Tips Perkembangan Bayi Usia 2 bulan Orang Tua Harus Tahu

pakmums

ceritawanitamodern.com – Usia 1 bulan berhasil dilalui, layaknya melalui lomba lari, kini saatnya mengambil nafas panjang sebelum berlanjut ke ronde berikutnya. Perkembangan usia bayi 2 bulan sudah menunggu anda di depan mata, ini bukan pilihan, mau tidak mau anda menghadapi perkembangan bayi usia 2 bulan tanpa pengalaman atau ada sekalipun.

Bayi anda akan tetap tumbuh meski anda tidak siap sekalipun. Mengasuh bayi seharusnya tidak sembarangan mengingat apapun yang anda lakukan pada malaikat kecil anda akan berdampak panjang maupun pendek. Untung saja manusia telah menciptakan banyak hal, teknologi sebagai contoh. Tidak ada lagi tembok penghalang informasi, semua bisa anda tanyakan di situs pencari macam google, yahoo search, bing, dan lain lain. Hitungan menit saja anda sudah memperoleh ilmu yang tidak anda miliki beberapa waktu lalu.

Anda sampai pada artikel tips tumbuh kembang bayi usia 2 bulan berarti sudah ada inisiatif untuk belajar dan ini pertanda anda orang tua yang baik. Anak pertama maupun anak kedua tidak ada bedanya, selalu ada ruang perbaikan diri dalam masing masing babak hidup kita.

Tips pertama dan tentu saja paling mudah tapi sering dianggap sepele adalah kontak fisik. Sebisa mungkin ayah bunda adalah orang yang banyak menyentuh si kecil ketika berusia 2 bulan. Penglihatan bayi sangat buram, si kecil belum mampu melihat sekeliling, terlebih selama 9 bulan mendekam di dalam rahim dimana ia yakin aman dekat bunda. Tahu tahu saja bayi harus menghadapi tempat yang tidak bisa ia analisa, ketahui, sangat menakutkan untuk bayi. Mungkin sama seperti anda dimasukkan ke dalam kotak gelap, sendirian. Anda tentu berharap ada pasangan anda mengenggam tangan dan berkata semua baik baik saja. Inilah kenapa hanya rasa lembut di tangan satu satunya media baginya untuk merasa ‘oh aku tidak sendirian’.  

Bila anda berkenan memberi malaikat kecil anda perlakuan lebih seperti memijat dan mengelus elus bayi malah akan lebih bagus lagi. Tidak hanya membuat bayi merasa aman, dan nyaman namun juga membantu otot – otot bayi rileks sehingga lebih mudah bekerja membangun tubuh bayi. Anda bisa menyewa jasa tukang pijit bayi meskipun anda harus selektif karena salah pijatan bisa berdampak pada kesehatan dan keselamatan bayi. Pijatan tidak harus, menggendong dan menimang nimang bayi sebenarnya sudah cukup bagus.

Kedua, di era modern, terutama kota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan banyak lagi, tidak dipungkiri pemandangan ayah dan bunda bekerja namun tetap berdedikasi mengurus anaknya sendiri banyak dijumpai. Bukan salah orang tua juga, karena memang tuntutan ekonomi cukup keras memaksa keduanya tetap banting tulang mencari uang. Masalahnya hanya satu, Kendaraan. Efektifitas berpergian tanpa meninggalkan anak sering kali membuat orang tua membawa malaikat kecilnya ikut serta di dalam mobil.

Bisa anda reka ulang seperti apa kondisi bayi sehari hari? Anda menyiapkan keperluan pergi, dan ‘senjata’ mengurus bayi (susu, popok, bedak, minyak telon dan lain lain), ketika bayi duduk di kursi penumpang, lantas anda memasangkan sabuk pengaman pada bayi dan berangkat. Sampai di tempat tujuan hanya ada 2 kemungkinan untuk membawa anak turun, yaitu menggendong bayi atau memakai troli. Jika anda tipe pekerja duduk manis di belakang komputer, kemungkinan besar anda memangku bayi karena ruang lantai tidak higenis.

Bayi anda tidak banyak bergerak dan ini berbahaya dalam jangka panjang. Seharusnya di usia bayi 2 bulan adalah masa masa ia melatih ototnya dengan mencoba gerakan kecil yang mengarah pada merangkak, berguling, dan berjalan. Bagaimana bisa bayi melakukan hal tersebut bila setiap hari anda memaksanya duduk ? Anda yang sudah dewasa sekalipun sering diingatkan agar banyak bergerak atau kesehatan anda terancam, apalagi bayi yang sedang dalam masa tumbuh.

Alternatif solusinya adalah dengan membawakan mainan bayi seperti boneka, agar bayi tidak diam duduk saja. Bayi memang butuh tidur tapi membiarkannya duduk diam begitu saja hanya membuat malaikat kecil anda kebanyakan tidur. Alangkah bagusnya jika kantor anda menyediakan tempat untuk bayi sehingga ia bisa bermain selagi anda bekerja. Jangan lupa, ketika anda pulang, luangkan waktu untuk bermanja manja serta mengajak bayi bergerak untuk menyeimbangkan waktu duduk bayi seharian.

 

Ketiga, bayi anda memang belum punya banyak kemampuan, namun ia telah berkembang. Setiap kali si kecil menangis, jangan hanya berpatokan pada cara menenangkan bayi ketika ia masih berusia 1 bulan. Ibarat kata, cara lama sudah kuno. Kini saatnya anda mencari cara baru untuk berkomunikasi, karena bayi sudah naik tingkat. Anda bisa bersenandung kecil untuk mendiamkan tangisan bayi, atau membuat suara kecil. Yang dimadsud ‘suara kecil’ disini adalah suara yang seolah tidak ada tapi sebenarnya ada, seperti suara kipas, dan vacuum cleaner.

Keempat, anda harus ingat tidak ada orang tua sempurna di dunia ini, bahkan mereka yang terlihat ‘wah’ sekalipun. Anda dan pasangan adalah satu satunya anugrah orang tua bagi bayi. Anda tidak sendirian, di luar sana bahkan teman atau ibu ayah anda sendiri telah melalui fase membesarkan anak dengan segala kegagalan dan keberhasilan. Bila anda bertanya atau meminta nasihat bukan berarti anda tidak mampu, tapi anda ingin yang terbaik bagi perkembangan bayi usia 2 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*