Bagaimana Sebenarnya Cara Menghilangkan Plak pada Gigi?

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi https://www.facebook.com/listerineindonesia

Begitu banyak artikel membicarakan tentang cara menghilangkan plak pada gigi, namun sebenarnya satu-satunya jawaban untuk menghilangkannya adalah dengan mengobatinya ke dokter gigi untuk dibersihkan. Jadi, hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya adalah dengan mencegahnya hadir pada gigi Anda.

Maka dalam artikel ini akan diberitahukan beberapa cara untuk meminimalisir tumbuhnya plak pada gigi, namun yang perlu diingat adalah semua cara ini akan ampuh jika dilakukan dengan satu hal yaitu, komitmen. Tanpa komitmen semua cara yang diberikan ini akan sia-sia. Jadi, setelah Anda membaca artikel ini, harap segera mempraktekannya dan sabar melakukannya agar terlihat hasilnya.

  1. Menyikat Gigi dengan Benar

Definisi menyikat gigi dengan benar telah sering dijelaskan oleh para dokter gigi yang bermula dari pemilihan sikat gigi dan arah saat menyikat. Dalam hal ini dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan memegang sikat pada sudut 45 derajat ke garis gusi. Jangan menyikat terlalu keras, namun menyeluruh pada seluruh permukaan gigi sampai pada area yang sulit dijangkau.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi yang nantinya akan memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, penggunaan pasta gigi berfluoride juga dapat membantu daerah disekitar karang yang terkena pembusukan kembali termineralisasi dan dapat melindungi dari bakteri yang berperan jahat saat masa pembentukan plak.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Ketika masalah plak menjadi membandel dan menempel karena penumpukan bertahun-tahun, hendaknya Anda menggunakan pasta gigi khusus yang mengandung bahan yang terfokus pada pembersihan plak gigi seperti pirofosfat, seng sitrat, fluoride dan lain-lain yang akan membantu mencegah pertumbuhan karang gigi. Selain kandungan bahan tersebut, terdapat beberapa pasta gigi yang mengandung antibiotik, yaitu triclosan yang bertanggung jawab untuk membunuh bakteri mulut tertentu.

  1. Cobalah untuk Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Mungkin agak terdengar aneh dengan menggunakan baking soda sebagai salah satu cara menghilangkan plak pada gigi, namun hal ini terbukti dapat membantu menghilangkan plak dan juga memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam lalu ambil sikat dan basahkan sedikit lalu celupkan ke dalam campuran baking soda. Setelah menyikat gigi dengan baking soda, berkumurlah.

  1. Berkumur dengan Obat Kumur Gigi

Setelah makan, usahakan untuk berkumur dengan air putih. Namun, untuk menyikat gigi, hendaklah setelah melakukannya berkumur dengan menggunakan obat kumur gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Menggunakan antiseptik dan hidrogen peroksida pada mulut juga dapat berguna dalam membersihkan karang gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan obat kumur antiseptik dengan 3 sendok makan larutan hidrogen peroksida dengan dosis 3 persen. Lalu kumur 10 ml larutan yang telah dicampurkan ini selama satu menit. Hal ini berguna untuk melonggarkan atau melunakkan tepi gusi dan permukaannya yang pada gilirannya akan membersihkan karang gigi. Namun, gunakan selama sekali sehari setelah makan agar dapat membantu Anda menghilangkan partikel makanan yang terselip di mulut.

Setelah mengetahui berbagai cara dalam mencegah plak untuk tumbuh, maka cobalah untuk melakukannya dibanding dengan membawanya ke dokter gigi yang menjadi solusi terakhir untuk Anda. Sekian dari artikel untuk cara menghilangkan plak pada gigi, semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*