Tips Kehamilan Trimester Kedua Paling Sering Disepelekan

friso https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Mungkin ibu sudah mempelajari banyak hal seputar kehamilan trimester kedua Namun, hal kecil berikuti ini harus ibu perhatikan.

Banyak sekali tips kehamilan trimester kedua yang bisa ibu lakukan. Dan berikut juga termasuk ke dalam tips tersebut.

Meskipun awalnya ibu menyelekan hal ini. Tapi ibu akhirnya nanti mengerti betapa pentingnya menjalakan tips yang satu ini.

Membungkuk

Kebanyakan ibu hamil tidak merasa bawasannya kandungan sudah mencapai di atas 3 bulan. Tetap saja mereka melakukan kegiatan yang selama ini mereka biasa lakukan. Seperti contoh mengambil barang dengan cara membungkuk.

Tapi, mulai sekarang, ibu sebaiknya tidak melakukan hal tersebut. Membungkuk akan membuat bagian perut tertekan. Dan hal tersebut bisa berimbas buruk terhadap janin yang ada di dalam rahim. Karena ibu membungkuk dan perut tertekan, janin pun terasa ditekan.

Jika ibu harus mengambil barang di lantai atau di tempat yang rendah, sebaiknya ibu mengambilnya dengan cara duduk terlebih dahulu kemudian jongkok. Jangan langsung membungkuk seolah-olah perut ibu belum membesar.

Selain itu, duduk secara membungkuk walaupun sedikit juga tidak diperbolehkan. Sebisa mungkin posisi tubuh tegak saat ibu duduk. Untuk memastikan posisi duduk ibu tegak, sebaiknya ibu memberikan tambahan bantal pada bagian punggung. Bantal akan membuat punggung ibu bersandar dengan santai sehingga tidak cenderung membungkuk.

Berdiri Dalam Kurun Waktu yang Lama

Sebenarnya tidak ada kaitannya langsung antara berdiri dalam waktu yang lama dengan kesehatan janin di dalam kandungan. Hanya saja jika ibu terlalu lama berdiri, maka kaki ibu akan mengalami pembengkakan.

Lebih dari itu, peredaran darah akan terhambat dan ibu akan mudah sekali merasa kram. Jika hal ini ibu lakukan terus menerus, bukan tidak mungkin kesehatan janin di dalam rahim pun terganggu disebabkan adanya masalah dalam penyaluran darah ke seluruh tubuh.

Pada dasarnya, tips ibu hamil trimester kedua yang satu ini berkaitan dengan peredaran darah. Karena nutisi hanya bisa tersalurkan dengan baik jika peredaran darah berjalan lancar. Dan hal ini tidak mungkin terjadi jika ibu terlalu lama berdiri hingga ibu merasa kram dan bahkan ada pembengkakan pada bagian kaki.

Lupakan Dulu High Heels

Mungkin ibu selama ini tipe wanita yang memperhatikan sekali penampilan. Dan ibu merasa PD ketika memakai high heels.

Sebagian besar wanita, terutama fashionista sangat senang sekali memakai high heels. Karena model sandal atau sepatu ini memang membuat mereka terlihat lebih cantik dan anggun.

Namun, untuk sementara waktu, lupakan dulu memakai high heels. Apapun alasannya, sebaiknya ibu gunakan saja sepatu atau sandal flat.

Selain untuk menghindari risiko jatuh saat berjalan, sandal atau sepatu flat juga akan mengurangi risiko pembengkakan pada kaki. Tentu ibu tidak ingin kegiatan ibu terganggu gara-gara kaki bengkak hanya gara-gara ingin tampil modis dengan menggunakan high heels, bukan?

Hal-hal tersebut mungkin kurang tepat jika dikatakan sebagai tips untuk kehamilan trimester kedua. Akan tetapi, ibu harus tahu bawasannya hal-hal kecil seperti yang dijelaskan sebelumnya bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan bahkan janin yang ibu kandung juga.

Oleh sebab itu, selain menerapkan beberapa tips kehamilan usia trimester kedua yang sudah dianjurkan oleh dokter atau bidan seperti minum susu dan mengikuti program senam ibu hamil, hal-hal yang kelihatannya sepele tersebut di atas harus ibu perhatikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*