Yang Harus Dilakukan Ketika Kesehatan Wanita Hamil Drop

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa saja drop. Hal tersebut dikarenakan gizi yang ibu harus dapatkan tidak sebanding dengan beban. Harus dipahami seorang ibu hamil itu memiliki dua kali beban dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Selain memastikan supply nutrisi cukup untuk ibu, supply nutrisi untuk janin dalam kandungan juga harus tercukupi.

Dari penjelasan singkat tersebut, jelaslah sudah kenapa kesehatan wanita hamil tiba-tiba drop. Yang pasti, perlu penanganan secara langsung karena kesehatan ibu hamil itu menentukan juga kesehatan janin dalam kandungan. Siapapun pasti tidak ingin kesehatan janin terganggu, bukan?

Hal yang Bisa Dilakukan ketika Kondisi Kesehatan Drop Saat Hamil

Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan ketika ibu merasa kondisi kesehatan kurang bagus.

  • Review Kegiatan

Untuk sementara, ibu santai dulu sejenak lalu flashback sebentar untuk mengetahui apa saja kegiatan yang ibu lakukan selama ini selama kehamilan. Jika ibu termasuk wanita karir, lihat apakah kegiatan ibu selama ini sangat berat sehingga mengganggu kesehatan ibu?

Banyak wanita hamil yang tidak sadar bahwa ada janin yang harus dijaga. Sementara itu mereka merasa tidak perlu mengurangi beban kerja karena merasa kuat. Untuk beberapa hari, ibu tidak akan merasa dampaknya. Mereka bisa bekerja seperti biasa namun pada saatnya nanti mereka akan merasa sangat lemah.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan wanita hamil khususnya mereka yang menjadi wanita karir, usahakan untuk mengurangi beban kerja. Komunikasikan dengan atasan agar tidak mendapatkan beban kerja yang berat selama hamil. Selain itu, mereka juga bisa menerapkan tips dan trik agar tetap bugar selama bekerja walaupun sedang hamil. Dua hal ini sangat penting.

  • Review Apa yang Ibu Sering Makan

Jangan salahkan pekerjaan atau kegiatan yang ibu lakukan setiap hari ketika kondisi kesehatan ibu drop. Khususnya kesehatan wanita hamil tua, mereka akan merasa sangat lemah dan mudah lelah. Berbagai keluhan kesehatan juga muncul seperti bengkak pada kaki sehingga berat sekali jika berjalan.

Untuk keluhan semacam itu, ibu tidak boleh hanya menyalahkan kesibukan setiap hari. Review pula jenis makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Apakah ibu yakin makanan yang ibu setiap hari konsumsi sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan?

Pertanyaan tersebut harus dijawab terlebih dahulu. Pasalnya, banyak ibu yang tidak sadar ternyata selama masa kehamilan, mereka membahayakan kesehatan mereka sendiri dan juga janin dalam kandungan karena mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Sebut saja junk food atau fast food. Jenis makanan ini mudah sekali didapatkan, bukan? Dan bahkan makanan tersebut menjadi makanan favorite masyarakat saat ini. Sudah dipastikan kondisi kesehatan wanita hamil akan drop jika mengkonsumsi jenis makanan tersebut lantaran kandungan nutrisinya yang sangat rendah. Bahkan, kandungan yang membahayakan justru sangat banyak seperti lemak.

Perlukah Konsultasi dengan Dokter Kandungan?

Sebenarnya, saat kondisi kesehatan ibu drop, ibu tidak harus langsung ke dokter untuk konsultasi kehamilan. Lakukan saja tips tersebut di atas dan lihatlah apakah ada perubahan atau tidak. Jika beberapa hari tidak ada perubahan, ibu bisa datang ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan konsultasi. Konsultasi tersebut diperlukan untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi yang membuat turunnya kondisi kesehatan ibu. Terlepas dari itu, konsultasi itu sangat diperlukan dan disarankan untuk dilakukan secara rutin setidaknya satu kali satu bulan untuk memastikan kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*