Tips Naik Motor Bagi Ibu Hamil Muda

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tips ibu hamil muda kali ini akan membahas tentang menjaga kehamilan bagi ibu yang sering menaiki motor untuk berbagai keperluan. Terdapat berbagai pro kontra mengenai apakah ibu hamil boleh menaiki motor atau tidak, karena sudah sepatutnya dalam menjaga perkembangan janin segala hal yang dapat mengancamnya haruslah dihentikan. Apalagi, saat menaiki atau mengendarai sepeda motor, akan merasakan berbagai goncangan yang dapat mengganggu janin.

Maka dari itu, berikut akan diberikan beberapa tips dan saran bagi ibu hamil saat mengendarai sepeda motor dari dr. Fakriantini Jaya Putri, SpOG.

  1. Gunakanlah Selalu Pengaman

Ketika mengendarai ataupun menaiki sepeda motor, hendaklah ibu selalu menggunakan pelindung. Pelindung utama saat mengendarai motor adalah helm untuk melindungi kepala ibu. Selain helm, alangkah baiknya jika ibu memakai jaket yang berfungsi sebagai pelindung ibu dari terpaan angin dan terpaan sinar matahari. Selain itu, jika memungkinkan, ketika ibu dibonceng di motor, gunakanlah sabuk khusus ibu hamil yang berfungsi untuk menahan perut ibu dari goncangan yang berlebihan. Tips ibu hamil muda yang satu ini penting untuk dilakukan, terutama ketika ibu berada di dalam masa awal kehamilan.

  1. Membawa Motor dengan Pelan

Jika biasanya ibu mengendarai motor dengan cepat dan ngebut karena sudah mahir mengendarainya, maka ketika ibu sedang mengandung, alangkah baiknya ika ibu kali ini mengendarai sepeda motornya dengan pelan. Jika ibu dibonceng pun, maka mintalah kepada yang menyetir untuk membawa motornya pelan-pelan. Hal ini semata-mata untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu selama perjalanan menggunakan motor. Usahakan juga ketika menaiki motor untuk dapat menghindari lubang di jalan dan melewati polisi tidur dengan hati-hati. Goncangan yang kecil tentu bisa dapat mempengaruhi perkembangan janin di dalam masa awal kehamilan. Maka sudah sepatutnya sebagai seorang ibu harus dengan siaga menjaga perkembangan sang janin.

Saat mengendarai motor, sebaiknya ibu pilih waktu yang kosong dan tidak terlalu ramai. Selain karena beresiko macet, ibu juga pasti akan merasa lebih lelah menahan berat janin dan begitu pula motor. Maka jika memang tidak memungkinkan untuk ibu mengendarai motor pada saat sepi, mintalah suami ibu atau menggunakan ojek untuk mengantar ibu sampai tempat tujuan.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Apabila ibu harus mengendarai motor dalam waktu yang lama dan dengan jarak yang cukup jauh, maka janganlah memaksakan diri jika sudah merasa kelelahan di tengah jalan. Ketika mulai merasa lelah dan merasa ada keluhan, maka sebaiknya ibu berhenti dan beristirahat dulu atau jika memungkinkan menitipkan motor di suatu tempat dan berganti kendaraan lain. Pada saat ibu merasakan suatu yang tidak beres pada kandungan ibu, maka segeralah periksakan janin ibu ke dokter kandungan. Maka sebaiknya jika ibu harus menjalani perjalanan jauh, gunakanlah mobil atau naik taksi, karena tentu menaiki motor akan sangat beresiko bagi ibu jika sendirian.

  1. Duduklah dengan Posisi yang Benar

Tips ibu hamil muda yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Bagi ibu yang berada dalam masa awal kehamilan mungkin merasa tidak perlu mengkhawatirkan posisi duduk, namun sebaiknya posisi duduk ibu hamil memang harus diperhatikan. Namun hal ini bersifat kondisial dimana tergantung bagaimana ibu bisa merasa nyaman. Jika memang ibu merasa duduk menghadap depan lebih nyaman untuk menaruh perut ibu maka usahakan untuk tidak menghalangi perut ibu, karena jika menaruh di depan akan beresiko terkena guncangan secara langsung. Maka sebaiknya ibu jika duduk diatas motor untuk menghadap ke samping, walaupun resikonya menjadi agak tidak seimbang, namun hal ini lebih baik dilakukan untuk menghindari resiko terkena benturan akibat rem secara mendadak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*