Tips Menu Diet Ibu Menyusui Berhasil

menu diet ibu menyusui sukses Source: WoolWorth

Kebahagiaan memenuhi hati orang tua yang menyambut kedatangan buah hati. Terselip bayangan akan masa menyusui yang indah dimana kasih sayang terjalin, dan harapan tentang kembalinya badan indah pasca belum hamil. Tidak heran, menu diet ibu menyusui banyak disusun guna mempercepat pemulihan tubuh yang jelas membesar ketika mengandung.

Pencarian di situs sampai bertanya teman mungkin sudah dilakukan agar masa diet benar – benar efektif. Sayang, banyak perempuan lupa untuk mencari penjelasan menu diet ibu menyusui . Alhasil, bukannya menu diet ibu menyusui sukses , tapi malah berbuah simalakama dimana kesehatan bunda terganggu sedangkan badan malah makin menggembung. Daripada anda sudah bersusah payah menjaga pola makan, tapi makin stress karena tidak ada yang berhasil, mungkin ada baiknya mencari ilmu terlebih dahulu.

Tak ada usaha menurunkan berat badan juga sama saja. Mitos beredar bahwa badan perempuan akan kembali seperti semula (seperti sebelum hamil) dengan sendirinya, karena badan punya sistem sendiri. Anggapan ini bisa dibilang kurang tepat, karena menyusui menguras banyak tenaga sehingga nafsu makan ibu membengkak. Anda mungkin sadar banyaknya kudapan yang anda santap guna menghilangkan rasa lapar yang terus menganggu anda. Belum lagi, bayi muda biasanya suka bangun tengah malam, minta diberi air susu ibu. Suami anda tidak dalam posisi bisa membantu anda untuk menyusui, terpaksa anda harus bangkit meninggalkan kasur dan menyusui malaikat kecil anda. Kekurangan tidur semakin membuat lapar, dan tubuh membangkitkan insting untuk mencari sumber karbohidrat seperti roti dan nasi. Memang, karbohidrat baik, tapi terlalu banyak karbohidrat justru membuat badan makin besar. Serba salah memang, bila tidak makan tidak bisa menyusui, tapi kalau makan makin gemuk.

Sebagai seorang perempuan, masa menyusui adalah saat yang tepat untuk menguji kemampuan anda memilih bahan makanan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, mau tidak mau bunda memang harus makan meski badan semakin besar. Agar tidak memperparah kondisi, cobalah menyediakan banyak buah dan sayur siap makan bertebaran di rumah. Daripada anda mengkonsumsi makanan kaya gula seperti coklat, es krim, atau bahkan makanan instant cepat saji, alangkah lebih baik lagi jika anda sibuk mengkunyah apel. Kudapan berupa buah – buahan akan jauh membantu anda mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah sangat tinggi sehingga membantu memperlancar metabolisme. Kebanyakan orang yang ramping alami berterima kasih pada metabolisme yang cepat. Metabolisme yang bagus ditunjukkan dengan seberapa cepat makanan yang anda konsumsi keluar lewat belakang. Masalah karbohidrat pula, cari makanan dengan karbohidrat namun tidak cepat membuat anda makin gemuk. Anda mungkin pernah membaca atau mendengar nasi merah atau kentang panggang mengandung karbohidrat namun juga memudahkan penurunan berat badan serta manfaat kesehatan lain. Yang terpenting adalah anda tahu subtitusi untuk makanan yang tidak sehat.

Menurut medis, membiarkan perempuan kelaparan sama saja dengan mengeringkan suplai air susu ibu. Anda mungkin melihat kesempatan makan sebanyak – banyaknya begitu melihat pernyataan ini. Tidak salah, juga, sih, memang ibu diberi kesempatan makan tiap kali lapar ketika masa menyusui. Kembali ke topik dan ingatkan diri sendiri bahwa ini merupakan masa dimana berat badan anda terus turun. Bukan berarti, anda disarankan untuk menahan lapar demi makin kurus, karena malah akan sangat tidak menguntungkan si kecil. Alih alih makan besar (nasi lauk pauk) setiap kali anda lapar, coba makan sedikit demi sedikit. Semisal saja, sarapan hanay makan kentang tumbuk seperempat porsi, lalu sejam kemudian merasa lapar makan buah apel setengah, waktu berikutnya makan kacang almond. Porsi makan minim seperti itu malah jauh lebih baik dibanding makan dalam porsi jumbo tapi hanya 3 kali sehari. Usahakan menjaga badan anda tidak kenyang namun juga tidak terlalu lapar agar tubuh tetap mampu memproduksi air susu dengan baik. Anda bisa mencoba minum susu ibu menyusui dari Nestle. Anda juga bisa mengikuti apa yang model makan, bedanya tentu saja anda akan memakannya lebih sering dibanding para model. Koleksi pula banyak bahan makanan sehat, kacang terutama kacang almond, dan polong merupakan salah satu menu makanan yang patut diacungi jempol.   

Terakhir dan tentu saja paling penting, jangan memaksa diri anda sendiri. Anda bisa saja tidak sadar, karena memang tidak banyak yang bisa melihat secara fisik. Selama 9 bulan mengandung, ada banyak yang terjadi dalam tubuh anda. Mulai dari rusuk melebar, rahim menggembang, sampai pinggul yang makin tidak tahu diri mengambil ruang tubuh. Bisa anda bayangkan betapa banyak ekstra ukuran yang sekarang anda miliki? Jadi, lemak dalam tubuh anda justru bukan menjadi pusat perhatian. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri ketika melihat timbangan dan beban anda cukup mengelus dada. Memang, sangat wajar dan bukan buruk, bila tubuh ibu mengalami kenaikan berat badan drastis. Selama 2 minggu penuh, anda memang disarankan tidak terlalu memusingkan timbangan. Awal masa menyusui akan terasa seperti latihan militer terlebih bila anda baru pertama kali membesarkan anak. Paksaan untuk bangun tengah malam, dan pagi hari lebih awal akan sangat membebani anda dan pasangan. Makan waktu beberapa saat sebelum anda terbiasa sehingga badan anda tidak terlalu penting untuk dijadikan prioritas. Usahakan tetap memakai tips menu diet ibu menyusui menurut penjelasan diatas meskipun belum sempurna, karena memaksa cepat turun malah bisa berbuah malapetaka.

Kalau Anda membutuhkan resep masakan, Anda bisa melirik di Ayah Bunda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*