Alasan Ibu Menggunakan Minyak Telon sebagai Cara Perawatan Bayi

perawatan bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Perawatan bayi setelah si kecil dimandikan menjadi hal cukup penting untuk dilakukan, salah satunya adalah untuk memberikan efek hangat bagi si kecil.

Walapun si kecil mandi dengan air hangat, tetapi setelah mandi harus tetap diberikan minyak telon ke seluruh tubuhnya, karena pengaturan sistem panas pada tubuh seorang bayi belum sempurna, terutama di awal kehidupannya. Sehingga jika udara si sekitar tubuhnya dingin, mudah membuat tubuh sang bayi merasa kedinginan dan menggigil. Padahal penting bagi para ibu menjaga kehangatan suhu tubuh bayi agar sang bayi tidak jatuh sakit.

Selain untuk menjaga kehangatan tubuh bayi, khasiat minyak telon bagi perawatan bayi sangat banyak. Selain memberikan rasa hangat pada setiap bagian tubuh yang diolesi oleh minyak telon, juga menimbulkan aroma khas pada tubuh sang bayi.

Unutk menjaga suhu tubuh sang bayi tetap terjaga kehangatannya, ibu bisa memberikan perawatan seperti memandikan dengan air hangat dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Setelah itu, ibu bisa mengoleskan minyak telon ke bagian dada, perut, punggung si kecil agar tetap merasa hangat setelah mandi. Bahkan, perawatan bayi yang satu ini sangat disarankan jika ibu tinggal di daerah yang dingin. Ketika mengoleskan minyak telon, ibu sambil memijat dada, punggung, kaki, dan tangan bayi agar ototnya tidak tegang.

Bayi yang masih kecil, suhu tubuhnya sangat baik untuk dijaga pada suhu 34-35 derajat celsius. Jika bayi kedinginan kebutuhan kalorinya akan secara alami digunakan untuk melawan rasa dingin. Hal ini menyebabkan kalori yang sebenarnya akan digunakan untuk pertumbuhan bayi, akan dialihkan untuk melawan rasa dingin. Dan hal ini tidak baik untuk pertumbuhan tubuh sang bayi. Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa menghangatkan tubuh sang bayi dengan minyak telon sehingga kalorinya bisa digunakan untuk pertumbuhan sang bayi.

Selain itu minyak telon juga baik digunakan oleh sang ibu untuk mencegah perut kembung pada sang bayi karena sistem pencernaan pada bayi juga belum sempurna, sehingga bayi sering kali merasa kembung. Perut kembung pada bayi jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi dan kolik yang menyebabkan bayi menangis menjerit-jerit pada jam-jam tertentu. Untuk mengurangi kemungkinan kembung dan rasa tidak nyaman pada bayi, ibu dapat menggunakan minyak telon untuk mengatasinya.

Selain khasiat yang sudah dibahas di atas, minyak telon juga dapat mengurangi dan mencegah gatal pada kulit bayi. Selain itu juga berfungsi sebagai pelembab bagi kulit bayi.

Kehangat tubuh, dan kondisi tubuh yang nyaman dan kulit yang lembut pada bayi akan menyebabkan bayi dapat tidur dengan nyenyak dan membuatnya sehat serta dapat menunjang pertumbuhannya.

Dalam penggunaan minyak telon, ibu dapat menggunakannya dengan mengusapkannya pada dada, punggung, perut, telapak tangan dan juga telapak kaki bayi. Olesi dengan dengan lembut sambil memberikan pijitan yang lembut pada sang bayi. Pijitan lembut pada tubuh bayi, dapat membuat sang bayi menjadi relax dan senang, hal ini dapat meningkatkan ikatan kasih sayang antara sang ibu dengan sang bayi. Ikatan kasih sayang ini akan membuat bayi merasa aman dan nyaman. Rasa aman  ini dapat ditumbuhkan melalui sentuhan, kontak mata dan ungkapan kata-kata. Pijat bayi juga bermanfaat untuk merangsang kerja saraf motorik, memperbaiki pola tidur, memperbaiki pencernaan, melenturkan otot dan meningkatkan kestabilan emosi bayi.

Itulah khasiat minyak telon bagi perawatan bayi dan Ibu yang cerdas tahu cara terbaik memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*