Yakin Ibu Mau Ikut Yoga Saat Hamil?

Friso

www.friso.co.id

Seharusnya pertanyaan yang harus ibu tanyakan adalah apakah yoga boleh dilakukan oleh seorang ibu hamil? Jawabannya tergantung pada kondisi kesehatan ibu. Seorang ibu hamil muda memang tidak disarankan untuk mengikuti kelas yoga ibu hamil. Kondisi rahim yang belum begitu kuat akan membahayakan janin yang ada di dalamnya. Belum lagi janin yang masih rentan sehingga gerakan sedikit bisa berakibat fatal.

Saat kehamilan sudah mencapai usia 3 bulan, ibu baru boleh mengikuti yoga. Bahkan, sangat disarankan mengikuti program yoga. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa ibu rasakan dan ada gerakan ringan yoga yang bisa ibu praktekkan sendiri di rumah untuk meringankan keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil lho.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang gerakan yoga yang bisa meringankan keluhan kesehatan, ibu bisa pelajari di www.friso.co.id.

Meskipun demikian, bukan berarti ketika kehamilan sudah mencapai 3 bulan ke atas ibu boleh mengikuti kelas yoga ibu hamil ya, ada beberapa ibu hamil yang tidak diperbolehkan mengikuti yoga. Ibu sebaiknya konsultasi kesehatan dulu dengan dokter kandungan untuk memastikan apakah kondisi kesehatan ibu memungkinan untuk melakukan yoga atau tidak.

Gerakan Yoga yang Baik untuk Ibu Hamil

Posisi yoga yang paling baik untuk ibu hamil adalah posisi duduk kupu-kupu. Sebelumnya, ibu harus tahu bawasannya yoga itu diperlukan untuk menguatkan otot, terutama otot bagian tertentu yang bisa mempermudah proses persalinan nanti dan posisi duduk kupu-kupu ini dapat memperkuat otot bagian panggul. Tidak perlu instruktur bukan untuk melakukan gerakan ini?

Gerakan lainnya yang tak kalah penting untuk ibu lakukan adalah gerakan berdiri seperti pohon dengan kedua tangan bertepuk di atas kepala. Sementara itu, salah satu kaki ditekuk berada di paha kaki yang lain. Gerakan ini bisa dilakukan setiap pagi sebelum ibu beraktivitas. Bisa dikatakan gerakan ini bisa digunakan sebagai pemanasan sebelum melakukan aktivitas setiap hari.

Dua gerakan sederhana tersebut bisa ibu lakukan sendiri di rumah. Namun, untuk gerakan yang lebih complicated seharusnya diawasi oleh instruktur yoga professional.

Yang pasti, tidak salah jika ibu memilih yoga sebagai aktivitas selama masa kehamilan.

Manfaat yang Langsung dan Tidak Langsung Ibu Dapatkan

Tentu saja ada banyak manfaat dari melakukan yoga. Manfaat langsung yang ibu rasakan adalah rileks, karena gerakan yoga membuat organ tubuh bisa bekerja lebih maksimal sehingga otak tidak stress dan ibu bisa rileks. Tidak itu saja, yoga juga bisa membuat tubuh bugar. Dengan demikian, ibu tidak merasa malas atau loyo untuk melakukan aktivitas setiap hari. Mungkin itu manfaat yang langsung bisa ibu dapatkan. Namun, yang paling penting adalah manfaat tidak langsungnya, yaitu memperlancar proses persalinan.

Sudah banyak sekali orang yang mengkampanyekan agar ibu hamil melakukan persalinan normal. Bahkan, ada teknik persalinan normal yang terus dikembangkan agar meminimalisir seorang ibu melahirkan melalui operasi caesar dan salah satu cara agar membuat tubuh ibu siap untuk melakukan persalinan normal adalah dengan rajin melakukan yoga.

Ibu bisa ikut kelas yoga ibu hamil yang biasanya diselenggarakan di klinik ibu hamil di sekitar rumah.

Atau, untuk gerakan sederhana saja, ibu bisa lakukan sendirian di rumah tanpa harus ada instruktur. Ibu bisa pelajari gerakan yoga sederhana yang bisa ibu praktekkan setiap hari di rumah di website Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*