Wajar Jika Gigi Balita Keropos, Tapi Jangan Anggap Remeh Ya Bu

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com

 

Balita usia 3-4 tahun sering sekali mengalami hal ini. Gigi keropos. Ya, ini hal yang wajar. Pasalnya, kebanyakan balita akan mengalami hal ini.

Namun, apakah ibu akan diam saja dan tidak ada langkah pencegahan?

Jika ibu tahu apa yang mungkin menjadi penyebab gigi keropos pada balita, ibu pasti kaget dan ibu tidak akan menganggap enteng hal ini.

Penyebab Gigi Keropos yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Gigi keropos itu hal yang alami. Itu pendapat sebagian orang. Pasalnya, setelah gigi keropos, maka akan tumbuh gigi yang lebih baik dan lebih kuat.

Namun, coba lihat apa yang menjadi faktor penyebab gigi keropos pada balita.

1. Makanan Mengandung Gula

Ibu perhatikan apakah si kecil suka makan makanan yang manis? Jika ya, bukan hanya gigi keropos saja yang ibu harus khawatirkan.

Balita yang mengalami obesitas sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi. Hal ini disebabkan banyaknya jajanan anak yang mengandung gula berlebihan.

Apalagi jika ibu selama ini membiarkan balita jajan sembarangan. Tentu bukan tidak mungkin gigi anak akan mudah sekali keropos. Dan lebih parah lagi, ia bisa mengalami masalah kesehatan lainnya seperti obesitas.

2. Susu

Kok bisa?

Tentu saja bisa. Ada lho susu yang bisa menyebabkan gigi keropos. Itu adalah susu yang kandungan gulanya berlebihan.

Banyak ibu yang menyadari hal tersebut dan mereka akhirnya memilih susu Frisian Flag. Hal ini disebabkan di dalam susu tersebut, terdapat kandungan gula yang tidak berbahaya bagi kesehatan balita, terutama kesehatan gigi.

Namun, tidak itu saja yang harus ibu perhatikan. Ibu juga harus memastikan balita tidak minum susu saat ia akan tidur. Apalagi jika botol susu masih ada di dalam mulut ketika ia tertidur. Hal tersebut juga lah yang ternyata menjadi penyebab gigi keropos lho.

Sebaiknya ibu memberikan susu selang beberapa menit sebelum si kecil tidur.

3. Kurang Mengkonsumsi Buah

Tahukah ibu buah itu bisa mencegah gigi keropos?

Hal ini berdasarkan penelitian bawasannya buah itu mengandung kandungan yang bisa membasmi kuman di dalam mulut. Dalam hal ini, ibu harus memahami bawasannya bakteri juga menjadi salah satu penyebab gigi keropos. Jadi tidak hanya gula saja penyebab gigi keropos.

Oleh sebab itu, ibu harus rajin memberikan buah kepada si kecil. Selain untuk mencegah gigi keropos, bukankah buah juga bagus untuk kesehatan balita?

Jika Gigi Balita Keropos

Sebenarnya sangat diharapkan gigi balita sehat selalu dan tidak keropos. Ibu bisa dapatkan informasi mengenai cara yang tepat mencegah gigi keropos di www.ibudanbalita.com. Di sana ibu juga bisa konsultasi dengan dokter anak secara online.

Akan tetapi, bagaimana jika gigi sudah keropos? Tindakan apa yang seharusnya ibu lakukan?

  • Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Manis

Bukan tidak boleh tapi ibu hanya perlu mengurangi memberikan makanan yang manis.

  • Ajak Si Kecil Untuk Membersihkan Gigi

Memang tidak mudah membiasakan balita menggosok gigi setiap hari. Akan tetapi, setidaknya ibu bisa mengajak melakukan kebiasaan baik ini satu kali sehari, yaitu sebelum tidur di malam hari.

  • Konsultasi dengan Dokter Gigi

Jika balita sudah mulai merasakan kesakitan pada bagian gigi, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter gigi agar segera mendapatan tindakan medis yang tepat.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu lebih tenang jika balita ibu mengalami masalah gigi keropos.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*