Anda Harus Tahu Tips Pakai Koyo yang Benar, Supaya Ga Salah

Koto Untuk Redakan Nyeri

Tak banyak yang mau memberikan perhatian dengan tips pakai koyo. Mereka merasa sudah benar. Atau mereka merasa tidak perlu pelajari hal semacam itu. Namun, coba Anda lihat fakta yang terjadi. Ada beberapa orang yang merasa tidak ada bedanya antara sebelum dan sesudah memakai koyo. Ini bisa saja disebabkan cara pakai koyo yang kurang tepat.

Di sisi lain, Anda harus tahu ada efek samping yang bisa terjadi. Ini disebabkan juga penggunaan koyo yang tidak sesuai dengan aturan.

Untuk itu, ada baiknya Anda pelajari tips pakai koyo yang tepat. Jadi, Anda benar-benar bisa menghilangkan nyeri dengan koyo secara efektif. Saat Anda dikejar deadline, Anda tidak perlu khawati dengan nyeri. Tempelkan koyo dan Anda tetap bisa bekerja seperti biasanya.

Tata Cara Memakai Koyo yang Benar

Terdengar sepele tapi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara pakai koyo. Berikut ini tahap-tahap yang harus Anda lakukan.

  1. Bersihkan Kulit

Pertama-tama, Anda harus bersihkan kulit yang akan Anda tempelkan koyo. Jika bagian kulit tersebut sangat kotor, segera ke kamar mandi. Bersihkan dengan air mengalir. Akan lebih baik lagi jika Anda bersihkan dengan menggunakan sabun.

Kenapa? Ini sangat penting. Saat koyo ditempelkan, bahan berupa metil salisilat dan mentol akan meresap ke kulit bagian dalam menuju ke otot yang mengalami nyeri. Saat itulah pori-poro terbuka. Jangan sampai bahan berupa mentol dan metil salisilat masuk dengan membawa bakteri yang menempel pada kulit Anda tersebut.

Itulah yang menjadi alasan mengapa Anda harus membersihkan kulit terlebih dahulu. Keringkan dengan handuk sebelum Anda menempelkan koyo pereda nyeri otot.

  1. Tempelkan di Bagian yang Tepat

Yang tak kalah penting dari tips pakai koyo adalah bagian kulit yang akan ditempel koyo. Apakah kulit tersebut terluka? Apakah kulit tersebut mengalami iritasi? Jika ya, hindari bagian tersebut. Anda bisa menempelkan koyo pada bagian sampingnya. Yang terpenting, kandungan di dalam koyo bisa meresap menuju ke otot yang sedang mengalami gangguan.

  1. Pastikan Koyo Menempel Erat

Fakta Tentang Koyo

Selanjutnya, Anda pastikan juga koyo sudah menempel sempurna. Jika tidak, rasa hangat atau panas terbuang begitu saja. Selain itu, kandungan mentol dan metil selisilat akan menguap ke udara, tidak merasuk ke dalam kulit.

Untuk memastikan koyo merekat sempurna, Anda bisa coba untuk menekan koyo kurang lebih 1 menit. Pastikan tidak ada rongga di mana udara bisa masuk dan keluar di bawah bagian koyo.

Sebaiknya jangan pula membasuh air ke bagian yang sudah ditempel dengan koyo. Karena air bisa membuat perekat kurang begitu kuat. Jika terpaksa Anda harus membasuh air, sebaiknya lepaskan koyo lalu Anda tempelkan kembali setelah Anda membasuh. Atau Anda ganti dengan koyo yang baru.

  1. Bersihkan Tangan Anda

Setelah Anda menempelkan koyo, cuci tangan Anda dengan sabun. Jangan sampai Anda langsung gunakan tangan Anda untuk melakukan kegiatan lain, terutama makan. Karena bagaimanapun juga ada kemungkinan bahan di dalam koyo yang menempel pada tangan Anda.

Itulah tips pakai koyo yang harus Anda ketahui dan praktikkan. Terlihat mudah, bukan? Namun, jika ada langkah yang salah Anda lakukan, maka koyo yang Anda gunakan tidak bisa menyembuhkan nyeri secara efektif. Dan bisa juga Anda mengalami masalah buruk lainnya.

Berapa Lama Koyo Harus Ditempelkan?

Berapa lama koyo ditempelkan? Ini pertanyaan yang banyak sekali orang tanyakan. Mungkin Anda juga ingin tahu berapa lama seharusnya koyo ditempelkan.

Sebenarnya, tidak ada yang pasti. Jika nyeri sudah hilang, Anda bisa lepaskan koyo. Atau jika koyo sudah tidak lagi memberikan efek hangat atau panas, Anda bisa lepaskan koyo tersebut.

Secara umum, efek koyo terasa hingga kurang lebih 8 jam. Namun, semakin lama efek hangat atau panas semakin berkurang. Di 2 jam pertama, Anda akan merasa hangat atau bahkan panas. Namun, di jam berikut ini, rasa itu mulai berkurang.

Jika sudah mulai tidak terasa, Anda bisa lepaskan saja. Jika nyeri masih terasa, gunakan koyo yang baru.

Hati-Hati dengan Efek Samping Koyo

Sama halnya dengan obat, koyo juga obat. Hanya saja, koyo ini obat dari luar. Dan semua obat memiliki efek samping. Begitu juga dengan koyo. Dan sebenarnya inilah yang alasan utama mengapa sebaiknya Anda tahu tips pakai koyo.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi adalah kulit iritasi. Tidak semua orang mengalami iritasi karena menempelkan koyo pada kulit. Hanya mereka yang memiliki kulit yang mudah alergi dan iritasi yang bisa mengalaminya. Pasalnya, koyo ini mengeluarkan hawa yang panas. Saat itulah pori-pori membuka dan kulit sensitif akan mudah sekali mengalami iritasi.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit iritasi tidak menggunakan koyo panas. Anda bisa pilih produk koyo Hansaplast hangat.

Selain itu, hindari juga menempelkan koyo pada kulit yang terbuka karena terluka. Karena menempelkan koyo pada bagian kulit tersebut justru akan membuat kulit semakin terluka.

Itulah beberapa tips pakai koyo yang perlu Anda ketahui. Sekarang, Anda benar-benar bisa memanfaatkan koyo sebagai obat pereda nyeri saat diperlukan. Untuk bisa mendapat manfaat yang lebih baik, ketahui juga beberapa fakta unik tentang koyo ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*