Waktu Terbaik Untuk Senam Kehamilan

Senam Kehamilan

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan senam hamil. Selain tubuh terasa segar dan bugar, seorang ibu hamil juga akan semakin siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Ibu harus tahu banyak sekali ibu hamil yang akhirnya berbaring di ruang operasi. Bayi harus lahir melalui operasi caesar. Umumnya, hal ini disebabkan seorang ibu hamil tidak memiliki cukup tenaga untuk melakukan persalinan secara normal. Dokter tidak mau mengambil resiko dan akhirnya melakukan operasi caesar.

Untuk itu, selain menjaga kesehatan, penting sekali bagi seorang ibu hamil untuk menjaga kebugaran. Apalagi jika ibu ingin sekali melakukan persalinan secara normal. Mungkin menjaga kebugaran menjadi syarat yang harus dipenuhi jika tujuan tersebut ingin dicapai. Dan salah satu cara untuk menjaga kebugaran adalan dengan melakukan senam ibu hamil.

Kapan Sebaiknya Melakukan Senam Hamil

Ada aturan bagaimana cara menerapkan senam kehamilan. Akan lebih baik jika ibu ikut dalam program senam bersama dengan ibu hamil lainnya. Biasanya, senam ini diselenggarakan oleh klinik atau rumah sakit bersalin di mana ada instruktur yang diundang untuk mendampingi para ibu hamil yang ingin melakukan senam. Dengan didampingi oleh instruktur profesional, diharapkan tidak ada gerakan yang salah yang bisa mengakibatkan hal buruk terjadi pada ibu dan juga bayi yang ada di dalam kandungan.

Mengenai waktu kapan senam untuk ibu hamil ini dilakukan, yang pasti ketika masa kehamilan muda belum diperbolehkan untuk melakukan senam. Hal ini disebabkan oleh rahim yang belum kuat dan janin juga masih rentan mengalami keguguran jika ada gerakan-gerakan.

Jadi, senam ini sebaiknya dilakukan ketika masa kehamilan sudah memasuki usia trimester kedua. Rahim sudah kuat dan janin sudah bisa diajak bergerak. Bahkan, ketika usia kehamilan trimester kedua, ibu sudah diperbolehkan untuk bepergian ke luar kota untuk berlibur atau yang sering disebut dengan babymoon.

Ketika melakukan senam kehamilan, tentunya ibu hamil ingin merasa leluasa bergerak dan tidak bergerak. Ibu hamil perlu mengenakan beberapa pakaian yang tepat seperti celana senam yang memiliki karet di bagian depan yang disebut maternity capris. Jenis-jenis pakaian senam lainnya bisa ibu hamil lihat penjelasannya di kostum wajib wanita hamil.

Waktu Yang Paling Krusial Untuk Senam Kehamilan

Secara umum, tujuan senam ibu hamil adalah untuk menjaga stamina dan membuat persalinan lancar. Jadi, senam ini sebaiknya dilakukan terus menerus.

Sekalipun senam kehamilan sudah dapat dilakukan semenjak trimester pertama atau trimester kedua, yang paling disarankan adalah ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga atau bahkan persalinan sudah tinggal menghitung hari. Ibu pasti ingat bagaimana orang tua dulu menyarankan ibu untuk jalan-jalan atau mengepel dengan cara jongkok ketika masa persalinan sudah hampir tiba, bukan? Tujuannya tidak lain agar kondisi kebugaran terus terjaga dan akhirnya proses persalinan secara normal bisa dilakukan dengan lancar.

Sebenarnya senam ibu hamil ini bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa harus didampingi oleh instruktur. Hanya saja, jika ibu belum pernah mengerti gerakan apa saja yang dilakukan, sebaiknya ibu belajar dulu dari instruktur. Ibu bisa ikut program kelas senam kehamilan.

Namun, ketika ibu sudah mengerti, ibu bisa melakukan senam sendiri di rumah. Bahkan, senam ini sebaiknya dilakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. Menurut penelitian, gerakan tertentu dalam senam untuk ibu hamil ini bisa membuat seorang ibu hamil bisa bugar dan terus beraktivitas sepanjang hari walaupun sedang mengandung.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui tentang senam kehamilan. Setiap hal ada aturannya, tak terkecuali senam ini. Agar ibu lebih tahu tentang senam hamil, ibu bisa konsultasi dengan pakar kesehatan ibu hamil dengan mengujungi situs www.ibudanbalita.com

Image Source: http://spotlight.vitals.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*