Bagaimana Perkembangan Janin dalam Kandungan 0-9 Bulan?

perkembangan janin dalam kandungan www.johnsonsbaby.co.id

Pasti Bunda sedang mengandung calon bayi Bunda ya? Tentu hati Bunda akan sangat gembira sekali karena telah dianugerahi seorang anak, apalagi bila ia adalah bayi pertama Bunda. Waktu 9 bulan memang akan terasa lama ya Bun bila ditunggu-tunggu, tentu rasa kangen akan menghampiri Bunda selama mengandung.

Memang tak ada yang Bunda lakukan lagi selain menunggu waktu 9 bulan berlalu Bun, namun untuk mengurangi rasa kangen Bunda dapat mengetahui bagaimana perkembangan janin dalam kandungan Bunda. Cara termudah adalah dengan melakukan cek USG setiap bulan, itu dapat menjadi pilihan terbaik Bunda apabila memiliki uang yang cukup untuk pergi ke Rumah Sakit.

Namun, bagi Bunda yang belum punya cukup banyak uang, informasi berikut dapat menjadi alternatif Bunda kok untuk mengetahui perkembangannya, walaupun Bunda tak dapat melihatnya. Tetap saja, Bunda haruslah melakukan cek USG ke rumah sakit dalam beberapa bulan sekali ya. Silahkan simak ulasannya ya.

  1. Perkembangan pada Bulan Pertama

Pada bulan pertama, kantung kehamilan yang melindungi janin dari air ketuban dan plasenta sebagai penyalur nutrisi Bunda akan terbentuk nih Bun. Jadi mulai bulan pertama ini, yang terbaik yang harus Bunda lakukan adalah dengan memenuhi nutrisi tubuh Bunda beserta si Kecil ya, misalnya dengan memakan banyak sayur, buah atau makanan lain ya Bun. Setiap makanan yang Bunda makan, akan mempengaruhi kesehatan calon bayi Bunda lho.

  1. Pada Bulan Kedua

Wajah mulai terbentuk pada bulan ini, disertai lipatan kecil pada bagian kiri dan kanan kepala sebagai bakal telinga nantinya. System syarat otak dan tulang belakang, dan juga calon kaki, lengan dan jari akan terbentuk juga pada bulan kedua, walaupun bentuknya belum sempurna ya.

  1. Bagaimana Bulan Ketiga?

Yang sebelumnya bentuknya belum sempurna Bun, kini telah menjadi lebih sempurna pada kaki dan jarinya. Alat reproduksi dan organ lainnya juga sudah mulai terlihat, namun Bunda masih belum dapat mengetahui apa jenis kelamin nantinya.

  1. Perkembangan Bulan Keempat

Tangan, kaki dan wajah sudah terbentuk sempurna nih Bun. Bunda pasti akan sering kaget mulai bulan keempat karena ia sudah mulai bergerak di dalam perut Bunda. Nah, apabila Bunda ingin melakukan cek USG, sebaiknya lakukan pada bulan keempat ini ya.

  1. Bulan Kelima dan Keenam

Bunda mungkin lebih sering kaget ya Bun, karena mulai bulan kelima, ia lebih aktif untuk bergerak, apalagi tendangannya akan terasa lebih kencang Bun. Rambut-rambut halus di sekitar kepala, kaki, tangan dan anggota tubuh lain sudah mulai terlihat. Rangsangan dari luar pun sudah ia rasakan pada bulan keenam, jadi lebih baik nyalakan music atau rangsangan lain ya Bun untuk otaknya.

  1. Bulan Ke-7 Sampai Ke-9

Bulan ketujuh, cahaya dari luar sudah dapat ia rasakan. Tubuh membesar dan berat bertambah, ia juga sering berganti posisi sehingga membuat Bunda mengalami keberatan. Bulan kedelapan, keseluruhan tubuh sudah terbentuk sempurna hingga rambut-rambut halusnya. Tentu gerakannya akan semakin aktif ya Bun.

Dan, bulan terakhir telah tiba, kini ia sudah siap untuk terlahir ke dunia, terbukti dengan terputarnya kepala ke bagian bawah. Setelah memasuki bulan ini, pastikan Bunda sudah mempersiapkan segalanya ya, apalagi mental dan kesiapan Bunda.

Untuk bayi, persiapan yang paling penting adalah pakaian dan kosmetik. Belilah beberapa pakaian yang ukurannya telah diprediksi pada saat USG, dan untuk kosmetik tentu Bunda harus pilih yang terbaik kan? JOHNSONSBABY dapat menjadi pilihan kosmetik terbaik Bunda untuk calon si Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*