3 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Agar Pemulihan Pasca Kelahiran Caesar Lebih Cepat

pasca kelahiran https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Berat sekali rasanya menjadi seorang ibu yang harus mengurus bayi tapi juga harus mengurus diri sendiri pasca kelahiran. karena memang beda antara melahirkan secara normal dengan caesar. Lebih enak normal.

Kalau normal, rasa sakit sekali dan setelah itu tidak lagi sakit. Berbeda dengan caesar. Waktu melahirkan tidak terasa sakit tapi setelah melahirkan, rasa sakitnya hingga berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Itulah mengapa seorang ibu setelah operasi caesar harus ekstra hati-hati. Tidak seperti ibu yang melahirkan secara normal karena mereka hanya butuh waktu beberapa hari pemulihan dan bisa langsung beraktivitas seperti sediakala.

Lain hal dengan kelahiran secara caesar. Ibu harus melakukan perawatan yang ekstra, khususnya untuk bagian perut seperti jahitan.

Untuk memulihkan kondisi paska kelahiran caesar, setidaknya tiga hal ini yang perlu ibu lakukan.

Menghindari Mengangkat Barang yang Berat

Selama beberapa hari, ibu tidak boleh mengangkat sesuatu yang berat. Bahkan, ibu juga perlu menahan diri jika ingin menggendong bayi. Untuk beberapa hari, ibu tidak boleh menggendong. Ibu hanya boleh menyusui dengan cara duduk dan bayi berada di pangkuat. Tidak boleh digendong.

Mengangkat sesuatu yang berat akan memperparah keadaan. Bukannya ibu bisa segera beraktivitas seperti sediakala, tapi justru jahitan tidak kunjung kering dan ibu tidak bisa bebas bergerak.

Selain itu, ibu juga perlu perhatikan jahitan pada perut. Jika sering lembab, maka jahitan sulit kering. Perhatikan apakah ada nanah yang keluar. Jika ada nanah yang keluar, ibu harus membersihkan. Jangan sampai ada bakteri yang berkembang di area jahitan.

Jangan Berhubungan dengan Suami

Memang jika ibu melahirkan secara caesar, tidak ada luka pada bagian vagina. Akan tetapi, bukan berarti ibu boleh melakukan hubungan dengan suami. Walaupun bagian vagina tidak terasa sakit, tetap saja ibu perlu menahan dulu. Beri pengertan kepada suami ibu agar tidak melakukan hubungan sampai ibu benar-benar sembuh.

Dikhawatirkan tekanan yang terjadi saat berhubungan dengan suami membuat luka jahitan pada bagian perut tidak kunjung sembuh.

Banyak Mengkonsumsi Buah

Kenapa harus buah? Karena buah mengandung gizi yang akan membuat luka bekas jahitan pada perut lebih cepat sembuh. Jahitan akan sempurna dan ibu bisa segera beraktivitas seperti sediakala.

Hanya saja banyak ibu pasca melahirkan caesar tidak melakukan yang satu ini. Itulah mengapa banyak ibu yang setelah proses persalinan caesar mereka harus bolak-balik ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan kontral. Kebanyakan mereka mengeluhkan jahitan yang tidak kunjung kering. Dan bahkan banyak juga yang mengalami pengalaman yang kurang mengenakkan. Di bagian jahitan sering keluar cairan.

Membersihkan dengan menggunakan alcohol dan antiseptic menjadi cara yang tepat. Namun itu sekedar cara dari luar. Sementara itu cara dari dalam adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang banyak.

Tiga hal tersebut bisa ibu coba agar pemulihan setelah kelahiran caesar bisa lebih cepat. Meskipun ibu sudah melakukan hal tersebut, tetap saja ibu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin dengan bidan atau dokter.

Semoga ibu bisa menjalani hari demi hari menjadi seorang ibu dengan baik. Memang pasca melahirkan ibu merasa kurang nyaman apalagi jika proses melahirkan dengan cara operasi caesar. Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Jika tiga hal tersebut ibu lakukan, maka pemulihan paska melahirkan bisa lebih cepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Comment on 3 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Agar Pemulihan Pasca Kelahiran Caesar Lebih Cepat

  1. terimakasih informasinya, sangat bermanfaat.
    kira-kira, jenis buah apa saja yang membuat luka bekas operasi caesar cepat kering/sembuh ?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*