Yang Perlu Dilakukan Setiap Hari agar Kesehatan Wanita Hamil Selalu Terjaga

Kesehatan Wanita Hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa selalu terjaga jika tips berikut ini diterapkan setiap hari. Menjaga kesehatan saat hamil tidak boleh hanya dilakukan secara berkala saja seperti seminggu sekali berolahraga atau sebulan sekali konsultasi kehamilan. Akan tetapi, setiap hari, kesehatan seorang wanita hamil harus selalu dijaga.

Untuk itu, ibu perlu mengetahui tips berikut ini, yaitu tips yang harus kamu lakukan setiap hari agar kesehatan wanita hamil tidak mengalami gangguan apapun. Apa saja tips tersebut? Ibu bisa ikuti ulasannya berikut ini.

Sering Makan Tapi Porsi Kecil

Tahukah ibu kenapa seorang ibu hamil sering mengalami mual dan muntah? Itu namanya morning sickness, sebuah keluhan kesehatan yang sangat wajah terjadi pada seorang ibu hamil. Morning sickness ini disebabkan oleh faktor hormon. Pada saat hamil, produksi hormon meningkat sehingga terjadilah mual dan muntah atau morning sickness.

Walaupun disebabkan oleh faktor hormon, bukan berarti morning sickness ini tidak bisa diobati atau setidaknya gejalanya diringankan. Salah satu cara yang paling tepat adalah mengkonsumsi makanan sering namun dengan porsi yang sedikit. Ibu bisa coba praktekkan tips ini setiap hari dan lihat apa yang terjadi. Ibu tidak akan merasa mual dan muntah. Setidaknya jika ibu mual dan muntah, hal tersebut tidak begitu parah.

Morning sickness tidak boleh ibu anggap enteng. Pasalnya, keluhan yang satu ini bisa mempengaruhi kesehatan wanita hamil. Bahkan, ada juga ibu hamil yang mual dan muntahnya begitu parah sehingga ia tidak memiliki tenaga. Akhirnya, dokter menyarankan kepada ibu hamil tersebut untuk bedrest.

Tentu ibu tidak ingin hal tersebut terjadi kepada ibu, bukan? Oleh karena itu, kurangi mual dan muntah dengan cara menerapkan tips yang satu ini, yaitu makan sedikit tapi sering.

Minum Susu

Tentu bukan hal yang baru lagi jika ibu disarankan untuk minum susu. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk selalu menjaga kesehatan wanita hamil. Kandungan nutrisi di dalam susu sangat lengkap sehingga ibu akan selalu sehat, bugar, dan penuh semangat selalu.

Sayangya, tidak semua ibu hamil mau minum susu seperti ibu. Alasannya berbeda-beda. Ada yang karena fakor ekonomi. Ada juga yang tidak mau lantaran sering mual dan muntah seeiap kali minum susu.

Memang susu bisa menyebabkan mual. Akan tetapi, susu bukan satu-satuya faktor penyebab masalah yang satu ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mual atau muntah itu karena faktor hormonal. Jadi, tidak tepat jika sepenuhnya menyalahkan susu yang ibu konsumsi.

Yang perlu ibu lakukan jika mual setiap kali minum susu adalah mengatur takaran susu. Pada saat pertama kali ibu mengkonsumsi susu, sangat mungkin ibu akan merasa mual. Oleh karena itu, kurangi takaran susu agar ibu tidak terlalu merasa mual. Jika sudah terbiasa, ibu bisa membuat susu sesuai dengan takaran.

Yang pasti, mengkonsumsi susu ibu wajib karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Jalan Santai di Pagi Hari

Tidak perlu menunggu weekend untuk melakukan olahraga ringan yang satu ini. Luangkan waktu 5-10 menit setiap pagi. Kalaupun ibu harus pergi ke kantor, sepertinya tidak akan terlambat jika ibu bangun pagi-pagi dan keluar rumah untuk jalan santai di sekitar rumah 5-10 menit.

Olahraga berupa jalan santai ini penting untuk menjaga stamina ibu. Dengan demikian, berarti ibu sudah menjalankan tujuan utama dari kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*