Yakin yang Ibu Konsumsi Termasuk Makanan untuk Ibu Hamil yang Dianjurkan Dokter?

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan untuk ibu hamil itu sangat banyak. Info tentang makanan sehat untuk ibu hamil bisa ibu cari di berbagai forum ibu hamil di mana ibu-ibu hamil di sana sharing tentang makanan yang boleh dikonsumsi pada saat hamil.

Akan tetapi, ada makanan yang kelihatannya sehat tapi ternyata termasuk makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Itulah mengapa ada pertanyaan apakah ibu yakin makanan yang selama ini ibu konsumsi sehat dan baik untuk kehamilan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ibu harus mengetahui makanan ibu hamil yang wajib dihindari berikut ini:

Telur Mentah

Banyak sekali orang yang suka menyajikan telur mentah atau setidaknya setengah matang. Katanya, telur yang setengah matang itu mengandung protein yang lebih tinggi. Selain itu, kandungan nutrisinya masih utuh karena tidak dimasak matang. Sama halnya dengan sayuran. Ketika sayuran dimasak matang atau bahkan terlalu matang, maka kandungan nutrisinya akan hilang.

Akan tetapi, ibu harus tahu bahwa telur mentah atau setengah matang ini bisa membuat ibu terkena penyakit tipes. Hal ini dikarenakan adanya bakteri salmonella pada telur tersebut. Itulah mengapa telur setengah matang tidak dimasukkan ke dalam jenis makanan untuk ibu hamil yang diperbolehkan.

Ikan Asap

Sebenarnya, segala jenis makanan yang dimasak namun tidak benar-benar matang itu sebaiknya dihindari oleh ibu-ibu hamil. Pasalnya, dikhawatirkan makanan tersebut masih mengandung bakteri. Seperti halnya ikan asap. Makanan ini memang sangat nikmati. Ikan yang dimasak dengan cara digarang atau diasap begitu menggugah nafsu makan. Sayangnya, proses memasak seperti ini tidak membuat ikan benar-benar matang sehingga tidak bisa dijadikan sebagai makanan ibu hamil.

Apa potensi bahaya mengkonsumsi ikan asap? Menurut ahli gizi, ikan asap bisa terkontaminasi Listeria. Listeria ini bisa masuk ke tubuh ibu dan melewati plasenta sehingga listeria ini bisa menginfeksi janin. Janin mungkin akan mengalami infeksi, keracunan darah, dan bahkan kematian atau keguguran.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut menimpa janin yang ada di dalam kandungan, bukan? Untuk itu, hindari segala jenis makanan yang dimasak dengan proses pengasapan seperti ikan asap ini.

Ikan yang Mengandung Merkuri

Mulai sekarang, ibu harus berhati-hati memilih ikan. Memang seafood itu baik sekali bagi perkembangan janin dalam kandungan. Hanya saja, sekarang banyak sekali ditemukan ikan yang mengandung merkuri. Merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya, bisa membuat perkembangan janin melambat dan bahkan bisa merusak otak janin.

Kebanyakan, ikan yang mengandung merkuri ini merupakan ikan yang hidup lama di laut seperti ikan hiu, ikan marckerel, dan tilefish. Untuk itu, jangan masukkan jenis seafood tersebut ke dalam makanan untuk ibu hamil. Selain itu, hindari juga makan ikan yang biasanya digunakan untuk sushi. Meskipun ibu sudah masak benar-benar matang, sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis ikan tersebut karena tinggi sekali kandungan merkuri pada ikan tersebut.

Apakah ada jenis makanan yang selama ini ibu konsumsi ternyata tidak baik untuk perkembangan janin? Yang harus dipahami tidak semua makanan sehat itu baik untuk ibu hamil. Ibu harus memperkaya wawasan kesehatan kehamilan agar bisa memastikan makanan yang ibu konsumsi baik untuk perkembangan janin. Jika diperlukan, ibu bisa ikuti diskusi forum ibu hamil online yang dikelola oleh pakar kesehatan kehamilan untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan terutama tentang makanan untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*