Tips Mendidik Anak Mencintai

tips mendidik anak

Kasih sayang atau rasa cinta adalah hal terindah namun penuh misteri di dunia ini. Siapa yang mempertemukan anda dengan pasangan bila bukan rasa cinta? Apa yang membuat manusia dan alam hidup berdampingan bila bukan anugrah cinta? Ya. Cinta memang tidak mudah dipahami maupun diajarkan. Tapi sebagai orang tua, tips mendidik anak mengenai perasaan ajaib ini sangat diperlukan. Rasa cinta merupakan hal yang gampang susah diajarkan.

5 Tips mendidik anak kasih sayang dibawah ini diharapkan bisa membantu si kecil memahami rasa kasih mengasihi sesama maupun alam.

01. Tunjukkan rasa cinta

Sebelum anda menceramahi si kecil dengan definisi cinta, ada baiknya jika anda mencontohkan seperti apa bentuk cinta. Anak anda dalam fase belum begitu paham akan sesuatu kecuali jika ia telah melihatnya sendiri. Setiap pagi misalnya, anda mengelus kepala anak anda dan berkata lembut “kakak sayang, ayo bangun, sarapan sudah siap”. Jangan malu untuk mencium pipi pasangan atau dahi di depan malaikat kecil anda. Ekspreksikan bebas kebahagiaan anda tanpa perlu berkata – kata. Anak anda telah memiliki kemampuan dasar untuk memahami aura kebahagiaan di sekitarnya. Anda juga bisa menunjukkan rasa cinta dengan melakukan aktifitas bersama seperti olahraga. Memang anak tidak langsung paham bahwa ia sedang merasakan cinta di sekitarnya, tapi setidaknya anak sudah mendapatkan sedikit potongan kasih sayang kedua orang tuanya.

02. Rasa cinta tidak hanya untuk sesama

Masalah yang cukup sering terlihat di era modern, bukan hanya ketidak mampuan sesama untuk memperlihatkan rasa cinta, namun juga pada alam. Video beredar di media sosial mengenai siksaan pada hewan, dengan komentar dukungan memprihatinkan banyak pihak yang masih merasakan cinta. Paling mudah pula, fenomena sampah bertebaran dan menghancurkan properti seperti generasi kini sudah tidak lagi mengenal rasa cinta terhadap alam dan lingkungan tempat ia tinggal. Jangan sampai, anak anda mengalami hal serupa. Berilah contoh perilaku yang baik di depan anak. Semisal saja, ketika anak anda takut dengan kucing, jangan langsung mengusir hewan malang tersebut seolah kekerasan adalah satu – satunya jalan. Mintalah bantuan pasangan jika anda tahu reaksi kasar akan anda tunjukkan. Secara tidak langsung, anak anda belajar bahwa ia bisa menunjukkan rasa kasih bahkan pada mahluk yang tidak anak sukai

03. Buat daftar cinta

Seseorang tidak dapat mengenal cinta apabila tidak ada yang mencintai dirinya. Walau perasaan tersebut tidak berbalas setidaknya mereka yang dicintai sadar akan anugrah cinta yang diberikan orang lain. Buatlah anak anda termasuk orang yang selalu menghargai rasa cinta pemberian orang lain dengan daftar cinta. Setiap harinya, atau setidaknya beberapa minggu sekali, buatlah jurnal atau sesi melihat foto. Tunjukkan pada anak orang – orang yang pernah hadir dalam hidupnya dan kisah mereka yang berhubungan dengan penunjukkan rasa cinta pada anak. Semisal saja, anda duduk melihat album foto dan bercerita sambil menunjuk foto, “Kak, ini nenek yang pernah kesini waktu kakak sakit, lho. Nenek sangat cinta sama kakak”. Anak boleh saja tidak ingat, tapi dengan sesi ‘mengingatkan’ yang cukup konstan seperti ini justru membuat anak tidak kesepian. Perlahan anak akan menghargai tindakan – tindakan kecil yang orang lain lakukan kepadanya. Cinta bukan dibuktikkan secara materi dan pengorbanan besar. Justru cinta muncul dari kejadian kecil nan simpel yang siapapun bisa lakukan namun tidak disadari.

04. Biarkan anak menunjukkan rasa cinta

Setelah anak melihat dan memahami, kemungkinan besar ada dorongan dalam diri anak untuk praktek. Anda mungkin menyadari anak anda mencium pipi adik sebagai tanda kasih sayang. Biarkan saja, anak menunjukkan rasa cinta ke sekeliling. Bahkan, anda hanya perlu mengawasi saja. Contoh saja, anda khawatir anak anda sakit bila menyentuh hewan liar, padahal, anak anda senang menunjukkan cinta dengan mengelus kucing di sekitar rumah. Alih – alih menampis tangan anak anda, cukup sediakan minimal sabun atau hand sanitizer di dalam tas kemanapun anda pergi. Setiap kali anak anda selesai menyentuh hewan sebagai bentuk kasih sayang, anda bisa mendorong anak untuk mencuci tangan. Anda juga bisa mengajarkan anak memelihara binatang untuk mengembangkan rasa cintanya. Kedua, anda bisa mulai mengajari ada batas kasih sayang. Akan ada masa anak anda menyenangi lawan jenis, dan hanya cium pipi yang ia tahu untuk menunjukkan cintanya. Bila anda melihat tindakan anak membuat orang lain tidak nyaman, anda bisa memberi tahu dengan halus bahwa orang lain dengan spesifik nama tidak senang bila tiba – tiba dicium. Tidak perlu menegur anak di tempat, usahakan mengajari anak anda ketika tidak ada yang melihat. Komunikasi 2 arah justru sangat membantu bila berhubungan dengan hal sensitif.

05. Jauhkan pribadi mencibir 

Pertumbuhan anak tidak hanya dari orang tua namun juga dari sekitarnya. Anda mungkin sadar ada beberapa ibu dalam PAUD anak anda belajar senang membicarakan anak lain. Bahaya akan datang bila ternyata anak anda mendengar cibiran atau komentar negatif tersebut. Bayangkan saja, ada anak berkebutuhan khusus dalam PAUD lalu ibu sebelah terus mencibir sampai anak anda dengar ketika anda tidak di tempat. Sebagai seorang yang lebih muda, cenderung melihat orang dewasa lebih tahu. Usaha anda melakukan tips mendidik anak mencintai hancur seketika. Segera jauhkan atau peringati anak anda setiap komentar negatif ia tiru dari orang – orang sekitar. Tips mendidik anak paling penting adalah menghindarkan anak dari apapun yang membuat didikan menjadi percuma.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*