Tips Praktis Memilih Perlengkapan Bayi

perlengkapan bayi www.johnsonsbaby.co.id

Perlengkapan bayi merupakan salah satu hal yang perlu Anda siapkan ketika akan melahirkan. Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kehadiran sang jabang bayi, apalagi jika ini anak pertama. Agar lebih siap dalam menyambut anak pertama, perlu dipersiapkan perlengkapan yang nantinya akan digunakan oleh bayi Anda. Simak ulasannya berikut ini ya.

Baju Bayi

Baju bayi adalah perlengkapan pertama yang harus disiapkan ketika menjelang melahirkan. Anda dapat membelinya dengan jumlah sekitar 1 lusin baju lengan panjang dan 1 lusin baju lengan pendek. Sekarang banyak sekali pilihan baju bayi yang menggoda untuk dibeli karena motifnya yang lucu dan pilihan merk yang banyak. Namun, perlu diingat jangan berlebihan ketika membeli baju bayi karena ukuran tubuh bayi akan cepat membesar seiring bertambahnya usia sehingga dikhawatirkan hanya bisa dipakai beberapa bulan saja.

Popok dan Tempat Ganti Popok

Popok adalah perlengkapan bayi yang nantinya akan rutin dibeli ketika anak Anda lahir. Sebelum melahirkan, ada baiknya Anda mempersiapkan minimal 12 popok kain dan 4 lusin popok sekali pakai. Popok sekali pakai ini dipilih ibu-ibu karena praktis ketika dibawa kemana-mana. Namun, Anda harus tetap memperhatikan kondisi kulit anak Anda karena kulitnya rentan terkena dermatitis popok. Sebagai orang tua juga harus mempersiapkan meja bayi untuk megganti popok atau memakaikan baju agar ibu tidak capek.

Perlengkapan Menyusui

Semakin hari perkembangan alat menyusui semakin canggih. Untuk menyusui, si ibu tidak sulit untuk mencari ruang menyusui di tempat umum. Dan baju bagi ibu menyusui pn saat ini sudah tersedia dengan bukaan di kedua sisi payudaranya. Serta jangan lupa untuk gunakan penahan ASI (breast pad) saat tidak menyusui atau bepergian untuk mencegah ASI keluar membasahi baju si ibu. Pompa ASI dan kantung penyimpan ASI  juga penting untuk dibawa agar si ibu tetap bisa memompa ASI pada saat bekerja.

Perlengkapan Mandi

Dalam memilih perlengkapan mandi, orang tua harus jeli agar bayi pun tetap aman. Pilih bak mandi dengan alas penahan bayi agar si bayi tidak terjatuh atau tergelincir. Siapkan juga perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, washlap, dan handuk. Namun, ada yang perlu diperhatikan yaitu kulit bayi masih sangat sensitif sehingga harus memilih produk mandi yang benar-benar aman. Jika di kulitnya terlihat tanda iritasi atau alergi, sebaiknya hentikan penggunaan produk mandi tersebut dan segeralah ke dokter.

 Kamar dan Tempat Tidur Bayi

Biasanya orang tua sudah menyiapkan kamar tidur sebelum si kecil lahir. Untuk lebih aman dan nyaman,  Anda boleh meletakkan tempat tidur bayi yang sekamar dengan Anda. Tempat tidur dan perlengkapannya bisa diletakkan di sudut kamar. Cara ini sangat berguna agar Anda bisa terus mengontrol si kecil.

Car Seat

Car Seat ini merupakan salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting dibawa ketika Anda mengajak si kecil untuk bepergian menggunakan mobil. Jadi, ketika si ibu merasa pegal untuk memangku, si kecil bisa Anda letakkan di car seat. Untuk menghemat budget, Anda bisa membeli car seat yang dapat digunakan hingga umur 2 tahun bahkan lebih.

Stroller

Perlengkapan bayi yang terakhir adalah stroller atau kereta bayi. Memang harus teliti dan cermat ketika ingin membelinya. Pilih stroller yang memiliki fungsi menunjang dari segala aspek sehingga si kecil merasa nyaman ketika tidur. Dan pilih warna serta motif sesuai selera Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*