Tips Persiapan Melahirkan Yang Sering Diabaikan

menjaga kehamilan anak kedua www.friso.co.id

Setiap ibu hamil yang sedang menunggu masa persalinan sangat membutuhkan tips persiapan melahirkan. Mungkin ibu sudah menerapkan beberapa tips mulai dari mempersiapkan perlengkapan bayi, melakukan senam ibu hamil untuk menjaga stamina, dan lain sebagainya.

Yang pasti, semakin ibu siap, maka ibu bisa menjalani masa persalinan dengan tenang dan lancar. Namun, apakah ibu sudah mempersipakan dua hal berikut ini?

Posisi Janin

Setiap ibu pasti ingin sekali melahirkan secara normal. Hanya saja, apa daya jika ternyata posisi janin melintang. Salah satu syarat agar bayi bisa lahir secara normal adalah posisi bayi harus mapan. Lalu, apakah ibu sudah yakin bayi yang ibu kandungan posisinya sudah mapan?

Ada beberapa tips untuk mempersiapkan kelahiran yang bisa ibu lakukan agar posisi janin mapan. Ibu bisa lebih sering menungging. Ternyata, hal ini bisa membuat posisi janin mapan lho. Jadi, tidak salah jika orang tua terdahulu menyuruh seorang ibu hamil tua untuk rajin mengepel lantai. Hanya saja, mengepelnya tidak boleh menggunakan tongkat pel, melainkan jongkok. Dengan posisi mengepel ini, posisi janin akan semakin mapan dan kemungkinan besar ibu bisa melahirkan sang buah hati secara normal.

Cara yang lainnya lagi adalah dengan pijatan. Hanya saja, pijatan ini harus dilakukan oleh orang yang profesional. Ada gerakan dalam pijatan yang bisa membuat posisi janin bisa mapan. Yang pasti, jangan asal pilih tukang pijit ya. Akan lebih baik jika ibu menghubungi therapist ibu hamil yang tahu betul teknik pijatan yang bisa membuat posisi bayi di dalam rahim mapan.

Memilih Tempat Melahirkan

Sekarang sudah tidak diperbolehkan untuk melahirkan di rumah. Ibu harus dibantu oleh bidan atau dokter. Lalu, ibu akan memilih yang mana? Melahirkan dengan bantuan bidan yang biasanya dilakukan di puskesmas atau dengan dokter di klinik bersalin atau rumah sakit?

Sebenarnya jika ibu sudah menerapkan semua tips mempersiapkan kelahiran dan ibu yakin bisa melahirkan secara normal karena tidak ada keluhan kesehatan yang berbahaya, ibu bisa memilih untuk melahirkan dengan bantuan bidan saja. Apalagi bidan bisa membantu melahirkan kapan saja. Bahkan ada tempat dan alat yang sudah lengkap untuk membantu persalinan.

Akan tetapi, jika ada potensi masalah kesehatan ketika proses persalinan, sebaiknya ibu memilih untuk melahirkan di rumah sakit dengan bantuan dokter. Terkadang, janin tidak kunjung keluar padahal tenaga sang ibu sudah habis. Agar tidak membahayakan keduanya, maka biasanya akan dilakukan tindakan seperti pacu atau operasi caesar. Dan operasi ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki ijin, alat, dan juga dokter.

Jika ibu belum melakukan persaiapan tersebut di atas, sebaiknya ibu segera diskusikan dengan suam. Yang pasti, kesehatan ibu harus dijaga. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu bisa lengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan minum susu Frisomum Gold, susu ibu hamil terbaik yang mengandung semua kebutuhan nutrisi kehamilan.

Selain itu, pastikan juga ibu menjaga kebugaran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti jalan santai setiap pagi. Akan lebih efektif jika ibu mengikuti yoga ibu hamil atau senam ibu hamil. Gerakan-gerakan yang ibu lakukan tidak hanya akan membuat kesehatan ibu terjaga, tapi juga membuat organ tubuh tertentu termasuk panggul semakin siap untuk persalinan normal. Seharusnya ini tips persiapan melahirkan yang paling ibu perhatikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*