Yang Perlu Ibu Ketahui Tentang Hipersensitif Saluran Cerna Pada Anak

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Anak ibu sering buang angin keras? Mungkin itu hal yang wajar. Tapi, jangan sampai hal tersebut merupakan gejala si kecil mengalami hipersensitif pada saluran cerna pada anak.

Apa seserius itu? Tidak juga sebenarnya. Karena gejala hipersensitif pada saluran pencernaan anak tidak hanya buang angin keras. Ada beberapa tanda-tanda lainnya.

Yang penting, ibu tahu beberapa tanda hipersensitif pada saluran cerna anak sehingga ibu bisa mengetahui tindakan apakah yang seharusnya ibu lakukan. Atau setidaknya ibu tahu ada hal yang berbeda terjadi pada si kecil.

Tanda-Tanda Hipersensitif Saluran Cerna

Sebenarnya ada banyak sekali gejala yang bisa dilihat. Namun, kebanyakan anak yang mengalami hipersensitif saluran cerna mengalami lima hal berikut ini.

1. Sering Cegukan

Cegukan itu tanda anak lekas besar. Itu yang dikatakan oleh kebanyakan orang tua. Memang tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan cegukan itu tanda anak semakin dewasa. Itu hanya cara untuk menenangkan diri saja bawasannya ketika anak cegukan orang tua perlu terlalu khawatir.

Namun, jika anak sering cegukan, ibu perlu sedikit khawatir. Jangan-jangan si kecil mengalami masalah dengan hipersensitif saluran cerna. Jika si kecil selalu cegukan setiap kali mengkonsumsi makanan, sebaiknya ibu tidak menganggap remeh hal tersebut.

2. Terlalu Sering atau Terlalu Jarang Buang Air Besar

Dua-duanya harus diperhatikan, apakah terlalu sering atau terlalu jarang. Normalnya, BAB itu sekali dalam kurun waktu satu hari. Masih ditolelir jika si kecil BAB sekali dua hari.

Namun, jika BAB hingga 3 kali sehari, ibu perlu memeriksakan ke dokter. Atau mungkin si kecil BAB sekali dalam kurun waktu 3-4 hari dengan bentuk BAB yang keras, bau, dan berwarna hitam, ada kemungkinan si kecil mengalami hipersensitif pada saluran cerna.

3. Mulut Mudah Terkena Jamur

Ada istilah jamur susu. Ini merupakan penyakit di mana terdapat jamur berwarna putih pada bagian mulut si kecil, terutama lidah. Hal ini bisa disebabkan oleh ASI atau susu yang dikonsumsi.

Tidak masalah jika si kecil mengalami hal tersebut. Ibu hanya perlu membersihkan mulutnya dengan kain kasa yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Akan tetapi, jika hal ini sering terjadi dan jamur sulit dihilangkan, ini merupakan salah satu tanda hipersensitif saluran cerna.

4. Sering Ngiler

Ngiler atau ngecas biasanya terjadi saat tumbuh gigi. Namun, bagaimana dengan balita?

Jika balita susah tumbuh beberapa gigi tapi masih sering ngiler atau keluar air liur, ada resiko di mana si kecil mengalami hipersensitif pada saluran cerna.

5. Rewel Tanpa Alasan

Apakah anak ibu sering menolak ketika harus makan? Atau ia sering rewel atau menangis saat makan? Bukan tidak mungkin itu salah satu tanda hipersensitif saluran cerna.

Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Jika beberapa tanda tersebut muncul, tidak ada jalan lain selain ibu periksakan ke dokter anak.

Namun, jika ibu belum yakin, ibu bisa konsultasikan dulu dengan dokter secara online. Kunjungi website www.friso.co.id dan ibu bisa langsung tanya dengan ahlinya.

Di website tersebut, ibu juga akan mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana menjaga kesehatan anak, terutama kesehatan pencernaan anak. Kunjungi saja website Friso dan dapatkan semua manfaatnya. Semua hal tentang tumbuh kembang anak serta kesehatan anak dibahas di sana.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*