Tips Menjaga Perkembangan Janin dalam Kandungan

perkembangan janin dalam kandungan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Menjaga perkembangan janin dalam kandungan merupakan tugas utama seorang ibu dalam menyambut sang buah hati. Walaupun tidak dapat melihatnya, namun ibu dapat merasakan berbagai perubahan yang terjadi baik dari kondisi ibu maupun dari janin sendiri. Maka dari itu, tentu penting bagi seorang ibu untuk mengetahui berbagai tips dalam menjaga tumbuh kembang sang buah hati dalam kandungan.

Tips pertama: Ketahui kondisi bayi ibu secara rutin. Dalam masa kehamilan, perkembangan janin merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, mulai dari kondisinya, pergerakannya, perubahannya dan lainnya. Hal ini dapat dilakukan ketika ibu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Pastikan kondisi bayi ibu dalam keadaan sehat dan berkembang.

Tips kedua: Saat hamil, tentunya banyak pantangan yang harus ibu patuhi. Mulai dari makanan atau minuma yang tidak aman bahkan berbahaya bagi kandungan seperti junk food dan minuman beralkohol. Bagi ibu yang merokok ataupun di rumahnya ada yang merokok, pantangan untuk merokok dan menghirup asap rokok harus dipatuhi agar tidak terganggu perkembangan janin dalam kandungan.

Tips ketiga: Selain dari pantangan, tentunya ada beberapa hal yang harus ibu lakukan pada saat kehamilan. Semua itu semata-mata untuk membantu memenuhi nutrisi dan gizi ibu hamil. Maka, bagi ibu hamil, perbanyaklah meminum air putih, mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik bagi ibu hamil seperti buah-buahan dan sayuran. Jamu ataupun obat-obatan tertentu dapat dikonsumsi jika sudah mendapatkan konfirmasi dari dokter kandungan ibu.

Tips keempat: Jika ibu biasanya selalu tampil cantik sebelum hamil, ternyata pada saat hamil ibu harus meminimalisir bahkan menghentikan terlebih dahulu penggunaan kosmetik. Bukan tanpa sebab, penggunaan kosmetik bagi ibu hamil terkadang mengandung bahan-bahan tertentu yang justru dapat membahayakan kandungan ibu. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa penggunaan lotion dan juga produk kecantikan lainnya dapat mempengaruhi kadar hormon. Penggunaan pewarna rambut juga sebaiknya diperhatikan, hindari menggunakan produk pewarna rambut yang mengandung bahan kimia.

Lalu? Apakah ibu hamil tidak boleh tampil cantik? Tentu saja boleh dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan alami seperti minyak zaitun, teh hijau untuk kecantikan wajah dan henna maupun pewarna nabati untuk rambut. Memakai bedak dengan kadar yang sedikit pun tidak masalah, namun tahukah ibu bahwa ibu hamil tentu lebih cantik ketika ia tampil alami? Karena kecantikan seorang wanita ketika hamil adalah saat ia akan menjadi seorang ibu.

Tips kelima: Hal utama yang harus diperhatikan oleh ibu ketika menjaga perkembangan janin dalam kandungan adalah istirahat yang cukup. Jangan terlalu banyak beraktifitas dan usahakan untuk tidak memasak dekat kompor yang panas saat hamil. Untuk bersih-bersih pun jangan terlalu banyak dilakukan jika hal itu menjadi berat bagi ibu untuk dilakukan. Mandi dengan berendam dalam air hangat tentu saja menenangkan, namun sebaiknya dihindari jika ibu sedang hamil.

Tips keenam: Ketika ibu harus mendapatkan istirahat yang cukup, berolahraga juga dapat menjadi kegiatan untuk beristirahat. Dengan melakukan olahraga secara teratur seperti senam ibu hamil ataupun olahraga khusus ibu hamil dengan berjalan atau simulasi singkat, maka ibu akan mendapatkan ketenangan dan juga kebugaran saat hamil. Maka ketika ibu telah melakukan olahraga dengan rutin, tentunya ibu juga akan dapat beristirahat dengan baik.

Seperti itulah keenam tips menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Semoga dapat bermanfaat bagi ibu yang sedang berusaha menjaga dan menikmati masa kehamilannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*