Tips Mengatasi Kesehatan Pencernaan Bayi Yang Terganggu

Kesehatan Pencernaan Bayi

Masalah kesehatan pencernaan bayi memang merupakan salah satu keluhan yang sering  ditemui pada bayi dan tentunya sebagai orang tua terutama ibu Anda harus mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Gejala kembung yang dialami bayi dan beberapa anak biasanya disertai dengan gejala lain seperti  sendawa, sering buang angin dan membuat si kecil menjadi rewel dan sering menangis sebab rasa sakit perut yang tidak tertahankan lagi.

Kondisi perut kembung pada bayi memang diduga karena kondisi gas yang meningkat di dalam saluran pencernaannya. Gas berlebih ini dapatr masuk ketika menyusui atau bila si kecil minum dengan menggunakan dot ataupun ketika sedang menangis. Disamping itu kondisi ini dapat disebabkan oleh kondisi sistem pencernaan bayi yang belum sempurna dalam mencerna suatu jenis makanan, atau gejala kembung ini mungkin saja menjadi tanda dari penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaannya.

Tips Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Perut kembung bila terjadi sebelum bayi memasuki usia 4 bulan memang suatu  hal yang normal sebab belum sempurnanya kerja sistem pencernaan yang mereka punya. Namun bila keluhan ini tidak segera berhenti dan terlalu sering terjadi pada sang bayi, Anda sebagai orang tua harus melakukan cara dalam mengatasi perut kembung pada bayi untuk mengurangi keluhan tersebut. Diantaranya yaitu;

  • Berikan air hangat untuk bayi

Cara mengatasi  masalah pencernaan  yang satu ini yaitu dengan memberikan air hangat. Dengan memberi rasa hangat pada perut si kecil tentu  akan memberikan rasa nyaman untuk mereka dan dapat membuat rasa kembung menjadi berkurang. Namun sangat penting untuk ibu dalam memperhatikan kebersihan dari air yang digunakan untuk minum bayi. Disamping  dengan memberikan minum air hangat, ibu juga dapat memandikan si kecil  dengan air hangat supaya  anak merasa makin nyaman dan rewelnya dapat berkurang.

  • Menggosok perut si kecl

Cara selanjutnya yang dapat  digunakan untuk membuat rewel si kecil akibat perut kembung berkurang yaitu dengan menggosok-gosok perutnya. Sama halnya dengan menggunakan air hangat, hal ini bertujuan untuk memberi rasa hangat pada tubuh si kecil. Dengan menggunakan minyak seperti minyak telon Anda bisa menggosok dengan lembut perut dan juga punggung  bayi untuk mengurangi keluhan kembung ini.

  • Menepuk  punggung bayi

Cara yang juga sudah sering diketahui bisa membantu mengurangi keluhan kembung yang dirasakan bayi yaitu dengan menepuk lembut punggung bayi. Tujuan Anda  menepuk lembut ini yaitu  membuat si kecil bersendawa dan mengeluarkan gas yang berlebih dari dalam saluran cernanya. Berikan sedikit  tepukan lembut pada punggung bayi sambil menggendongnya, dan lakukan tindakan tersebut selama 1 sampai  2 menit hingga  bayi Anda bersendawa.

Mengecek Kesehatan Pencernaan Anak

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sehat atau tidaknya pencernaan pada bayi Anda ;

  • Cek posisi buah hati Anda ketika menyusui

Cara mengatasi masalah kesehatan pada pencernaan yang peertama yaitu  dengan mengecek kembali posisi Anda ketika menyusui sang bayi. Posisi yang benar ketika menyusui ini penting untuk mencegah banyak gas, yang masuk ke dalam saluran cerna buah hati Anda ketika  ia berusaha menyedot ASI. Posisi yang benar ketika menyusui yaitu dengan menggendong bayi sampai seluruh tubuhnya menghadap ke tubuh ibu lalu posisikan hidung dan dagu bayi menghadap payudara ibu. kemudian dengan kedua tangan ibu tahan kepala, leher dan juga punggung si kecil dan ketika sang bayi  sudah siap untuk menyusu usahakan supaya  bagian puting dan areola bagian hitam di dekat  puting susu masuk seluruhnya ke mulut bayi Anda. Hal tersebut  adalah kunci penting untuk mencegah tidak ada lagi gas yang masuk ke dalam saluran pencernaan bayi.

  • Cek ukuran dot si kecil

Cara mengatasi perut kembung pada bayi untuk kali ini sebenarnya mempunyai peran yang sama seperti pada posisi bayi ketika menyusui. Apabila bayi Anda sering menggunakan dot untuk minum susu maka Anda harus memperhatikan dengan benar  apakah ukuran dot yang ia gunakan pas atau tidak. Dengan menggunakan ukuran dot yang pas dengan ukuran mulut si kecil, maka kemungkinan kemasukan gas berlebih ke dalam saluran pencernaannya akan semakin berkurang.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya yang juga terkadang lepas dari perhatian ibu yaitu penggunaan susu formula. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa seorang bayi diwajibkan memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya dan baru dapat  diberikan makanan penambah ASI setelah usia tersebut. Hanya saja sekarang ini karena berbagai alasan, seorang ibu sering engga memberikan ASI eksklusif tersebut dan akan menggantinya dengan susu formula.

Pemberian susu formula pada si kecil dimana saluran cerna mereka belum dapat  mencerna setiap makanan dengan baik maka akan mengakibatkan kegagalan dalam proses pencernaan itu sendiri. Setelah itu proses pencernaan yang tidak lancar ini akan menyebabkan kuman tertentu di dalam saluran cerna si kecil, memproduksi gas serta menimbulkan perut kembung yang berlebihan.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan juga  apakah si kecil merasa kembung setelah ia mengkonsumsi susu formula atau tidak. Bila ya, maka sebaiknya Anda menghentikan dulu pemberian susu formula tersebut dan segera periksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan juga pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini disebabkan oleh perut kembung sebab penggunaan susu formula bisa menyebabkan buah hati Anda juga mengalami diare. Kesehatan pencernaan bayi Anda memang harus selalu diperhatikan dengan baik.

Kalau Anda memiliki si kecil yang sudah mengkonsumsi makanan padat, maka Anda bisa mengajar dia untuk mengunyah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*