5 Manfaat Setelah Ibu Menghitung Usia Kehamilan

menghitung usia kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menghitung usia kehamilan bisa ibu lakukan dengan menggunakan rumus Neagle, tes USG, metode fundus uterus, dan juga rumus dua jari. Lalu, cara mana yang ibu pilih?

Sebenarnya, ibu bebas memilih cara mana saja. Karena pada dasarnya semua cara yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan tersebut memiliki tujuan yang sama. Setidaknya ada 5 manfaat penting yang bisa ibu dapatkan setelah ibu tahu berapa usia kehamilan. Berikut 5 manfaat dari penghitungan usia kehamilan.

Mengetahui Usia Janin

Mungkin ini yang pertama kali ada di benak ibu hamil muda ketika ia mencari cara bagaimana menghitung kehamilan. Mereka ingin tahu sebenarnya berapa usia janin yang sudah ada di dalam rahim.

Bagi wanita yang belum pernah hamil, hal ini sangat membuat mereka excited. Mereka ingin sekali mengetahui berpa usia bayi di dalam kandungan. Mereka bisa saja konsultasi dengan dokter kandungan. Selain menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan wanita hamil, mereka juga sekali melakukan tes UGS untuk mengetahui berapa usia janin, berapa panjang janin, dan bagaimana kondisi kesehatan janin.

Memberikan Asupan Gizi yang Tepat

Setelah ibu menghitung usia kehamilan, ibu menjadi tahu berapakah usia janin dalam kandungan. Setelah itu, ibu akan mencari tahu makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sesuai dengan usia kandungan.

Harus dipahami bahwa ada beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi saat hamil tua namun tidak boleh dikonsumsi pada saat hamil muda. Dalam hal ini, ibu harus memperkaya pengetahuan tentang gizi apa saja yang harus dipenuhi sesuai dengan masa kehamilan.

Memilih Aktivitas yang Tepat

Jika ibu tidak memiliki waktu luang untuk datang ke dokter namun ibu ingin sekali mengetahui usia janin dalam kandungan, ibu bisa memanfaatkan layanan kalkulator, yaitu kalkulator yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan online. Kalkulator ini dibuat berdasarkan rumus Naegle.

Setelah tahu berapa usia kehamilan, ibu sekarang bisa tahu sebenarnya apakah ibu sudah diperbolehkan untuk melakuan aktivitas tertentu atau tidak. Perlu dihapami bahwa jika kehamilan masih pada masa trimeseter pertama, beberapa aktivitas harus dihindari. Bahkan, aktivitas seperti menyapu, mengepel, atau aktivitas lainnya memungkinkan terjadinya goncangan harus dihindari.

Sementara itu, jika usia kandungan sudah pada trimester kedua dan ketiga, kegiatan yang dulu tidak diperbolehkan ketika hamil muda sudah boleh dilakukan. Bahkan, pada kehamilan trimester kedua dan ketiga, ibu sudah bisa mengikuti program senam ibu hamil.

Mengetahui HPL

Apa itu HPL? HPL kepanjangan dari Hari Perkiraan Lahir. Ini merupakan hasil dari metode menghitung usia kehamilan. Dengan mengetahui HPL, ibu bisa bersiap-siap kapan harus mengajukan cuti untuk persiapan persalinan.

Menyiapkan Dana

Setelah ibu mengetahui HPL, ibu mulai sekarang mulai menabung karena ibu akan membutuhkan banyak sekali dana seperti dana untuk persalinan, membeli pakaian bayi, dan acara tasyakuran.

Itulah 5 manfaat yang bisa ibu dapatkan setelah tahu hasil berapa usia kehamilan ibu sekarang. Selanjutnya, tugas ibu masih sangat berat. Ibu harus memastikan bayi dalam kandungan berkembang normal. Usahakan ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan agar ibu mendapatkan informasi seputar kesehatan janin dalam kandungan.

Semoga informasi ini bisa memperluas wawasan ibu. Jadi, manfaat mengetahui usia kandungan itu tidak hanya untuk mencari tahu HPL (hari perkiraan lahir), tapi ada manfaat lainnya lagi setelah ibu menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*