Tips Kehamilan Trimester Kedua agar Pembentukan Tulang Bayi Lebih Cepat

makanan ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Ibu sudah tahu bagaimana perkembangan janin ketika usianya mencapai 4 bulan atau yang sering disebut dengan usia kandungan trimester kedua?

Beberapa organ tubuh sudah terbentuk. Dan bahkan, pendengarannya sudah bagus. Namun, yang paling penting adalah pembentukan tulang. Karena pada usia kandungan trimester kedua, tulang bayi seharusnya sudah terbentuk dengan sempurna.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Yuk simak tips kehamilan trimester kedua ini.

Memberikan Nutrisi yang Tepat

Tentu nutrisi yang dibutuhkan ketika kehamilan trimester pertama dengan kehamilan trimester kedua sedikit banyak berbeda. Hal tersebut memang merujuk pada kebutuhan janin yang ada di dalam rahim.

Nutrisi apa yang dibutuhkan saat kehamilan trimester kedua? Kebanyakan bidan atau dokter kandungan akan memberikan folamil dan calcitrat. Dua nutrisi ini sangat membantu untuk pembentukan tulang bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Sebenarnya bukan itu yang menjadi tujuan utama. Bidan atau dokter kandungan memberikan folamil dan juga calcitrat agar bayi dalam kandungan tidak mengambil kalsium dari tulang atau gigi ibu. Karena jika kalsium diambil, ibu bisa mengalami nyeri pada bagian tulang tertentu atau sakit gigi.

Untuk itulah penting bagi ibu untuk mendapatkan dua nutrisi tersebut.

Bagaimana Nutrisi itu Didapatkan?

Sebenarnya ada produk yang mengandung dua nutrisi tersebut. Dan produk tersebut biasanya diberikan oleh bidan atau dokter kandungan ketika ibu konsultasi kehamilan.

Sebenarnya kandungan ini juga sudah ada di dalam susu ibu hamil. Hanya saja, jika ibu merasa kekurangan kandungan ini, ibu bisa konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan dan ibu akan mendapatkan tambahan.

Sampai Kapan?

Sebenarnya nutrisi tersebut sudah diperlukan ketika masa kehamilan muda. Hanya saja, memang nutrisi untuk perkembangan tulang lebih banyak diperlukan ketika masa kehamilan mencapai trimester kedua.

Dan sampai kapan? Tentu saja nutrisi ini dibutuhkan hingga nanti proses persalinan nanti. Jadi, untuk memastikan perkembangan bayi normal dan lebih optimal, ibu sebaiknya mendapatkan asupan nutrisi ini hingga nanti ibu melahirkan sang buah hati.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kehamilan Trimester Kedua

Ada banyak sekali perbedaan antara saat ibu hamil muda dengan saat kehamilan memasuki usia trimester kedua. Salah satunyai ibu sudah diperbolehkan untuk beraktivitas seperti biasanya. Meskipun dalam keadaan tertentu ibu tidak boleh bergerak terlalu bebas seperti ketika masih ada flek yang muncul.

Secara umum, saat kehamilan trimester kedua, ibu sudah diperbolehkan untuk bergerak seperti melakukan senam ibu hamil. Bahkan, senam kehamilan merupakan tips untuk ibu hamil trimester kedua yang sangat disarankan.

Hal ini terkait dengan menjaga kebugaran. Karena saat kehamilan trimester kedua, biasanya ibu akan kekurangan energi. Bukan karena kekurangan zat yang mengandung energi tapi karena merasa malas untuk melakukan sesuatu. Hal ni diperparah dengan kondisi perut yang semakin membesar. Jelas beban yang ibu rasakan semakin berat.

Oleh sebab itu, salah satu cara menjaga kehamilan trimester kedua adalah dengan melakukan kegiatan berupa senam ibu hamil. Mungkin ibu bisa mengikuti kelas senam kehamilan yang diselenggarakan oleh rumah sakit atau klinik kesehatan ibu hamil.

Namun, akan lebih baik jika ibu melakukan gerakan senam kehamilan yang ringan setiap pagi. Karena menjaga kebugaran tidak bisa hanya dilakukan sekali dalam satu minggu atau satu bulan. Menjaga kebugaran melalui senam ibu hamil juga harus dilakukan setiap hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*