Tips Mendidik Anak Supaya Lebih Kreatif

friso www.facebook.com/frisoindonesia

Tips mendidik anak berikut akan membuat anak Anda tumbuh sebagai anak yang kreatif. Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya tumbuh cerdas, pintar, dan kreatif. Hal tersebut tentu saja tidak bisa secara instan. Dan salah besar jika Anda mengandalkan sistem pendidikan formal di sekolah. Walaupun Anda sudah memasukkan anak Anda ke sekolah yang terbaik, hal tersebut tidak bisa menjamin anak Anda tumbuh kreatif.

Rumah menjadi tempat belajar kreatif bagi anak Anda. Dan Anda sebagai orang tua adalah guru yang bisa mengarahkan anak Anda semakin kreatif. Untuk itu, perhatikan tips mendidik anak supaya kreatif berikut ini.

  • Jangan Membatasi

Kebanyakan orang tua akan melarang anaknya bermain di lokasi tertentu, seperti di dapur, kamar mandi, halaman depan atau belakang rumah. Hal tersebut tentu sangat beralasan. Orang tua melarang anaknya bermain di dapur karena mereka takut anaknya bermain dengan pisau atau memberantakkan peralatan dapur. Sementara itu, orang tua melarang anaknya bermain di halaman depan atau belakang karena mereka tidak ingin anaknya berpanas-panasan.

Namun, ternyata tindakan tersebut tidak menunjukkan rasa sayang orang tua kepada anak. Justru hal tersebut membatasi anak. Pada usia kanak-kanak, rasa ingin tahu anak sangat tinggi sehingga anak cenderung mengerjakan sesuatu yang belum pernah dilakukan.

Tugas orang tua tidak melarang, tapi mengarahkan serta mengawasi saja. Melarang berarti membatasi dan membatasi berarti menghalangi proses belajar anak. Cara mendidik anak yang satu ini wajib dipahami oleh para orang tua.

  • Memberikan Permainan yang Baik

Permainan yang baik tidak mesti mahal. Berbagai jenis permainan tradisional untuk anak akan membuat anak lebih kreatif dan tidak sadar mereka sedang belajar seperti congklak.

Sayangnya, orang tua sekarang ingin hal yang praktis. Alih-alih memberikan permainan yang kreatif, justru mereka memberikan permaian yang membuat anak pasif. Membelikan gadget yang bisa menyimpan permainan digital merupakan cara yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan gadget akan membuat anak pasif dan kurang bersosialisasi dengan orang lain.

Memang benar dalam gadget tersebut terdapat puluhan atau bahkan ratusan permaianan. Apalagi jika terkoneksi dengan internet. Jutaan permaianan dimainkan. Akan tetapi, dampak negatif lebih banyak daripada dampak positif.

  • Mengajak Liburan

Tips mendidik anak agar lebih kreatif selanjutnya adalah mengajak anak berlibur. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua jangan salah memilih tempat berlibur. Sebaiknya Anda mengajak traveling ke lokasi edukasi. Sekarang ini, ada beberapa tempat wisata yang didesain sebagai lokasi belajar anak-anak.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk mengujungi tempat-tempat bersejarah. Museum juga bisa Anda jadikan pilihan tempat berlibur edukasi bagi anak. Dengan mengetahui penemuan-penemuan yang ditemukan oleh orang terdahulu, mereka akan termotivasi untuk lebih berkreasi dan menemukan hal-hal yang baru lagi.

Sekarang Anda tahu ada banyak tips mudah mendidik anak agar kreatif seperti di atas. Sayangnya, kebanyakan orang tua beralasan tidak memiliki waktu untuk menjaga dan memperhatikan pendidikan anak. Mereka terlalu sibuk sehingga menyerahkan masalah pendidikan kepara orang lain seperti guru di sekolah atau tempat kursus.

Tips tersebut di atas sangatlah mudah untuk dipraktekkan. Anda tinggal meluangkan waktu untuk memperhatikan anak di sela kesibukan Anda. Tidak ada pendidikan yang lebih baik daripada pendidikan dari rumah. Dan Anda menjadi agen atau pendidik yang bisa membuat anak Anda tumbuh cerdas dengan menerapkan tips mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*