Tips Kehamilan Trimester Kedua yang Baik serta Menyenangkan untuk Ibu Lakukan

tips kehamilan trimester kedua https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Tidak semua hal yang menyenangkan tidak boleh ibu lakukan saat hamil. Ada lho kegiatan asyik yang boleh ibu lakukan terutama saat kehamilan sudah mencapai trimester kedua.

Saat hamil muda, ibu memang cenderung dilarang untuk melakukan beberapa hal. Ibu harus lebih berhati-hati.

Namun, ketika kehamilan sudah melewati usia 3 bulan (trimester kedua), ibu sudah lebih bebas melakukan kegiatan.

Meskipun demikian, bukan berarti boleh melakukan apa saja ya. Ada beberapa tips kehamilan trimester kedua yang tidak hanya baik untuk ibu lakukan tapi juga menyenangkan lho.

Berendam Di Dalam Air Hangat

Bukannya seorang ibu hamil tidak boleh berendam di dalam air hangat ? Betul sekali. Karena air panas akan membuat suhu badan ibu tidak normal dan dikhawatirkan hal tersebut bisa berpengaruh buruk terhadap janin yang ibu kandung.

Sebenarnya tidak masalah jika suhu air tidak di atas 37 derajat celcius. Jadi, ibu harus pastikan air yang ibu gunakan untuk meredam tubuh ibu di bawah 37 derajat celcius.

Kegiatan ini sangat baik untuk meredakan stress. Selain itu, air hangat juga akan mengendurkan otot-otot yang tegang yang biasanya menyebabkan kram khususnya otot bagian kaki.

Agar benar-benar aman, ibu bisa datang ke beauty center yang menyediakan kolam renang hangat khusus untuk ibu hamil. Dengan demikian, sudah dipastikan suhu air tidak di atas 37 derajat celcius.

Pijatan Bagian Kepala

Salah satu cara agar ibu rileks adalah massage atau pijatan. Hanya saja, ada bagian tubuh tertentu yang tidak boleh dipijat seperti bagian perut dan kaki di mana terdapat urat yang menuju ke perut.

Akan lebih aman jika ibu meminta seorang therapist untuk memijat bagian kepala. Bagian tubuh ini jelas tidak berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

Pijatan akan membuat ibu merasa rileks dan mengurangi ketegangan serta stress. Itulah mengapa banyak ahli kesehatan kehamilan yang menyarankan tips ibu hamil trimester kedua yang satu ini.

Jika ibu tidak sempat pergi ke therapist, ibu bisa meminta suami ibu untuk memijat kepala ibu di malam hari sebelum tidur. Tidak perlu seorang ahli jika pijatan bertujuan untuk meringangkan ketegangan. Cukup memijat seluruh bagian kepala.

Mendengarkan Musik Sambil Tidur

Mungkin tips untuk kehamilan trimester kedua yang satu ini sudah ibu lakukan. Namun, apakah ibu tahu musik apa yang sangat disarankan?

Yang paling disarankan untuk ibu dengarkan adalah musik dengan tone yang rendah seperti musik klasik atau musik tradisional. Jenis musik seperti itu akan membuat ibu merasa rileks.

Lebih dari itu, janin juga bisa rileks sehingga tertidur dengan nyenyak. Ibu harus tahu janin di dalam kandungan sudah bisa mendengarkan suara dari luar terutama musik ketika usianya sudah di atas 3 bulan.

Pada intinya, tips untuk ibu hamil trimester kedua lebih menekankan pada bagaimana agar seorang ibu hamil tidak merasa berat dan stress. Pasalnya, saat usia kehamilan 3 bulan ke atas, seorang ibu hamil akan merasakan beban semakin berat. Perut semakin membesar dan rasa jenuh sudah terasa. Apalagi jika suami atau pihak keluarga sangat protective sehingga seorang ibu hamil merasa tidak memiliki keleluasaan untuk melakukan sesuatu yang ia sukai.

Beberapa kegiatan tersebut di atas bisa ibu lakukan. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan saat kehamilan mencapai usia trimester kedua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*