3 Pertanyaan Yang Harus Ibu Tanyakan Ketika Konsultasi Ibu Hamil

konsultasi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi ibu hamil itu tidak sekedar memeriksakan kesehatan janin di dalam kandungan. Ibu juga harus menanyakan beberapa hal kepada bidan atau dokter spesialis kandungan. Pertanyaannya pun bebas. Hanya saja, setidaknya 3 pertanyaan berikut ini harus ibu ajukan setiap kali ibu konsultasi.

Yang pertama, pertanyaan tentang apakah ada kecenderungan janin dalam kandungan terkena cacat bawaan. Pertanyaan ini sebenarnya hanya bisa dijawab oleh dokter kandungan. Pasalnya, dokter lah yang memiliki alat USG yang bisa mengetahui bagaimana tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sementara itu, bidan tidak berkompetensi untuk menjawab pertanyaan tersebut karena bidan tidak memiliki capability serta pengetahuan tentang bagaimana membaca hasil pemeriksaan USG.

Yang kedua, pertanyaan tentang air ketuban. Pertanyaan ini seperti wajib ditanyakan setiap kali konsultasi kehamilan. Banyak sekali kasus di mana ibu dipaksa harus melahirkan bayi segera lantaran air ketubannya tidak cukup jika harus menunggu waktu persalinan sesuai prediksi. Ibu tersebut akan diberi obat pacu agar bayi dalam rahim keluar. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka akan dilakukan operasi caesar.

Yang ketiga, pertanyaan tentang kondisi jantung janin. Apakah bisa mendeteksi jantung janin? Tentu saja bisa. Melalui pemeriksaan USG, dokter kandungan bisa mengetahui apakah jantung janin berdetak normal atau tidak. Ini sangat penting karena detak jantung menentukan sehat atau tidak janin dalam kandungan. Ibu harus ingat untuk menanyakan 3 pertanyaan penting tersebut setiap kali konsultasi ibu hamil.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*