Yang Bisa Dilakukan Jika Ibu Hamil Alergi Makanan

ibu hamil alergi health.detik.com

Tidak banyak kasus ibu hamil alergi makanan. Namun, masalah seperti ini bukan tidak mungkin ibu alami. Ada beberapa makanan tertentu yang sering membuat seorang ibu hamil mengalami alergi. Sayangnya, makanan tersebut termasuk makanan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan? Apakah alergi ini bisa dihindari? Berutung sekali karena para ahli medis sudah menemukan cara yang tepat.

Makanan Yang Sering Membuat Ibu Hamil Mengalami Alergi

Setidaknya ada jenis makanan yang paling sering membuat seorang ibu hamil mengalami alergi.

Yang pertama adalah makan yang terbuat dari gandum utuh. Sayang sekali jika ibu alergi terhadap gandum utuh. Hal ini disebabkan gandum mengandung nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil, mulai dari zat besi, vitamin B, dan yang terpenting asam folat. Jika ibu alergi terhadap gandum, itu artinya ibu tidak bisa makan gandum. Ibu harus mencari makanan lain yang menjadi sumber dari nutrisi tersebut.

Yang kedua adalah seafood. Sebenarnya tidak hanya ibu hamil saja yang berisiko mengalami alergi karena seafood. Banyak juga orang yang tidak sedang hamil yang mengalami alergi seafood. Biasanya, muncul bintik-bintik merah di kulit. Inilah yang biasanya menjadi ciri-ciri alergi karena seafood.

Yang ketiga adalah kacang-kacangan. Ini merupakan jenis makanan yang sangat sehat untuk ibu hamil. Sayangnya, banyak ibu hamil alergi terhadap makanan yang satu ini. Padahal, kandungan proteinnya yang tinggi sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Jika ibu mengalami alergi terhadap makanan, mungkin ibu bisa ingat-ingat terlebih dahulu apakah ibu mengkonsumsi salah satu dari makanan tersebut di atas. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan makanan lainnya yang menjadi faktor penyebab alergi. Dan bahkan, ada juga faktor lain selain makanan yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Alergi Saat Hamil

Tidak hanya makanan saja lho yang menyebabkan alergi. Ada faktor lain juga yang bisa menyebabkan masalah yang satu ini.

  • Udara

Alergi udara sering menyebabkan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Alergi semacam ini sebenarnya mudah ditangani. Cukup dengan menghindari dari berkeringat terlalu banyak.

  • Debu

Alergi tidak hanya ditunjukkan dengan munculnya bintik-bintik merah saja. Tanda alergi bisa saja berupa sesak nafas. Dan ini bisa disebabkan oleh debu yang menyumbang sistem pernafasan seorang ibu hamil.

  • Cuaca

Pernah lihat seseorang yang sering terkena alergi ketika musim hujan tiba? Orang tersebut bisa saja mengalami alergi terhadap hawa yang dingin.

Penyebab-penyebab alergi tersebut, entah itu disebabkan oleh makanan, udara, debu, dan cuaca disebut dengan allergen. Untuk mengatasi masalah ibu hamil yang alergi makanan, maka dibutuhkan observasi. Ini bertujuan agar ditemukan allergen sehingga alergi saat hamil bisa segera diatasi.

Penanganan Ibu Hamil Yang Mengalami Alergi

Hal pertama dan paling utama yang akan dilakukan oleh dokter kandungan adalah menemukan allergen atau penyebab alergi. Dokter akan memberikan beberapa pertanyaan, terutama seputar makanan yang sering ibu konsumsi. Dengan asumsi bawasannya kandungan yang ada pada makanan tersebut menjadi penyebab alergi.

Langkah yang kedua adalah memberikan multivitamin. Sebenarnya, bukan hanya multivitamin saja yang akan diberikan. Namun, pada intinya sama, yaitu bagaimana agar sistem kekebalan tubuh ibu semakin kuat.

Dalam hal ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mulai dari mengkonsumsi makanan yang bergizi hingga minum susu ibu hamil.

Yang ketiga adalah olahraga. Sebenarnya, saat hamil, ibu tetap disarankan untuk melakukan olahraga. Tentu saja bukan olahraga seperti wanita yang tidak sedang hamil ya. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat hamil, mulai dari senam kehamilan, yoga, renang, atau sekedar jalan sehat di pagi hari.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka diharapkan alergi makanan saat hamil bisa diatasi. Jika ada makanan yang sangat penting untuk menunjang kesehatan namun ibu mengalami alergi terhadap makanan tersebut, maka ibu bisa mencari alternatif lain. Seperti contoh, jika ibu alergi terhadap kacang-kacangan yang kaya akan potassium, maka ibu bisa ganti dengan mengkonsumsi buah pisang yang kandunga potassiumnya juga sama besar seperti yang ada pada kacang-kacangan. Jika ibu alergi terhadap seafood padahal omega 3 nya sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak, maka ibu bisa mengganti seafood dengan sayuran hijau meskipun kandungan omega 3 nya tidak sebanyak yang ada pada ikan laut.

Yang pasti, ada alternatif lain sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil tetap tercukupi. Dapatkan banyak tips lainnya untuk menjaga kesehatan kehamilan dari situs terpercaya www.friso.co.id. Di situs tersebut, ada juga tempat untuk berdiskusi dengan sesama ibu hamil. Selain itu, ibu juga bisa melakukan konsultasi kehamilan secara online dengan dokter kandungan.

Meskipun ibu sekarang ini masih dalam kondisi hamil, tidak ada salahnya jika ibu melakukan berbagai macam persiapan untuk menyambut dan membesarkan sang buah hati nanti. Mulai sekarang, sebaiknya ibu pelajari bagaimana cara merawat bayi dan membesarkannya. Ketahui juga makanan apa saja yang bisa menunjang tumbuh kembang anak nanti. Ibu bisa mulai mencari tahu susu balita terbaik sehingga ibu tidak repot lagi mencari susu ketika anak ibu sudah menginjak usia balita.

Untuk saat ini, memang ibu harus lebih fokus untuk menggali, mempelajari, dan menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil, tak terkecuali untuk mengatasi ibu hamil alergi makanan. Akan tetapi, tidak salah jika ibu mulai menimba ilmu tentang bagaimana membesarkan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*