Atasi Cegukan pada Bayi Sehat

belajar sambil bermain https://www.facebook.com/frisoindonesia

Bayi sehat dipetik dari usaha dan peran serta orang tua yang sejak dini berfokus pada tumbuh kembang sang buah hati. Salah satu faktor yang membuat seorang bayi sehat adalah kebutuhan asupannya terpenuhi. Asupan makanan yang sehat dapat terus mendukung tumbuh kembang sang buah hati kearah yang lebih baik. Namun, tatkala memberikan asupan makanan, seorang bayi dapat dengan mudah mengalami cegukan. Para orang tua terutama moms tidak perlu panik ketika anak mengalami cegukan karena hal ini umum terjadi pada bayi dan bukan indikasi dari penyakit tertentu. Cegukan yang terkadi karena belum matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma bayi yang merupakan sekat antara dada dan perut bayi.

Cegukan pada dasarnya sangat mengganggu aktivitas si bayi. Saat mengalami cegukan bayi cenderung akan menjadi rewel hingga menyebabkan muntah apalagi ketika cegukan tersebut tidak mampu terkendali. Meskipun cegukan ini tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua agar cegukan pada bayi dapat diminimalisir keberadaannya.

  1. Pastikan Posisi yang Benar saat Menyusui

Hal yang menyebabkan terjadinya cegukan pada bayi adalah karena posisi tubuh bayi tidak benar saat ibu sedang menyusuinya. Cegukan yang terjadi akibat masuknya udara melalui mulut bayi ketika proses menyusui berlangsung. Kondisi cegukan ketika proses menyusui dapat diatasi dengan mengubah posisi si bayi agar jumlah udara yang masuk ke mulut dapat diminimalisir . Dan apabila cegukan masih terus berlanjut usahakan untuk memberhentikan sejenak proses menyusui karena ditakutkan bayi akan tersedak dan memuntahkan seluruh ASI yang telah dikonsumsinya.

  1. Memeluk Bayi

Ketika bayi sedang cegukan, hal yang selanjutnya bisa dilakukan oleh para orang tua adalah memeluk si bayi. Tidak ada alasan medis yang pasti mengapa kegiatan memeluk dapat mengurangi cegukan pada bayi tersebut. Namun untuk beberapa kasus, kegiatan memeluk terbukti dapat mengurangi cegukan. Sehingga para ibu dapat memeluk si bayi sembari menepuk – nepuk bagian punggungnya.

  1. Memijat Perlahan Bagian Belakang Bayi

Para Ibu atau ayah juga dapat memijat perlahan bagian belakang bayi ketika ia mengalami cegukan. Memijat area belakang bayi berfungsi untuk menenangkannya ketika cegukan tersebut tidak kunjung reda. Memijat disini berarti menggosok area punggung bayi hingga cegukan yang dialaminya kian berkurang. Gerakan menggosok tersebut membuat efek tenang pada bayi sehat yang merupakan buah ahti kesayangan anda.

  1. Pilih Jenis Dot Susu yang Tepat

Kadang kala, cegukan juga dapat disebabkan karena jenis botol susu yang digunakan untuk memberikan susu formula memiliki bentuk yang kurang tepat terutama pada bagian dot tempat keluarnya susu. Bagian dot ini biasa disebut dengan regulator. Umumnya ukuran regulator (bagian lubang) pada dot memiliki ukuran yang bervariasi. Pilihlah jenis dot yang memiliki lubang yang cenderung kecil, serta ukuran dot yang disesuaikan dengan ukuran mulut si bayi. Sehingga ketika minum susu, tidak ada ada udara yang masuk ke bagian saluran makanannya dan ritme minum susu dapat dikontrol dengan mudah oleh si bayi sehat.

  1. Menghentikan Proses Menyusui ketika Cegukan

Hal yang selanjutnya harus diperhatikan adalah jangan melanjutkan proses menyusui ketika bayi tersebut sedang mengalami cegukan. Memaksakan air susu masuk ke saluran makanan bayi yang sedang cegukan justru merangsangnya untuk tersedak kemudian muntah. Beri jeda hingga cegukan yang dirasakan oleh bayi tersebut mereda.

Baik moms, sekian tips yang bisa dipraktekan pada si bayi ketika ia sedang cegukan. Perlu diingat bahwa cegukan pada bayi bukan merupakan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Namun, hal sepele tersebut harus ditangani dengan cara – cara yang tepat sehingga buah hati anda menjadi bayi sehat. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*