5 Kegiatan Berikut Ini Tidak Boleh Dilakukan Karena Bisa Membahayakan Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil wajib dijaga karena sangat mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan. Untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu tidak saja harus memastikan makanan sehat saja yang harus ibu konsumsi. Lebih dari itu, ibu juga harus tahu kegiatan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Berikut ini terdapat 5 kegiatan yang kelihatannya wajar dan tidak berbahaya padahal sangat tidak bagus untuk kesehatan wanita hamil dan juga janin di dalam kandungan. Perhatikan dan pastikan ibu tidak melakukan kegiatan berikut ini selama masa kehamilan.

  • Mewarnai Rambut

Apakah ibu termasuk orang yang menganggap penampilan sangat penting sekali? Sekalipun penampilan itu sangat penting untuk menunjang karir ibu, ibu bisa make over apapun asal tidak membahayakan bagi janin.

Mewarnai rambut termasuk salah satu hal yang membahayakan janin dalam kandungan. Pasalnya, pewarna rambut umumnya mengandung zat kimia yang bisa berdampak serius terhadap kesehatan janin. Mengecat rambut merupakan larangan bagi ibu hamil, entah hamil muda maupun tua. Bahkan, cara perawatan kecantikan seperti ini sangat dilarang untuk wanita hamil trimester ketiga karena hal tersebut sangat membahayakan kesehatan wanita hamil tua dan juga janin.

  • Sauna

Tentu sangat menyenangkan jika ibu mendapatkan treatment sauna. Di tengah kepenatan pekerjaan dan juga beratnya mengandung, pasti ibu akan merasa lebih enak dengan mendapatkan treatment sauna.

Tapi, siapa sangka ini merupakan salah satu treatment yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan hawa panas di dalam ruangan sauna bisa mengakibatkan komplikasi. Bukan tidak mungkin sauna juga bisa mengakibatkan keguguran.

Namun, bukan berarti ibu tidak boleh mandi menggunakan air hangat. Hanya saja, ibu sebaiknya konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan terlebih dahulu apakah janin dalam kandungan tidak akan terjadi apa-apa jika ibu mandi menggunakan air hangat. Dalam hal ini, kondisi janin itu berbeda-beda. Itulah mengapa ibu harus konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

  • Mengikuti Program Diet

Setiap wanita pasti ini sekali tampil cantik dan menarik dengan bentuk tubuh yang langsing. Tapi, ibu harus ingat. Ibu saat ini sedang dalam keadaan mengandung. Oleh karena itu, diet dilarang untuk dilakukan. Sekalipun diet tersebut menggakan cara alami, tetap saja diet akan mengganggu kesehatan wanita hamil. Umumnya, program diet itu membuat nafsu makan berkurang. Dan jika itu terjadi, bukan tidak mungkin ibu akan lemas dan kesehatan janin akan terganggu.

  • Berlibur ke Luar Kota

Orang kuno dahulu sering mewanti-wanti agar wanita hamil tidak boleh sering keluar rumah. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Semakin sering wanita hamil bergerak semakin tinggi resiko guncangan yang bisa mengakibatkan keguguran.

Lalu bagaimana dengan berlibur ke luar kota? Sekalipun ibu menggunakan mobil yang mewah yang minim sekali guncangan, sebaiknya hal ini tidak ibu lakukan. Melakukan perjalanan panjang justru akan membuat ibu lelah dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan wanita hamil. Jadi, sebaiknya ibu menunda perjalanan ke luar kota hingga nanti sang buah hati lahir ke dunia.

  • Nongkrong

Sekalipun ibu sering sekali hangout sampai larut malam bersama teman-teman, sebaiknya ibu menghentikan kegiatan ini untuk sementara. Angin malam tidak begitu bagus untuk kesehatan.

Semoga dengan informasi tersebut di atas, ibu semakin bijak untuk memilih kegiatan apa saja yang baik dan tidak baik untuk kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*