Yoga atau Senam Ibu Hamil, Pilih yang Mana?

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu. Tentunya dengan kegiatan yang bermanfaat. Saat hamil, ibu harus pilih-pilih kegiatan yang memang bagus untuk kesehatan serta perkembangan janin, bukan? Setidaknya ada dua kegiatan yang perlu untuk ibu pilih. Yoga dan senam ibu hamil. Ibu mau pilih yang mana?

Pilih Yoga atau Senam Ibu Hamil

Kedua-duanya sama bagusnya untuk dilakukan oleh ibu hamil. Dan tujuannya juga sama, yaitu menjaga kebugaran ibu hamil selama masa kehamilan.

Namun, bukan itu biasanya yang menjadi goal para ibu hamil ketika melakukan yoga atau senam ibu hamil. Mereka mempersiapkan diri agar bisa melakukan persalinan secara normal.

Yaps, goal yang sangat realitis sekali. Dan goal itu harus diperjuangkan. Karena biaya operasi caesar juga tidak murah, bukan? Lebih murah dengan persalinan normal.

Lebih dari itu, jika ibu berhasil melahirkan secara normal, ibu tidak akan merasa sakit dalam waktu yang lama. Lain hal jika ibu melahirkan melalui operasi caesar. Ibu akan merasa perih pada perut bekas jahitan hingga berbulan-bulan. Bahkan, tidak sedikit ibu yang melahirkan secara caesar harus merasakan perih ketika anak sudah besar.

Dan satu lagi. Rasa perih juga terasa pada bagian punggung, yaitu bagian tubuh yang disuntik sebelum tindakan operasi caesar.

Lain hal jika ibu melahirkan secara normal. Rasa sakit terasa ketika proses melahirkan sang buah hati. Namun, setelah selesai, ibu hanya butuh menunggu satu atau dua hari saja dan ibu bisa beraktivitas seperti biasa.

Tentu saja hal tersebut bisa terjadi jika ibu menjaga kebugaran mulai awal kehamilan hingga nanti proses persalinan. Selain itu, ibu juga sudah mempersiapkan tubuh ibu sendiri agar bisa melakukan persalinan secara normal. Dan itu bisa terjadi jika ibu rajin yoga atau senam ibu hamil.

Namun, pertanyaannya mana yang lebih baik, yoga atau senam ibu hamil?

Bahan yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Jika masih bingung antara memilih yoga atau senam ibu hamil, ibu bisa melakukan pertimbangan.

Jika ibu tidak memiliki waktu luang, akan lebih baik jika ibu melakukan yoga sendiri di rumah. Sebenarnya ibu juga bisa melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah. Hanya saja,

ada beberapa gerakan yang membutuhkan perhatian dari seorang instruktur senam ibu hamil yang sudah profesional.

Jadi, yoga menjadi pilihan yang tepat jika ibu memiliki waktu untuk ikut kelas senam ibu hamil di luar.

Yang pasti, yoga lebih aman untuk dilakukan sendiri di rumah.

Namun, untuk hasil yang lebih efektif, sepertinya senam ibu hamil menjadi opsi yang terbaik. Karena banyak gerakan yang akan membuat otot bagian tubuh tertentu kuat sehingga siap untuk persalinan secara normal.

Terlepas dari itu semua, keputusan ada di tangan ibu. Apakah memilih untuk yoga atau senam ibu hamil.

Jika ingin melakukan yoga, ibu bisa mengintip gerakan-gerakan yoga mudah yang bisa ibu praktekkan sendiri di rumah. Kunjungi www.friso.co.id sekarang juga dan ibu bisa mengetahui gerakan yoga ibu hamil itu seperti itu.

Dan di sana juga merupakan tempat konsultasi kehamilan secara online. Jadi, ibu bisa ikut bergabung menjadi anggota dan kemudian ibu bisa bertanya atau berkonsultasi dengan ahli kesehatan kehamilan di sana.

Banyak juga artikel kesehatan yang bisa ibu jadikan referensi yang bisa dipercaya. Hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kehamilan ada di friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*