Waspada, Makanan untuk Ibu Hamil Yang Sehat Belum Tentu Baik Untuk Dikonsumsi

ibudanbalita

Entah ini kabar buruk atau kabar baik. Tapi setidaknya ibu hamil harus mewaspadai hal-hal sekecil apapun yang bisa membahayakan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Tak terkecuali masalah makanan yang ibu konsumsi. Karena ternyata tidak semua makanan untuk ibu hamil yang katanya sehat itu baik untuk dikonsumsi. Tentu bukan tanpa alasan. Ada hal-hal yang harus ibu ketahui mengapa makanan sehat untuk ibu hamil tersebut tidak layak untuk ibu konsumsi.

Berikut ini beberapa makanan yang katanya sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil namun ibu harus pikir ulang jika ingin mengkonsumsi makanan tersebut.

Gandum

Paling mudah jika ibu sarapan dengan roti gandum. Apalagi jika ibu adalah seorang wanita karir yang tidak banyak waktu luang untuk menyiapkan sarapan di pagi hari. Sarapan dengan roti yang terbuat dari gandum tentu pilihan yang tepat. Pasalnya, gandum akan memberikan energi seperti halnya nasi.

Dokter kandungan pun menyarankan agar seorang ibu hamil mengkonsumsi gandum. Hal ini disebabkan kandungan zat besinya yang sangat tinggi serta asam folat yang akan mendukung perkembangan janin di dalam kandungan.

Akan tetapi, coba ibu pikirkan kembali karena ada laporan di mana banyak ibu hamil yang alergi terhadap gandum. Menurut penelitian, beberapa ibu hamil yang alergi terhadap gandum ini disebabkan adanya kandungan berupa gluten pada gandum. Gluten inilah yang membuat roti gandum menjadi mengembang.

Seafood

Sayang sekali jika ibu tidak suka seafood. Karena seafood merupakan sumber protein dan juga omega 3 yang sangat tinggi khususnya ikal salmon.

Mungkin ibu perlu mencoba untuk mulai menyukai berbagai jenis seafood agar kebutuhan omega 3 terpenuhi dan perkembangan otak bayi di dalam kandungan maksimal.

Jika tidak suka, maka hal tersebut bisa saja berubah. Yang menjadi masalah jika tubuh ibu tidak mampu mencerna kandungan yang ada pada seafood. Faktanya, tidak sedikit orang yang alargi terhadap seafood. Umumnya, alergi tersebut ditunjukkan dengan keluarnya bintik-bintik merah pada kulit serta rasa gatal.

Meskipun seafood merupakan makanan sehat ibu hamil, ibu harus pastikan dulu ibu tidak alergi terhadap makanan yang satu ini.

Kacang-Kacangan

Banyak sekali ahli gizi ibu hamil menyarankan agar seorang ibu hamil mengkonsumsi kacang-kacangan. Banyak juga olahan yang terbuat dari kacang menjadi cemilan. Dan ini termasuk cemilan yang sehat untuk ibu hamil.

Alasan mengapa kacang itu bagus untuk ibu hamil sangat bisa dipahami. Kandungan protein nabati yang sangat tinggi di dalam kacang membuat makanan ini termasuk makanan yang sehat untuk ibu hamil. Protein akan memastikan janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan memiliki berat badan yang ideal.

Sayangnya, ada potensi terkena alergi jika ibu mengkonsumsi kacang-kacangan. Tidak diketahui secara pasti kenapa hal ini bisa terjadi. Namun, jik ada tanda-tanda buruk muncul setelah ibu mengkonsumsi kacang, maka sebaiknya hentikan.

Mungkin masih banyak lagi makanan untuk ibu hamil lainnya yang sehat tapi kurang bagus untuk ibu konsumsi. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya ibu tanyakan kepada dokter ketika ibu sedang melakukan konsultasi kehamilan. Sesuai dengan diagnosa, dokter akan memberikan penjelasan tentang makanan yang baik dan tidak baik untuk ibu konsumsi karena dokter sudah tahu bagaimana kondisi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*