Apakah Benar Menjemur Di Bawah Sinar Matahari Termasuk Perawatan Bayi?

perawatan bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi tidaklah sulit untuk dipelajari. Ibu bisa mempelajari apa saja yang harus ibu lakukan sebagai cara untuk merawat bayi dari orang tua, teman, kerabat, atau tetangga ibu yang sudah memiliki anak. Mereka pasti dengan senang hati mengajarkan bagaimana cara perawatan bayi yang benar.

Satu dari sekian banyak cara merawat bayi adalah dengan menjemurnya di pagi hari. Ibu pasti pernah dengar hal itu, bukan? Atau apakah justru ibu sering melakukannya? Sebelumnya, ibu harus tahu dulu apakah benar menjemur merupakan bagian dari perawatan bayi yang direkomendasikan dokter anak.

Manfaat Menjemur Bayi

Memang benar menjemur bayi merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan bayi. Hanya saja banyak orang tua yang tidak tahu cara yang benar. Padahal, jika mereka menjemur di bawah sinar matahari pagi dengan tepat, maka banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.

Salah satunya adalah agar si kecil mendapatkan vitamin D. Memang ia sudah mendapatkan asupan gizi berupa vitamin D dari ASI. Hanya saja, vitamin D yang paling banyak berasal dari sinar matahari. Itulah mengapa menjemur bayi merupakan bagian dari perawatan bayi agar ia sehat dan tumbuh kembangnya baik.

Selain itu, dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari, maka penyakit kuning akan sembuh. Beberapa bayi dilahirkan dengan penyakit kuning. Penyakit yang satu ini sebenarnya hanya bisa disembuhkan dengan dua cara. Yang pertama, bayi harus mengkonsumsi lebih banyak ASI. Yang kedua, bayi dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Tentu saja masih banyak lagi manfaat dari perawatan bayi yang satu ini. Hanya saja, dua manfaat tersebut adalah yang paling utama. Yang perlu ibu ketahui adalah bagaimana menjemur yang benar sehingga si kecil mendapatkan manfaat tersebut.

Cara Menjemur Bayi yang Benar

Pertanyaan yang harus ibu jawab adalah kapan waktu terbaik untuk menjemur si kecil? Dokter anak menyarankan agar ibu menjemur bayi pada pukul 6 pagi. Hanya saja, ibu juga harus mempertimbangkan kondisi. Apalagi di tempat ibu jam 6 pagi masih sangat dingin untuk mengajak si kecil keluar rumah, maka sebaiknya ibu menunggu sampai udara tidak terlalu dingin. Hanya saja, jangan sampai ibu menjemur bayi di atas jam 9.

Kemudian, pastikan ibu tidak terlalu lama menjemur si kecil. Banyak orang tua yang salah dalam menerapkan perawatan bayi yang satu ini. Mereka mengira semakin lama si kecil dijemur maka semakin bagus. Pada kenyataannya, ibu hanya perlu menjemur bayi 10-15 menit saja. Itu sudah cukup juga jika bayi terkena penyakit kuning. Yang terpenting, ibu melakukan hal tersebut rutin setiap pagi.

Satu hal yang sering diabaikan adalah posisi bayi ketika dijemur. Akan lebih baik jika ibu menggendong si kecil. Ibu bisa mendekap di dada. Ini juga sebagai cara untuk memperkuat hubungan emosional antara ibu dan sang buah hati.

Tentu masih banyak lagi tips perawatan bayi yang lain. Hanya saja, ibu tidak boleh mengabaikan informasi lain seputar nutrisi balita. Setidaknya, ibu tahu dulu apa saja nutrisi penting yang dibutuhan balita sehingga ketika si kecil sudah menginjak balita, ibu bisa memberikan makanan yang sehat untuk menunjang perkembangannya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu. Silakan sebarkan informasi ini kepada teman yang memiliki bayi yang mungkin membutuhkan informasi tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*