Tips Kehamilan Trimester Kedua Sangat Sepele Tapi Fatal Jika Tidak Dilakukan

tips-kehamilan-trimester-kedua https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Dari sekian banyak tips ibu hamil trimester kedua, apa yang belum ibu ketahui? Pasti ibu sudah tahu banyak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua.

Akan tetapi, apakah ibu tahu hal-hal sepele tentang tips kehamilan trimester kedua? Memang sepele tapi bisa fatal jika ibu tidak melakukan tips tersebut.

Setidaknya tips ini ibu lakukan agar masa kehamilan lancar dan ketika bayi sudah lahir nanti, ibu juga siap untuk memberikan yang terbaik.

Selanjutnya, berikut tentang hal-hal yang perlu ibu lakukan ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

Bergerak Super Hati-Hati

Mungkin ibu tipe wanita yang sangat aktif. Saking aktifnya, ibu terbiasa dengan kegiatan yang berat serta bergerak dengan cepat.

Akan tetapi, apa yang terjadi jika ibu tetap melakukan hal tersebut ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua? Tentu saja hal berbahaya entah untuk ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Bahkan, melakukan perubahan gerakan yang mendadak saja tidak diperbolehkan. Tips ibu hamil trimester kedua ini harus benar-benar diperhatikan.

Seperti contoh, ketika ibu akan beranjak dari tempat duduk, sebaiknya ibu melakukannya santai dan hati-hati. Jangan langsung berdiri dan beranjak dari tempat duduk.

Begitu juga ketika bangun tidur. Usahakan ibu duduk dulu baru berdiri dan beranjak dari ranjang. Selain untuk menghindari hal yang berbahaya, cara ini juga akan membuat ibu terhindar dari kram kaki yang paling sering dialami oleh ibu hamil trimester kedua.

Bersihkan Puting Setiap Hari

Ini sangat penting sekali ketika ibu sudah hamil trimester kedua. Ibu harus tahu kebanyakan ibu menyusui mengalami peradangan pada payudara. Hal tersebut disebabkan saat hamil ibu tidak melakukan perawatan.

Mulai ketika hamil trimester kedua, ibu sebaiknya melakukan perawatan payudara. Bersihkan puting setiap hari. Setelah itu, lakukan pijatan pada area payudara dengan menggunakan babyoil. Pijatan tersebut sangat membantu agar produksi ASI semakin banyak.

Asal ibu tahu saat hamil, payudara sudah mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Sehingga ketika bayi lahir, ibu sudah bisa langsung memberikan ASI untuk sang buah hati.

Duduk Tegap

Sebenarnya ini berhubungan dengan posisi tubuh entah ketika duduk ataupun ketika berdiri. Hanya saja, yang paling sering adalah duduk dengan posisi sedikit tertunduk ke depan atau membungkuk.

Posisi duduk seperti ini harus dihindari. Karena posisi tersebut akan membuat peredaran darah tidak lancar. Ibu bisa bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika peredaran darah tidak lancar. Otomatis ibu akan mudah terkena kram, mudah lelah, dan lebih berbahaya lagi suplai oksigen dan juga nutrisi tidak berjalan dengan baik. Tentu saja akibatnya fatal jika hal tersebut terjadi.

Jika kebanyakan waktu ibu habiskan dengan cara duduk, akan lebih baik jika ibu memberikan tambahan sandaran pada bagian punggung berupa bantal. Dengan demikian, posisi duduk ibu bisa tegap dengan nyaman.

Ada yang bilang jika usia kehamilan semakin tua maka semakin berat rasanya. Hal tersebut tidak akan terjadi jika ibu menerapkan tips menjaga kehamlian trimester kedua yang telah dijelaskan di atas.

Semoga ibu dan bayi yang ibu kandung sehat selalu hingga proses persalinan nanti. Ketika ibu berhasil menjaga kehamilan, itu artinya sudah siap untuk menjadi ibu yang baik untuk menjaga dan memperhatikan tumbuh kembang anak nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*