Yakin Masih Ingin Mengajak Balita Berlibur Di Pantai

Ibu dan balita ibudanbalita.com
Ibu dan balita

ibudanbalita.com

Menyenangkan sekali jika bisa melihat si kecil berlarian bebas di pantai. Akan tetapi, apakah ibu tahu ada hal buruk yang bisa terjadi ketika balita ibu bermain di pantai?

Mungkin ibu bisa membaca laporan yang ditulis oleh Tomoyuki Shibata di www.ibudanbalita.com. Beliau adalah seorang asisten professor di Universitas Northern Illinois.

Ada beberapa poin yang beliau sampaikan jika balita bermain di pantai.

  1. Paparan Mikroorganisme

Dari laporan tersebut, Tomoyuki menyebutkan bawasannya balita bisa terpapar mikroorganisme yang bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan balita. Biasanya, anak akan mengalami masalah seperti diare dan juga susah buang air besar  jika terpapar mikroorganisme ini.

  1. Mengalami Infeksi

Selain itu, bisa juga balita mengalami infeksi karena mikroorganisme

  1. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Immune system atau sistem kekebalan tubuh bisa menurun mengingat banyaknya bakteri atau kuman yang ada di pasir pantai.

Meskipun demikian, sebenarnya tidak masalah jika ibu tetap mau mengajak si kecil berlibur di pantai. Hanya saja, ibu harus tahu apa saja yang perlu ibu lakukan untuk mencegah apa yang sudah disampaikan oleh Tomoyuki Shibata.

Jadi, penjelasan Tomoyuki bisa ibu jadikan warning jangan sampai si kecil mengalami hal buruk seperti yang telah dijelaskan di atas.

Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan jika ingin mengajak balita berlibur di pantai?

  • Memberikan Cairan yang Lebih Banyak

Cairan seperti ait putih atau jus buah tidak hanya menghindarkan si keci dari mengalami dehidrasi mengingat cuaca di pantai pasti begitu panas. Selain itu, cairan tersebut juga diperlukan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal dan kekebalan tubuh terjaga.

Ibu bisa siapkan air putih atau membuat jus buah yang disukai oleh si kecil. Mungkin ibu perlu membawa stock lebih banyak karena kondisi di pantai yang sangat panas membuat balita bisa mengkonsumsi cairan tersebut dalam jumlah melebihi dari kebiasaan.

  • Mengoleskan Sunscreen

Agar kulit si kecil tidak terbakar ketika bermain di bawah terik sinar matahari, ibu perlu mengoleskan sunscreen. Dalam hal ini, ibu bisa pilihkan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi mengingat kondisi di pantai sangat panas.

  • Pilih Pantai yang Bersih

Meskipun belum pasti, pantai yang banyak dikunjungi wisatawan biasanya sangat kotor. Dan pantai yang kotor sangat beresiko bagi kesehatan si kecil.

Akan lebih baik jika ibu mengajak si kecil bermain di pantai yang pasirnya bersih dan airnya jernih. Tidak masalah jika ibu harus mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak agar bisa berlibur di pantai bersih dan bahkan pantai yang sedikti lebih privat.

Terlepas dari itu semua, mengajak si kecil bermain di pantai banyak sekali manfaatnya. Selain mengenalkan alam kepada anak, ia juga bisa bermain di alam yang bebas. Selain itu, jika ibu mengajak si kecil di pantai pada waktu pagi hari, maka ia akan mendapatkan vitamin D yang baik untuk perkembangannya.

Liburan di alam terbuka memang menjadi pilihan yang sangat baik. Akan tetapi, jika ada kemungkinan resiko buruk terjadi, maka ibu harus waspada dan pastikan hal tersebut tidak terjadi.

Ini seperti halnya mengajak anak berlibur di pantai. Banyak manfaatnya tapi ada juga resikonya. Hindari resiko buruk yang mungkin terjadi dan pastikan balita mendapatkan manfaat dari berlibur di pantai.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*