Waspadai Penyebab Obesitas Pada Balita

Friso

https://www.friso.co.id/

Apakah balita bisa mengalami obesitas? Tentu saja bisa. Walaupun ibu tidak memberikan makanan yang berlemak tinggi, balita ibu bisa mengalami obesitas. Ibu harus mencari tahu lebih banyak informasi tentang apa yang membuat balita mengalami obesitas. Dengan harapan ibu bisa menghindarkan si kecil mengalami masalah tersebut.

Apakah susu menjadi faktor penyebabnya? Bisa juga. Tapi, bukan hanya makanan atau minuman berupa susu menjadi faktor yang paling sering mengakibatkan obesitas.

Asalkan ibu memberikan makanan yang kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang serta susu yang ibu berikan merupakan susu balita terbaik, sebenarnya balita ibu tidak akan mengalami obesitas. Namun, makanan dan minuman berupa susu saja tidak cukup.

Penyebab Obesitas Pada Anak

Selain memperhatikan menu makanan dan minuman si kecil, ibu juga harus perhatikan kegiatan yang ia lakukan setiap hari. Seberapa aktif si kecil bermain setiap hari? Jika ia hanya diam saja di rumah dan minim beraktivitas fisik, maka bukan tidak mungkin balita ibu beresiko mengalami obesitas.

Banyak nutrisi yang didapatkan dari makanan dan minuman namun nutrisi tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas maka yang akan terjadi adalah penumpukan lemak di dalam tubuh kemudian ia akan mengalami obesitas. Itulah mengapa ibu sebaiknya menyiapkan permainan edukatif yang bisa menstimulus si kecil agar terus bergerak. Diharapkan ketika ia aktif maka staminanya terjaga dan tentunya ia terhindar dari resiko mengalami obesitas.

Ada beberapa permainan edukatif sederhana untuk belajar eksplorasi anak di website Friso, www.friso.com.

Selain itu, ada juga faktor penyebab obesitas pada balita lainnya, yaitu kualitas tidur. Ibu tahu berapa jam balita harus tidur? Menurut ilmu kesehatan, balita itu setidaknya tidur 11-12 jam sehari. Di siang hari, ia bisa tidur dua jam sementara di malam hari, balita sebaiknya tidur sekitar 9-10 jam.

Tidur sangat mempengaruhi kecerdasan otak si kecil. Lebih dari itu, tidur yang cukup juga akan menghindarkan balita mengalami obesitas. Hal ini disebabkan tidur akan mencegah si kecil mengalami kelelahan di mana kelelahan itulah yang memicu si kecil lebih banyak makan.

Jadi, coba ibu ingat-ingat kembali berapa lama balita ibu tidur setiap hari?

Sayangnya, ada faktor lain yang sepertinya sulit untuk dihindari, yaitu faktor genetika. Jika ibu atau suami ibu mengalami obesitas, hal tersebut bisa menurun pada si kecil.

Hanya saja, tetap ada cara untuk menghindarkan si kecil dari masalah tersebut. Faktor resikonya memang sangat tinggi tapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Yang pasti, ibu harus ekstra perhatian dengan menerapkan menu makanan yang sehat, beraktivitas setiap hari, dan lain sebagainya agar ia benar-benar terhindar dari obesitas.

Game dan Obesitas

Ada game yang bisa memicu obesitas. Game tersebut adalah game yang berhubungan dengan gadget atau smartphone. Memang ada banyak game yang mencerdaskan. Hanya saja, game yang ada di smartphone tidak membuat balita ibu bergerak. Dengan demikian, ia beresiko mengalami obesitas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minim bergerak ternyata menjadi salah satu faktor penyebab utama obesitas pada balita.

Tentu ibu tidak ingin hal ini terjadi pada balita ibu, bukan? Oleh sebab itu, ibu perlu meminimalisir waktu bermain smartphone pada balita. Alihkan dengan permainan edukatif lainnya yang memicu si kecil untuk bergerak. Ada banyak sekali permainan tradisional yang jauh lebih baik untuk perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*