Apakah Ada Makanan Ibu Hamil yang Instan namun Sehat?

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil itu beragam, mulai dari sayuran, seafood, daging, buah- buahan, dan lain sebagainya. Semua bahan yang ada di sekitar kita bisa digunakan untuk dijadikan makanan sehat ketika masa kehamilan.

Sayangnya, ada kendala yang sering dihadapi oleh ibu hamil, merasa tidak memiliki waktu karena setiap hari disibukkan dengan pekerjaan. Ini kendala yang dialami oleh wanita karir yang sedang hamil. Sementara itu, kendala tak kalah hebat juga dialami oleh ibu rumah tangga, yaitu rasa malas. Pasalnya, wanita hamil itu katanya malas melakukan kegiatan apapun, termasuk memasak. Sepertinya, mereka sudah berat membawa perut yang semakin besar dan ingin rasanya bersantai saja.

Oleh karena kesibukan dan rasa malas tersebut, terbesit pertanyaan adakah makanan ibu hamil yang instan namun sehat, seperti mie instan misalnya. Apakah mie instan boleh dikonsumsi ibu yang sedang hamil?

Secara umum, mie instan itu tidak bagi kesehatan, apalagi ibu hamil. Hanya saja, bukan berarti mie instan ini mutlak tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan Asal Tahu Syaratnya

Kabar baiknya adalah ibu hamil boleh mengkonsumsi mie instan. Hanya saja, ibu harus tahu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Yang pertama, mie instan harus dimasak dengan cara yang benar. Seperti apa? Pertama-tama, ibu harus merebus mie dua kali. Artinya, setelah ibu merebus dengan air panas, ambil mie tersebut dan rebus kembali menggunakan air yang baru. Kemudian tiriskan. Lalu, rebuslah air panas lagi dan masukkan mie instan. Jangan sampai ibu makan air rebusan dari mie instan tersebut karena bahan-bahan kimia seperti bahan pengawet ada di dalam air rebusan mie tersebut.

Yang kedua, tambahkan berbagai jenis sayuran, ikan, atau daging. Ibu harus tahu kandungan nutrisi dalam mie instan itu sangat sedikit. Jika dibandingkan dengan jenis makanan ibu hamil seperti sayuran hijau, jelas sekali mie instan tidak ada apa-apanya. Kebanyakan mie instan mengandung karbohidrat, vitamin A, B1, B6, B12, dan C. kalsium dan zat besi sangat rendah. Bahkan, ada kandungan yang tidak baik untuk ibu hamil, yaitu lemak. Oleh karena itu, agar gizinya lengkap, ibu bisa menambahkan berbagai jenis sayur seperti wortel. Atau, ibu bisa tambahkan daging, telur, atau ikan.

Yang ketiga, jangan menggunakan wadah yang terbuat dari plastik ketika ibu menyejikan mie instan. Hal ini dikarenakan plastik membuat ibu bisa saja mengalami gangguan kesehatan.

Jadi, ibu tidak perlu khawatir jika pada masa kehamilan ibu ingin makan mie instan. Hanya saja, ketika ibu hamil muda, sebaiknya jangan dulu. Pasalnya, janin yang masih muda itu sangat rentan sekali terhadap keguguran. Ibu sebaiknya makan makanan sehat yang tidak instan terlebih dahulu.

Berapa Kali Mie Instan Diperbolehkan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Meskipun ibu sudah menerapkan cara tersebut di atas, bukan berarti ibu boleh makan mie instan setiap hari. Ibu hanya boleh makan mie instan 2-3 kali dalam kurun waktu satu minggu. Mengkonsumsi mie instan lebih dari 3 hari seminggu sangat berbahaya.

Ibu harus memahami bahwa mie instan bukan makanan utama, apalagi bagi ibu hamil. Mie instan hanya dijadikan makanan pada kondisi emergency saja. Makanan sehat yang bukan instan harus tetap menjadi yang paling utama. Mungkin ibu perlu mencari informasi tentang resep makanan ibu hamil sederhana yang mudah untuk dibuat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*