Tips Memilih Posisi Tidur Bayi Yang Aman Bagi Tubuh

Tidur bayi

www.johnsonsbaby.co.id

Sama halnya dengan orang dewasa, tidur juga menjadi kegiatan yang sangat penting bagi bayi. Organ tubuh yang belum bekerja secara stabil dan optimal, memerlukan waktu untuk mengaktifkannya. Tidur nyenyak juga dapat merangsang perkembangan otak bayi dan juga dapat merangsang hormon pertumbuhan sehingga seorang bayi yang cukup waktu tidurnya kelak ia dapat tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas. Tidak hanya itu, hormon pertumbuhan juga berfungsi untuk mempengaruhi semua sel yang terdapat di dalam tubuh bayi. Itulah alasan mengapa jam tidur bayi harus lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

Diluar sana banyak ibu yang bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara memberikan kualitas tidur yang baik untuk sang buah hati. Ternyata jawabannya adalah posisi tidur juga menentukan kualitas tidur si bayi. Agar lebih mengerti, berikut ini akan dijelaskan beberapa posisi tidur bayi yang aman bagi tubuh.

1. Tidur Telentang (Bayi 0-3 Bulan)

Bagi ibu hamil, tidur telentang mungkin bukan posisi tidur yang aman dan baik, apalagi untuk ibu-ibu yang sedang hamil tua. Namun, lain halnya dengan bayi yang baru lahir. Bayi dari usia 0 sampai usia 3 bulan memang belum bisa melakukan hal apapun sehingga posisi tidur bayi telentang adalah posisi yang paling aman. Hal ini disebabkan oleh perkembangan motorik yang belum matang, ia hanya mampu melakukan tidur telentang dengan dirinya sendiri. Posisi tidur telentang ini memiliki kelebihan yaitu resiko kematian akibat SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) akan semakin berkurang tetapi untuk bayi yang berumur 1 bulan sebaiknya lebih sering menidurkannya dengan cara menggendong. Selain memiliki kelebihan, tidur telentang juga memiliki kekurangan yaitu bayi akan sangat mudah terbangun dari tidurnya terutama pada malam hari.

2. Tidur Dengan Posisi Tengkurap (<3 Bulan)

Posisi tidur bayi yang satu ini umumnya dapat dilakukan oleh bayi yang berusia lebih dari 3 bulan. Manfaat tidur tengkurap bagi bayi adalah bayi dapat tidur dengan waktu yang lebih lama serta bayi yang biasa tidur dengan posisi ini biasanya akan memiliki bentuk kepala yang lebih bagus. Namun, tidur tengkurap juga sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko besar terhadap SIDS atau meninggal secara mendadak. Hal ini disebabkan karena jantung dalam tubuhnya masih lemah, dikhawatirkan mereka akan menghirup kembali karbondioksida yang baru saja dihembuskan, atau dengan kata lain bukan oksigen yang ia hirup tapi justru karbondioksida yang di hirup.

3. Tidur Dengan Posisi Miring (<3 Bulan)

Selain telentang dan tengkurap, tidur dengan posisi miring juga menjadi salah satu posisi tidur bayi yang paling favorit. Manfaat dari tidur miring adalah berguna untuk mempermudah pengosongan lambung. seorang bayi prematur juga sangat dianjurkan untuk tidur dengan posisi ini karena tidur posisi miring membantu mempermudah bayi untuk bernafas. Ketika bayi tidur dengan posisi menyamping, Anda sebagai orang tua

juga harus bergantian dalam memposisikan tidurnya. Jangan hanya berorientasi pada sisi kanan ataupun kiri saja, jadi harus seimbang antara keduanya. Hal ini sangat bermanfaat agar kepala bayi tetap proporsional.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*