parkir. Bahkan, tidak sedikit suami yang tetap saja merokok di dalam rumah ketika istrinya sedang mengandung.

Jadi, tidak ada bedanya antara perokok aktif dengan perokok pasif. Keduanya bisa membahayakan janin dalam kandungan. Kesehatan wanita hamil secara keseluruhan bisa terganggu.

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

Apa yang ibu tahu tentang kandungan dalam rokok? Betul sekali. Kebanyakan masyarakat tahu nikotin sebagai kandungan berbahaya dalam rokok. Sayangnya, meskipun tahu betapa berbahayanya kandungan nikotin ini, perokok tidak mau berhenti merokok.

Sebenarnya, bukan hanya nikotin saja yang membahayakan perokok aktif maupun perokok pasif, melainkan juga karbon monoksida. Bahkan, saat mengandung, ibu harus menjauh dari perokok karena asapnya yang mengandung dua zat beracun tersebut karena bisa mengganggu kesehatan wanita hamil.

Menurut ahli kesehatan, asap rokok bisa mempersempit ruang untuk bernafas. Ruang yang seharusnya digunakan untuk menghirup udara menjadi lebih sempit karena ibu juga menghisap asap. Apa yang terjadi? Tentu saja oksigen yang didapatkan oleh darah ibu sedikit. Jika hal ini terjadi, kandungan nutrisi yang seharusnya disalurkan menjadi berkurang.

Bukan itu saja. Jika ibu sering menghirup udara yang penuh dengan asap rokok saat mengandung, kemungkinan bayi yang akan ibu lahirkan memiliki ukuran tubuh yang kecil dan berat di bawah normal. Hal ini disebabkan kurangnya asupan gizi yang seharusnya didapatkan oleh janin untuk berkembang. Bahkan, lebih parah lagi asap rokok tersebut juga bisa membuat paru-paru bayi yang baru saja ibu lahirkan berkembang tidak sempurna.

Jadi, bukan hanya kesehatan wanita hamil saja yang akan terganggu dengan adanya asap rokok ini, melaikan kesehatan janin dalam kandungan. Itulah mengapa penting sekali menciptakan lingkungan yang sehat tanpa asap rokok.

Tips Menghidari Asap Rokok

Memang susah sekali menghindari asap rokok mengingat minimnya kesadaran masyarakat terutama para perokok. Jika perokok memahami hak-hak bukan perokok untuk mendapatkan udara yang bersih tanpa asap rokok, mereka pasti tidak akan merokok di tempat umum atau di samping orang yang tidak merokok. Kesehatan wanita hamil tua pun tidak perlu dikhawatirkan karena udara benar-benar bersih.

Sayangnya, kesadaran tersebut belum muncul. Oleh karena itu, ibu bisa menerapkan beberapa tips. Usahakan ibu membawa masker untuk menutup mulut jika ibu sering beraktivitas di luar. Memang masker ini tidak bisa memastikan ibu mendapatkan udara sehat tanpa asap rokok. Akan tetapi, setidaknya masker ini mengurangi ibu menghirup asap rokok.

Selanjutnya, jika suami ibu perokok, buatlah ia berkomitmen untuk tidak merokok setidaknya ketika berada di dalam rumah. Hal tersebut penting untuk perkembangan bayinya juga, bukan?

Dan yang paling penting, ibu harus konsultasi kehamilan secara rutin. Udara sekarang ini sudah banyak tercemari oleh asap rokok dan juga asap dari pabrik jika ibu tinggal di daerah perkotaan. Oleh karena itu, konsultasi sangat dibutuhkan untuk memastikan kondisi kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*